Aset Penerbit

Aset Penerbit

null Selain Bikin Tenang, Simak 8 Manfaat Asuransi Menurut Otoritas Jasa Keuangan
Berita Inspirasi

Seiring dengan perkembangan industri asuransi dan kebutuhan konsumen yang selalu berevolusi, variasi produk asuransi pun juga semakin bertambah dengan manfaat yang berbeda-beda. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman mengenai manfaat asuransi secara umum sebelum memilih asuransi yang tepat untuk diri sendiri atau keluarga. 


Baca Juga:  Siapkan Solusi Perlindungan Syariah Anda Bersama AXA Mandiri


Menurut Buku 4 Literasi Perguruan Tinggi tentang Perasuransian yang diterbitkan oleh OJK yang dikutip oleh Kompas.com, setidaknya ada 8 manfaat asuransi. Yuk simak penjelesannya:

1. Memberikan rasa aman dan perlindungan
Dengan memiliki polis asuransi, tertanggung akan terhindar dari kemungkinan risiko kerugian finansial di kemudian hari karena objek yang diasuransikan dijamin oleh penanggung.

2. Pendistribusian biaya dan manfaat yang lebih adil
Semakin besar kemungkinan terjadinya risiko kerugian timbul, semakin besar pula premi pertanggungannya.

3. Memberikan kepastian
Memberikan kepastian merupakan manfaat utama asuransi karena pada dasarnya asuransi berusaha untuk mengurangi konsekuensi yang tidak pasti dari suatu keadaan yang merugikan (peril), yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya sehingga biaya atau akibat finansial dari kerugian tersebut menjadi pasti atau relatif pasti.


Baca juga:  Berbagai Solusi Perlindungan Masa Depan Anda dan Keluarga Dari AXA Mandiri


4. Sarana pengelolaan keuangan
Asuransi merupakan instrumen pengelolaan keuangan karena dapat membantu dalam mewujudkan tujuan keuangan Anda. Dengan perlindungan yang didapatkan dari asuransi, Anda dapat mengalokasikan dana untuk kebutuhan lainnya. Selain itu, terdapat pula produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi, yaitu unit link.


Baca juga: Unit Link: Tak Kenal Maka Tak Sayang


5. Instrumen pengalihan dan penyebaran risiko 
Melalui asuransi, kemungkinan timbul risiko kerugian dapat dialihkan dan disebarkan kepada pihak penanggung.

6. Membantu meningkatkan kegiatan usaha tertanggung 
Jika tertanggung yang akan berinvestasi pada suatu bidang usaha, sebagian risiko investasi (usaha tertanggung) tersebut dapat ditutup oleh asuransi untuk mengurangi risiko.

7. Menjadikan hidup lebih tenang
Dengan perlindungan asuransi, Anda akan mendapatkan ketenangan pikiran atau peace of mind karena segala risiko yang dapat diasuransikan telah ada yang menanggung, maka hidup terasa lebih tenang.


8. Jaminan Kredit
Polis asuransi juga dapat dijadikan sebagai jaminan kredit, namun biasanya hanya untuk asuransi jiwa dan sangat selektif pada jenis kredit dan bank tertentu. 

Selain informasi mengenai manfat asuransi di atas, Anda juga bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai beragam pilihan perlindungan asuransi beserta manfaatnya dengan mengunjungi website AXA Mandiri atau menghubungi Financial Advisor AXA Mandiri di kantor cabang Bank Mandiri dan Bank Syariah Indonesia atau contact center AXA Mandiri 1500803. 

Sumber: Kompas.com