Kebijakan Privasi AXA Mandiri
Tanggal efektif: 8 November 2024
PT AXA Mandiri Financial Services ("AXA Mandiri" atau "Kami") memiliki misi untuk membantu Anda dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik dengan memberikan perlindungan jiwa dan perencanaan keuangan Anda serta keluarga. Untuk menjalankan misi tersebut, maka Kami, bertindak sebagai pengendali Data Pribadi Anda akan memberikan informasi produk dan layanan yang terbaik dan tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.
Perkembangan dunia teknologi yang sangat pesat saat ini, mengakibatkan meningkatnya kebutuhan terhadap penggunaan data. Sehingga Kami merasa perlu untuk terus berinovasi demi meningkatkan pengalaman Anda dalam bertransaksi dengan Kami dan juga menjaga Data Pribadi Anda. Hal ini Kami lakukan antara lain melalui tailor-made protection, penyederhanaan informasi-informasi yang relevan, dan efektivitas dan efisiensi prosedur. Kami berusaha maksimal untuk selalu menjaga keamanan dan kerahasiaan Data Pribadi Anda sebagai bentuk komitmen Kami untuk menghormati hak privasi Anda dan kenyamanan Anda dalam bertransaksi.
Melalui Kebijakan Privasi ini, Kami bertanggung jawab untuk menjelaskan kepada Anda bagaimana Kami memperoleh dan mengumpulkan, mengelola dan menganalisa, menggunakan, menyimpan, memperbaiki dan memperbarui, dan/atau menghapuskan atau memusnahkan Data Pribadi Anda, serta hak-hak Anda selaku subjek Data Pribadi berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi beserta perubahan dan peraturan pelaksanaannya (“UU PDP“) dan peraturan perundang-undangan lain yang berlaku dan relevan.
I. DEFINISI DATA PRIBADI
Data Pribadi adalah data tentang orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau non-elektronik (“Data Pribadi“). Data Pribadi yang diproses termasuk meliputi Data Pribadi yang telah dan akan Anda berikan kepada Kami.
II. PEMEROLEHAN DATA PRIBADI ANDA
Data Pribadi Anda yang Kami kumpulkan dan peroleh berikut dengan bagaimana Kami mengumpulkan dan memperolehnya dapat beragam bergantung pada:
- Apa yang telah Kami peroleh dari pihak ketiga dengan persetujuan eksplisit sebelumnya untuk membaginya dengan Kami;
- Jenis produk, layanan, dan/atau jasa Kami yang Anda akses dan/atau gunakan; dan/atau
- Bagaimana Anda berinteraksi dengan Kami dan/atau mengakses sistem maupun layanan Kami,
meskipun Anda bukan merupakan calon nasabah, nasabah, calon tertanggung, tertanggung, pembayar premi, penerima manfaat, karyawan/pegawai, tenaga pemasar, pihak yang memasarkan produk Kami, Vendor.
III. PENGGUNAAN COOKIE
Kami menggunakan cookie pada situs web/sistem elektronik AXA Mandiri untuk membedakan Anda dari pengguna lain pada situs web/sistem elektronik Kami. Ketika Anda mengunjungi, menelusuri, atau menggunakan situs web/sistem elektronik AXA Mandiri, Kami dapat menggunakan cookie untuk secara otomatis mengumpulkan informasi tertentu dari perangkat Anda. Kami menggunakan informasi tersebut, sebagaimana relevan, untuk menganalisa secara internal, mengenali Anda, mengingat preferensi Anda, meningkatkan kualitas dan mempersonalisasi konten Kami serta untuk menentukan status keamanan akun Anda. Dengan terus menggunakan situs web/sistem elektronik AXA Mandiri, Anda menerima penggunaan cookie.
Anda memiliki hak dan kemampuan untuk menerima atau menolak cookie dengan memodifikasi pengaturan pada perangkat Anda.
IV. JENIS DATA PRIBADI ANDA
Kami akan memproses Data Pribadi Anda yang bersifat umum dan spesifik, yang mana jenis Data Pribadi tersebut secara lebih terperinci akan dijelaskan dalam Persetujuan Pemrosesan Data Pribadi pada masing-masing sektor, bagian, atau kanal, bergantung pada jenis akses, penggunaan, dan/atau interaksi Anda dengan produk, layanan, dan/atau jasa Kami. Jenis-jenis data tersebut meliputi :
- Data identifikasi profil pribadi saya dan/atau Calon Tertanggung/Peserta dan/atau Payor (yaitu nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan [NIK] bagi KTP WNI (Warga Negara Indonesia) Nomor Pokok Wajib Pajak [NPWP]/Tax Identification Number [TIN], atau nomor paspor (disertai KITAP/KITAS) bagi WNA (Warga Negara Asing) atau Nomor Akta Kelahiran (dalam hal Calon Tertanggung/Peserta merupakan anak di bawah umur), jenis kelamin, kewarganegaraan, tempat, tanggal, bulan, dan tahun lahir, nama gadis ibu kandung, nama ayah kandung (dalam hal Calon Tertanggung/Peserta merupakan anak di bawah umur), agama, rekaman suara, rekaman gambar, foto, dan data biometrik);
- Data korespondensi saya dan/atau Calon Tertanggung/Peserta dan/atau Payor (yaitu alamat sesuai KTP, alamat dan status domisili, alamat surat elektronik [e-mail], nomor telepon/ponsel, dan kontak darurat yang terdiri dari nama, jenis hubungan dengan saya, alamat, nomor telepon/ponsel, dan e-mail);
- Data pendidikan dan pekerjaan saya dan/atau Calon Tertanggung/Peserta dan/atau Payor (yaitu jenis pekerjaan, bidang usaha, tingkat pendidikan, jabatan, divisi, tahun mulai bekerja/usaha, nama perusahaan/instansi tempat bekerja, alamat tempat bekerja, dan status kepegawaian);
- Data keluarga saya dan/atau Calon Tertanggung/Peserta (yaitu status perkawinan, nama pasangan, nama anak, tempat tanggal lahir anak dan pasangan, jumlah anak, dan jumlah tanggungan);
- Data keuangan saya dan/atau Calon Tertanggung/Peserta dan/atau Payor (yaitu nomor rekening, sumber pendapatan/penghasilan, jumlah penghasilan bulanan/tahunan, jumlah pengeluaran bulanan/tahunan, data transaksi keuangan serta data layanan dari jasa keuangan lain yang saya terima (yaitu asuransi, perbankan, custody);
- Data aktivitas digital saya dan/atau Calon Tertanggung/Peserta (yaitu geolocation, alamat IP, tipe device, tipe operating system, tipe browser); dan/atau
- Data kesehatan saya dan/atau Calon Tertanggung/Peserta (yaitu data kesehatan pribadi dan kebiasaan, data fisik, data kesehatan perawatan medis, pemeriksaan medis, dan komplikasi, data penyakit/gangguan/kelainan kesehatan yang sedang dan/atau pernah diderita, data kesehatan khusus wanita, serta data kesehatan riwayat keluarga).
Data Pribadi yang diproses dapat AXA Mandiri terima secara langsung dari Anda, Rekan atau melalui pihak ketiga lainnya.
V. TUJUAN PEMROSESAN DATA PRIBADI ANDA
AXA Mandiri dan/atau Rekan mengumpulkan dan menggunakan Data Pribadi Anda dengan sepengetahuan dan persetujuan Anda sebagai subjek Data Pribadi, dengan tujuan yang secara umum dilakukan dalam rangka penyediaan layanan jasa asuransi dan memberikan pertanggungan atau pelindungan kepada Anda, selaku calon nasabah, nasabah, calon tertanggung, tertanggung, pembayar premi, penerima manfaat, dan/atau kegiatan AXA Mandiri dan/atau Rekan lainnya yaitu:
a) Pembuatan Proposal, Pengisian Formulir Asuransi dan Pembukaan Polis Asuransi, melalui Mekanisme Referensi Tidak Dalam Rangka Produk Bank
AXA Mandiri dan/atau Rekan akan secara tatap muka mengumpulkan dan memproses Data Pribadi calon nasabah dan/atau nasabah untuk tujuan dilakukannya customer-need analysis, pembuatan ringkasan informasi, proses pengajuan pembukaan dan pendaftaran tertanggung, pembayar premi, penerima manfaat dari polis asuransi, analisis data, dan layanan purna jual. AXA Mandiri dan/atau Rekan akan meminta persetujuan calon nasabah melalui formulir Persetujuan Pemrosesan Data Pribadi Nasabah pada sistem elektronik yang digunakan dan/atau bekerjasama dengan AXA Mandiri sebelum dimulainya pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi.
b) Pengisian Formulir Asuransi dan Pembukaan Polis Asuransi melalui Mekanisme Referensi Dalam Rangka Produk Bank
AXA Mandiri dan/atau Rekan akan melakukan pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi calon nasabah dan/atau nasabah dalam hal bank mereferensikan atau merekomendasikan produk asuransi kepada nasabah bank yang menjadi calon pemegang polis, tertanggung atau peserta, yang merupakan persyaratan untuk memperoleh suatu produk perbankan dengan tujuan untuk proses pengajuan pembukaan polis asuransi, pendaftaran tertanggung polis asuransi, penerbitan sertifikat polis, analisis data, dan layanan purna jual. AXA Mandiri akan meminta persetujuan calon nasabah dan/atau nasabah melalui bank sebelum dimulainya pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi.
c) Pembukaan Polis Asuransi melalui Telemarketing
AXA Mandiri dan/atau Rekan akan menghubungi calon nasabah dan/atau nasabah melalui telepon. Di awal pembicaran, AXA Mandiri dan/atau Rekan akan meminta persetujuan dalam rangka mengumpulkan dan memproses Data Pribadi calon nasabah dan/atau nasabah untuk tujuan dilakukannya penawaran produk AXA Mandiri, pembelian produk asuransi, pendebetan premi dari rekening calon nasabah yang terdapat di dalam data AXA Mandiri, pembukaan polis asuransi, analisis data, dan layanan purna jual.
d) Pengisian Formulir Asuransi dan Pembukaan Polis Asuransi melalui Kanal Corporate Solution
AXA Mandiri dan/atau Rekan akan bertemu dengan calon nasabah dan/atau nasabah untuk mengumpulkan dan memproses Data Pribadi calon nasabah dan/atau nasabah badan usaha atau individu termasuk Data Pribadi dari pihak yang ditunjuk oleh calon nasabah dan/atau nasabah badan usaha dalam rangka pembukaan dan pendaftaran tertanggung atau penerima manfaat polis asuransi, analisis data, dan layanan purna jual. AXA Mandiri dan/atau Rekan akan meminta persetujuan calon nasabah dan/atau nasabah secara langsung atau melalui badan usaha di mana calon nasabah dan/atau nasabah bekerja sebelum dimulainya pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi.
e) Pengisian Formulir Asuransi dan Pembukaan Polis Asuransi melalui Mekanisme Pemasaran Secara Langsung (Direct Marketing)
AXA Mandiri dan/atau Rekan akan melakukan pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi calon nasabah dan/atau nasabah dalam hal aktivitas product bundling dengan produk-produk dari suatu bank dengan tujuan untuk memproses pengajuan pembukaan dan pendaftaran tertanggung atau penerima manfaat polis asuransi, penerbitan sertifikat polis, analisis data, dan layanan purna jual. AXA Mandiri akan meminta persetujuan calon nasabah dan/atau nasabah melalui bank sebelum dimulainya pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi.
f) Pengisian Formulir Asuransi dan Pembukaan Polis Asuransi melalui Mekanisme Pemasaran Produk Asuransi Mikro
AXA Mandiri dan/atau Rekan akan melakukan pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi calon nasabah dan/atau nasabah dengan tujuan untuk proses pengajuan produk asuransi mikro, pendaftaran tertanggung atau penerima manfaat polis asuransi mikro, analisis data, dan layanan purna jual. AXA Mandiri dan/atau Rekan akan meminta persetujuan calon nasabah melalui tenaga pemasar bank dan/atau agen laku pandai.
g) Rekrutmen Pegawai, Proses Hubungan Kerja, Manajemen Sumber Daya Manusia
AXA Mandiri dan/atau pemegang saham AXA Mandiri dan/atau instansi yang berwenang dan/atau pihak yang bekerjasama dengan AXA Mandiri akan melakukan pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi calon karyawan/pegawai dan/atau karyawan/pegawai AXA Mandiri melalui sistem elektronik yang digunakan dan/atau bekerjasama dengan AXA Mandiri dengan tujuan untuk proses pemeriksaan latar belakang calon karyawan/pegawai dan/atau karyawan/pegawai termasuk permintaan pemeriksaan latar belakang mantan karyawan/pegawai AXA Mandiri oleh pemberi kerja atau pihak lainnya, pemeriksaan kesehatan calon karyawan/pegawai dan/atau karyawan/pegawai, proses penerimaan karyawan/pegawai, administrasi sehubungan dengan hubungan kerja dengan karyawan/pegawai, manajemen sumber daya manusia seperti perencanaan dan pelaksanaan kepegawaian, program-program pelatihan dan pengembangan karyawan/pegawai serta program-program yang dilaksanakan oleh AXA Mandiri dalam rangka menunjang kepegawaian. AXA Mandiri dan/atau pemegang saham AXA Mandiri dan/atau instansi yang berwenang dan/atau pihak yang bekerjasama dengan AXA Mandiri akan meminta persetujuan calon karyawan/pegawai melalui formulir Persetujuan Pemrosesan Data Pribadi Kepegawaian sebelum dimulainya pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi.
h) Rekrutmen Rekan
AXA Mandiri dan/atau pemegang saham AXA Mandiri dan/atau instansi yang berwenang dan/atau pihak yang bekerjasama dengan AXA Mandiri akan melakukan pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi calon Rekan dan/atau Rekan melalui sistem elektronik yang digunakan dan/atau bekerjasama dengan AXA Mandiri dengan tujuan untuk proses pemeriksaan latar belakang calon Rekan dan/atau Rekan termasuk permintaan pemeriksaan latar belakang mantan Rekan oleh pemberi kerja atau pihak lainnya, pemeriksaan kesehatan calon Rekan dan/atau Rekan, proses penerimaan Rekan, administrasi sehubungan dengan hubungan kerja dengan Rekan, manajemen sumber daya manusia seperti perencanaan dan pelaksanaan kemitraan, program-program pelatihan dan pengembangan Rekan serta program-program yang dilaksanakan oleh AXA Mandiri dalam rangka menunjang kemitraan. AXA Mandiri dan/atau pemegang saham AXA Mandiri dan/atau instansi yang berwenang dan/atau pihak yang bekerjasama dengan AXA Mandiri akan meminta persetujuan calon Rekan melalui formulir Persetujuan Pemrosesan Data Pribadi Tenaga Pemasar sebelum dimulainya pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi.
i) Pengunjung Sistem Elektronik AXA Mandiri
AXA Mandiri dan/atau Rekan akan melakukan pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi dari para pengunjung sistem elektronik AXA Mandiri dengan pengisian formulir atau penginputan data melalui berbagai sumber media eksternal dengan tujuan untuk pelaporan internal, penawaran produk, layanan dan/atau jasa terkait asuransi, layanan purna jual, promosi ke kanal-kanal lain AXA Mandiri, menyediakan dan melakukan peningkatan atas operasional sistem elektronik yang digunakan dan/atau bekerjasama dengan AXA Mandiri dan/atau Rekan. AXA Mandiri akan meminta persetujuan setiap pengunjung sistem elektronik AXA Mandiri melalui formulir yang tersedia pada sistem elektronik AXA Mandiri sebelum dimulainya pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi.
j) Analisis Data
AXA Mandiri akan melakukan pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi dalam rangka analisis dengan tujuan peningkatan pelayanan, manajemen risiko, kegiatan pemrofilan, penilaian (scoring), pemeringkatan (rating), kepuasan pelanggan, permintaan dan pengaduan nasabah, dan/atau pemodelan dan pelatihan otomasi analisa data terkait calon nasabah dan/atau nasabah, produk, layanan, dan jasa AXA Mandiri yang dimohonkan atau diajukan kepada AXA Mandiri.
k) Pemasaran, Layanan dan/atau Penawaran Atas Produk Asuransi
AXA Mandiri akan melakukan pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi calon nasabah dan/atau nasabah dengan tujuan untuk proses pemasaran dan/atau penawaran produk, layanan, dan/atau jasa AXA Mandiri dan/atau Rekan dan/atau perusahaan lain di dalam grup usaha AXA Mandiri. AXA Mandiri dan/atau Rekan akan meminta persetujuan calon nasabah melalui berbagai macam media bergantung pada layanan dan/atau jasa dan/atau kanal yang diakses dan/atau digunakan sebelum dimulainya pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi.
l) Kerjasama Pihak Pemasok Barang dan/atau Layanan Jasa (“Vendor”)
AXA Mandiri akan melakukan pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi calon Vendor dan/atau Vendor dan/atau karyawan Vendor dan/atau perwakilan/manajemen Vendor (“Pihak Vendor”) dengan tujuan untuk proses pemeriksaan latar belakang Pihak Vendor, proses penawaran dengan Vendor, proses uji tuntas Pihak Vendor, proses administrasi sampai dengan kerjasama dengan Pihak Vendor. AXA Mandiri akan meminta persetujuan Pihak Vendor secara langsung atau melalui badan usaha di mana Pihak Vendor bekerja sebelum dimulainya pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi.
m) Kegiatan Pendukung
AXA Mandiri dan/atau Rekan akan melakukan pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi calon nasabah, nasabah, calon tertanggung, tertanggung, pembayar premi, penerima manfaat, karyawan/pegawai, Rekan, pihak yang memasarkan produk Kami, Vendor, pengunjung dan/atau pengguna sistem elektronik Kami dengan tujuan untuk peningkatan sistem dan operasi bisnis, peningkatan layanan dan/atau jasa AXA Mandiri, penanganan pertanyaan, keluhan, permintaan, dan bentuk kepatuhan kepada peraturan perundang-undangan Indonesia dan/atau pemenuhan perintah regulator, aparat penegak hukum, dan/atau instansi berwenang lainnya. AXA Mandiri dan/atau Rekan akan meminta persetujuan subjek Data Pribadi secara eksplisit sebagaimana diatur dalam UU PDP dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sebelum dimulainya pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi.
VI. LEGALITAS PEMROSESAN DATA PRIBADI
AXA Mandiri dan/atau Rekan melakukan pemrosesan terhadap Data Pribadi Anda hanya apabila AXA Mandiri dan/atau Rekan memiliki satu atau beberapa dasar pemrosesan sesuai UU PDP. Dasar pemrosesan Data Pribadi tersebut tergantung pada produk, layanan, dan jasa yang Anda gunakan. Dengan demikian, Kami hanya melakukan pemrosesan Data Pribadi Anda apabila:
a) Anda telah memberikan persetujuan kepada AXA Mandiri dan/atau Rekan untuk satu atau beberapa tujuan tertentu yang eksplisit telah AXA Mandiri dan/atau Rekan terima secara sah melalui formulir Persetujuan Pemrosesan Data Pribadi yang di sediakan oleh AXA Mandiri;
b) AXA Mandiri dan/atau Rekan menjalankan hak dan kewajibannya berdasarkan hubungan kontraktual antara AXA Mandiri dengan Anda;
c) AXA Mandiri dan/atau Rekan perlu untuk melaksanakan kewenangan/memenuhi kewajiban hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan/perintah instansi yang berwenang;
d) AXA Mandiri dan/atau Rekan perlu untuk memenuhi kepentingan vital Anda sebagai subjek Data Pribadi;
e) AXA Mandiri dan/atau Rekan perlu untuk melaksanakan tugas dalam rangka kepentingan umum, pelayanan publik, atau pelaksanaan kewenangan AXA Mandiri dan/atau Rekan sebagai Pengendali Data Pribadi berdasarkan peraturan perundang-undangan; dan/atau
f) AXA Mandiri dan/atau Rekan perlu untuk memenuhi kepentingan yang sah lainnya, dengan tetap memperhatikan keseimbangan antara kepentingan AXA Mandiri dan/atau Rekan dengan hak-hak Anda selaku subjek Data Pribadi, antara lain yakni untuk kepentingan riset dan pengembangan, untuk menjaga kepentingan hukum AXA Mandiri dan/atau Rekan, dan keperluan manajemen risiko.
VII. PENGENDALIAN DAN TRANSFER DATA PRIBADI
Dalam memproses Data Pribadi Anda, AXA Mandiri dan/atau Rekan dapat melibatkan pihak ketiga sebagai pengendali bersama dan/atau prosesor Data Pribadi Anda baik di dalam dan/atau luar Indonesia. Dalam hal demikian, AXA Mandiri dan/atau Rekan akan melakukan pelindungan atas Data Pribadi Anda sesuai peraturan perundang-undangan.
Jika AXA Mandiri dan/atau Rekan melakukan transfer Data Pribadi Anda ke luar Indonesia, AXA Mandiri dan/atau Rekan akan memastikan secara wajar bahwa negara tujuan transfer telah memiliki tingkat pelindungan Data Pribadi yang setara (atau lebih tinggi) dibandingkan pelindungan Data Pribadi di Indonesia.
Dalam hal negara tujuan transfer Data Pribadi tidak memiliki tingkat pelindungan yang setara (atau lebih tinggi), AXA Mandiri dan/atau Rekan dapat tetap melakukan transfer Data Pribadi Anda sepanjang memenuhi peraturan perundang-undangan.
VIII. HAK ANDA SELAKU SUBJEK DATA PRIBADI
Berdasarkan UU PDP dan peraturan perundang-undangan lain yang berlaku, Anda selaku subjek Data Pribadi memiliki hak-hak sebagai berikut:
a) Hak atas Informasi
Anda berhak untuk mendapatkan informasi tentang kejelasan identitas, dasar kepentingan hukum, tujuan permintaan, dan penggunaan Data Pribadi dan akuntabilitas pihak yang meminta Data Pribadi. Kebijakan Privasi ini merupakan bentuk pemenuhan AXA Mandiri dan/atau Rekan terhadap hak Anda atas informasi-informasi tersebut.
b) Hak atas Perbaikan Data
Anda berhak untuk melengkapi, memperbarui, dan/atau memperbaiki kesalahan dan/atau ketidakakuratan Data Pribadi Anda. Untuk pelaksanaan hak tersebut, Anda dapat menghubungi Kami melalui sarana komunikasi yang diatur dalam Poin XIV pada Kebijakan Privasi ini.
c) Hak atas Akses Data Pribadi
Anda berhak untuk mendapatkan akses dan memperoleh salinan Data Pribadi Anda sepanjang sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Untuk pelaksanaan hak tersebut, Anda dapat menghubungi Kami melalui sarana komunikasi yang diatur dalam Poin XIV pada Kebijakan Privasi ini.
d) Hak untuk Mengakhiri Pemrosesan, Menghapus, dan/atau Memusnahkan Data Pribadi
Anda berhak untuk mengakhiri pemrosesan, menghapus, dan/atau memusnahkan Data Pribadi Anda sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Untuk pelaksanaan hak tersebut, Anda dapat menghubungi Kami melalui sarana komunikasi yang diatur dalam Poin XIV pada Kebijakan Privasi ini.
e) Hak untuk Menarik Persetujuan terhadap Data Pribadi
Anda berhak untuk menarik kembali persetujuan pemrosesan Data Pribadi yang telah Anda berikan kepada Kami dengan mengisi Formulir Penarikan Persetujuan Pemrosesan Data Nasabah.
Anda perlu memahami bahwa penarikan persetujuan tersebut dapat mempengaruhi kemampuan AXA Mandiri dan/atau Rekan untuk menyediakan produk, layanan, dan/atau jasa kepada Anda serta mengelola hubungan kontraktual yang telah dibuat antara AXA Mandiri dengan Anda ataupun antara AXA Mandiri dengan pihak ketiga lainnya. Selain itu, hal tersebut dapat mengakibatkan pengakhiran atas satu atau beberapa perjanjian Anda dengan AXA Mandiri dan/atau pelanggaran terhadap satu atau beberapa kewajiban Anda berdasarkan perjanjian dengan AXA Mandiri ataupun potensi pembatasan penggunaan produk dan/atau layanan dan/atau jasa Kami.
f) Hak untuk Mengajukan Keberatan atas Pemrosesan Otomatis atas Data Pribadi
AXA Mandiri dan/atau Rekan dapat melakukan pemrosesan Data Pribadi Anda yang dilakukan secara otomatis untuk produk, layanan, dan/atau jasa tertentu yang menimbulkan akibat hukum atau berdampak signifikan pada Anda. Anda dapat mengajukan keberatan terhadap hasil pemrosesan secara otomatis tersebut dengan menghubungi Kami melalui sarana komunikasi yang diatur dalam Poin XIV pada Kebijakan Privasi ini.
g) Hak untuk Menunda atau Membatasi Pemrosesan Data Pribadi
Anda berhak untuk menunda atau membatasi pemrosesan Data Pribadi Anda secara proporsional sesuai dengan tujuan pemrosesan Data Pribadi Anda. Untuk pelaksanaan hak ini, Anda dapat menghubungi Kami melalui sarana komunikasi yang diatur dalam Poin XIV pada Kebijakan Privasi ini.
Anda perlu memahami bahwa permintaan penundaan atau pembatasan pemrosesan tersebut dapat mempengaruhi kemampuan AXA Mandiri dan/atau Rekan untuk menyediakan produk, layanan, dan/atau jasa kepada Anda serta, mengelola hubungan kontraktual yang telah dibuat antara AXA Mandiri dan/atau Rekan dengan Anda ataupun antara AXA Mandiri dan/atau Rekan dengan pihak ketiga lainnya. Hal tersebut dapat mengakibatkan pengakhiran atas salah satu perjanjian Anda dengan AXA Mandiri dan/atau Rekan dan/atau pelanggaran terhadap salah satu kewajiban Anda berdasarkan perjanjian dengan AXA Mandiri dan/atau Rekan.
h) Hak untuk Menggugat
Anda berhak untuk menggugat dan menuntut ganti rugi atas kerugian langsung terhadap pelanggaran pemrosesan Data Pribadi yang Kami lakukan. Untuk pelaksanaan hak tersebut dapat Anda jalankan melalui sarana yang tersedia oleh hukum dan forum penyelesaian sengketa yang disepakati dalam perjanjian terkait suatu produk, layanan, dan/atau jasa tertentu antara Anda dengan AXA Mandiri dan/atau Rekan.
i) Hak untuk Mendapatkan, Menggunakan dan/atau Mengirimkan Data Pribadi Miliknya ke Pengendali Data Pribadi Lainnya
Anda berhak untuk mendapatkan dan/atau menggunakan Data Pribadi Anda dari Kami dalam bentuk yang sesuai dengan struktur dan/atau format yang lazim digunakan atau dapat dibaca oleh sistem elektronik. Anda juga berhak untuk menggunakan dan mengirimkan Data Pribadi Anda ke pengendali Data Pribadi lainnya selain AXA Mandiri dan/atau Rekan, sepanjang sistem yang digunakan dapat saling berkomunikasi secara aman sesuai prinsip pelindungan Data Pribadi berdasarkan UU PDP dan peraturan perundang-undangan lain yang berlaku.
Pelaksanaan seluruh hak-hak atas Data Pribadi Anda dapat dikomunikasikan melalui sarana komunikasi yang diatur dalam Poin XIV pada Kebijakan Privasi ini.
IX. RETENSI DATA PRIBADI
Kami akan melakukan Pemrosesan Data Pribadi Anda selama jangka waktu Anda menjadi calon nasabah, nasabah, calon tertanggung, tertanggung, pembayar premi, penerima manfaat, karyawan/pegawai, tenaga pemasar, pihak yang memasarkan produk Kami, Vendor, atau pengunjung dan/atau pengguna sistem elektronik Kami. Selanjutnya, Data Pribadi Anda akan disimpan sampai jangka waktu yang diperlukan untuk memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan.
X. PENGHAPUSAN ATAU PEMUSNAHAN DATA PRIBADI
Merujuk pada UU PDP dan ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya yang berlaku, serta kebijakan retensi Data Pribadi Kami, atau atas permohonan Anda secara tertulis dengan mengisi Formulir Penghapusan atau Pemusnahan Data Pribadi, maka Kami berhak untuk menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi Anda, kecuali dalam hal: (i) Kami memandang perlu untuk menyimpan Data Pribadi Anda lebih lama untuk memenuhi kewajiban hukum atau keadaan tertentu; dan/atau (ii) Data Pribadi Anda masih berada dalam masa retensi sebagaimana yang telah kami sebutkan di atas.
Kami akan mengambil tindakan yang wajar untuk menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi. Dalam hal dokumen elektronik, Kami akan membuat Data Pribadi tersebut secara praktik tidak dapat dipulihkan.
Apabila Anda mengajukan permohonan untuk melakukan penghapusan dan/atau pemusnahan Data Pribadi baik sebagian maupun keseluruhan, maka sebagai konsekuensinya Anda mungkin tidak akan dapat melanjutkan untuk menerima dan/atau menggunakan produk dan/atau layanan dan/atau jasa Kami.
XI. PERUBAHAN KEBIJAKAN PRIVASI
Kami dapat memperbarui Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk menjaga konsistensinya dengan perkembangan praktik Kami terhadap pengumpulan, penggunaan, penyimpanan, dan pengungkapan Data Pribadi Anda serta peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kebijakan Privasi terkini dapat diakses melalui situs web Kami yaitu www.axa-mandiri.co.id
Apabila terdapat perubahan terhadap Kebijakan Privasi ini, maka Kami akan memberikan informasi kepada Anda melalui sarana komunikasi resmi AXA Mandiri. Apabila Anda menolak perubahan atas Kebijakan Privasi tersebut, maka Anda dapat menghubungi Kami melalui sarana komunikasi yang diatur dalam Poin XIV pada Kebijakan Privasi ini
Apabila suatu bagian dari Kebijakan Privasi menjadi tidak dapat dipakai, maka bagian tersebut tidak mempengaruhi keabsahan dan keberlakuan ketentuan lainnya. Bagian yang tidak berlaku tersebut akan digantikan dengan ketentuan yang sah.
XII. KOMITMEN KAMI DALAM MELINDUNGI DAN MENGGUNAKAN DATA PRIBADI
Kami berkomitmen untuk terus melakukan upaya terbaik demi menjaga keamanan dan kerahasiaan Data Pribadi Anda. Hal ini Kami lakukan agar Anda terhindar dari segala bentuk kerugian maupun penggunaan yang melanggar hukum atau tidak sah. Salah satu diantaranya adalah dengan menerapkan sistem keamanan yang baik dan wajar, dimana diantaranya dilakukan melalui penerapan prosedur fisik, teknis, dan kebijakan organisasi untuk mencegah akses, pengumpulan, penggunaan, pengungkapan, penyalinan, perubahan, penghapusan yang tidak sah atau bertentangan dengan hukum.
Kami memiliki tim yang secara khusus mengawasi keamanan data. Selain itu, untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan Data Pribadi Anda, Kami berupaya meningkatkan kesadaran atas perlindungan Data Pribadi dengan melakukan sosialisasi, pelatihan, dan sebagainya kepada karyawan/pegawai, Rekan dan/atau Vendor.
Untuk meyakinkan penerapan yang baik, Kami juga mengadaptasi aturan mengenai pengelolaan data dari AXA Group Binding Corporate Rules yang merupakan aturan dengan standar internasional yang diakui untuk perlindungan informasi pribadi yang disetujui oleh Otoritas Perlindungan Data Perancis (CNIL).
XIII. PEMBERITAHUAN KEGAGALAN PELINDUNGAN DATA PRIBADI
Dalam hal terjadi kegagalan pelindungan Data Pribadi, termasuk pelanggaran keamanan Data Pribadi, maka Kami akan menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada subjek Data Pribadi dan lembaga terkait dalam kurun waktu yang ditentukan dalam UU PDP atau peraturan terkait yang berlaku.
XIV. HUBUNGI KAMI
AXA Mandiri siap membantu dan menjawab semua pertanyaan yang mungkin Anda miliki mengenai Kebijakan Privasi ini.
Silakan menghubungi tim layanan pelanggan Kami via:
• Telepon: 1500803 (seluruh Indonesia) atau +62-1500803 (luar Indonesia)
• Email: customer@axa-mandiri.co.id
Atau Anda juga dapat menghubungi Data Protection Officer AXA Mandiri pada email: dataprivacy@axa-mandiri.co.id