Aset Penerbit

Aset Penerbit

null Mau Tahu Daftar Rumah Sakit Dengan Fasilitas Lengkap Di Jakarta? Cek Di Sini!
Berita Inspirasi

Kualitas dari rumah sakit untuk rawat inap dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kesembuhan seorang pasien. Terutama untuk penyakit kritis, kemampuan dari ahli medis pada rumah sakit tersebut adalah faktor signifikan yang mampu mempengaruhi peluang untuk sembuh. Menurut Badan Kesehatan Dunia atau WHO, rumah sakit yang berkualitas wajib memenuhi 4 syarat kunci, yaitu: T

  1. Tepat waktu: Penanganan penyakit harus dilakukan dengan cepat tanpa waktu tunggu yang lama 
  2. Inklusif: Memberikan perawatan medis yang sama bagi semua individu tanpa melihat gender, lokasi geografis, dan kondisi sosial ekonomi
  3. Terpadu: Menyediakan perawatan medis dari berbagai bidang bidang dan untuk setiap tahap kehidupan seseorang
  4. Efisien:  Memberikan layanan medis dengan memaksimalkan sumber daya yang ada

Jumlah fasilitas medis yang memenuhi persyaratan tersebut dapat dibilang terbatas. Oleh karena itu sangat berguna untuk mengetahui daftar rumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap dan berstandar tinggi, terutama bagi yang memilki asuransi kesehatan dengan manfaat rawat inap.


Baca juga: Temukan asuransi yang memberikan perlindungan terhadap penyakit kritis di sini!


Berdasarkan beberapa sumber yang dilansir oleh Pikiran Rakyat dan Indozone, berikut beberapa rumah sakit dengan fasilitas lengkap dan standar internasional di Jakarta:

1. RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo
Rumah Sakit yang berada di Jalan Diponegoro No 71 Jakarta Pusat ini dimiliki oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan telah mendapat akreditasi internasional pada tanggal 20 April 2013. Nama Rumah Sakit ini sendiri diambil dari salah satu nama tokoh perjuangan Indonesia pada masa penjajahan yaitu Dr. Tjipto Mangoenkoesoemo.

Selain itu, Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) ini juga merupakan tempat pendidikan dokter umum, dokter spesialis, dan subspesialis, perawat serta tenaga kesehatan lainnya.

2. RS. Pondok Indah
Rumah sakit yang diresmikan pada 12 Mei 2018 ini dimiliki oleh PT. Binara Guna Medika. Rumah sakit yang telah mendapat akreditasi Internasional pada 16 Maret 2013 ini memiliki sekitar 250 dokter spesialis, subspesialis dan dokter umum.

Rumah sakit ini sendiri berada di Jalan Raya Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat.

3. RSUP Fatmawati
Rumah Sakit Fatmawati yang dibuka sejak tahun 1962 ini adalah milik Pemerintah Indonesia yang berlokasi di Jalan RS. Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan. Nama Rumah Sakit ini sendiri diambil dari nama mantan Ibu negara yakni Fatmawati Soekarno.

Ruang rawat inap di rumah sakit ini tersedia hingga 536 ruangan, dan memiliki pelayanan dokter spesialis, subspesialis dan tenaga kesehatan lainnya.

4. RS. Jakarta Eye Center Kedoya
Jakarta Eye Center (JEC) adalah rumah sakit mata bertaraf internasional. Rumah sakit yang telah berdiri sejak 1 Februari 1984 ini berlokasi di Jalan Terusan Arjuna Utara No. 1, Kedoya Jakarta.

JEC sudah beberapa kali meraih penghargaan dan akreditasi internasional. Selain itu JEC sangat mengutamakan keselamatan pasien dan memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

5. RSPAD Gatot Soebroto
Rumah Sakit Pusat Angkata Darat (RSPAD) Gatot Subroto ini merupakan rumah sakit yang berada di bawah naungan Komando Direktorat Kesehatan Angkatan Darat dan berlokasi di Jalan Dr. Abdul Rahman Saleh No. 24, Jakarta Pusat.

Telah dibuka mulai tanggal 8 Mei 1942, rumah sakit ini menjadi rujukan tertinggi di jajaran TNI yang memberikan perawatan kesehatan untuk prajurit TNI AD, PNS, dan masyarakat umum.

6. RS. Premier Jatinegara
Dulunya, rumah sakit ini bernama Rumah Sakit Mitra Nasional. Namun sejak 12 Agustus 2010, rumah sakit swasta milik PT. Affinity Health Indonesia ini berganti nama menjadi Rumah Sakit Premier Jatinegara.

Rumah Sakit ini beroperasi sejak 25 Maret 1989 dan berlokasi di Jalan Raya Jatinegara Timur No. 85-87, Jakarta Timur.

7. RS Medistra Jakarta
RS Medistra adalah rumah sakit swasta yang berlokasi di Jakarta Selatan dan berdiri sejak 28 November 1991. Rumah sakit di Jakarta ini memiliki beberapa departemen unggulan, di antaranya adalah bedah tulang, kardiologi (jantung dan pembuluh darah), penyakit dalam, hati dan saluran cerna.

Didukung oleh tenaga kerja dokter dan perawat yang berkompeten, staf terlatih, serta peralatan medis yang modern dan canggih. Ada pula layanan IGD, ruang bersalin, ICU neonatal, dan radiologi yang dibuka selama 24 jam.

8. RS Royal Taruma
Didirikan tahun 2007, rumah sakit ini terdiri dari 8 lantai. Selain layanan perawatan inap dan rawat jalan, ada pula Unit Gawat Darurat (UGD) yang buka 24 jam. Lokasi rumah sakit ini di Jalan Daan Mogot, Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat.

9. RSAB Harapan Kita
Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita adalah rumah sakit khusus terakreditasi A, dengan berbagai fasilitas pelayanan perawatan, serta penunjang medik, diagnostik, dan umum.

Berlokasi di Jalan Letjen S. Parman, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, rumah sakit ini memiliki layanan Birth Defects Integrated Center (Pusat Deteksi Dini dan Tata Laksana Kelainan Bawaan Lahir) dan Klinik Bayi Tabung Melati.

10. Siloam Hospitals Kebon Jeruk
Dulunya, rumah sakit ini bernama RS Graha Medika dan berubah nama menjadi Siloam Hospitals West Jakarta sejak 1 April 2006. Rumah sakit modern ini menawarkan berbagai macam pelayanan klinis dan komprehensif. Beberapa pusat unggulannya seperti ortopedi, jantung, UGD, pencernaan, urologi, anak, dan saraf.

Siloam Hospitals Kebon Jeruk pernah meraih sejumlah penghargaan. Di antaranya, Grand Winner Asian Patient Safety Award kategori Innovation in Safety Communication di India (5 September 2014). Selain itu, telah mendapat akreditasi dari Joint Commission International (JCI) pada 13 Agustus 2016 dan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dengan predikat paripurna pada 18 Juli 2017.

Letak rumah sakit ini cukup strategis di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat, tepatnya di samping jalan tol Jakarta-Merak.

11. RS Pusat Pertamina
RS Pusat Pertamina (RSPP) merupakan rumah sakit terbesar di antara 16 rumah sakit yang dikelola PT Pertamina Medika. Diresmikan tanggal 6 Januari 1972, RSPP mengelola 360 bed rawat inap, serta telah memiliki lebih dari 26 poliklinik dan 130 dokter dari 40 spesialisasi. Tersedia juga pelayanan IGD 24 jam dengan dukungan tenaga medis, perawat, serta penunjang medis yang profesional dan terlatih sesuai standar pelayanan KARS dengan predikat paripurna.

Lokasi rumah sakit ini terletak di Jalan Kyai Maja Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

12. RS Jakarta Medical Center (JMC)
Dalam hal kelengkapan, Rumah Sakit JMC memiliki fasilitas pemeriksaan penunjang dan ruang perawatan yang representatif serta didukung oleh dokter spesialis yang sudah berpengalaman. RS JMC mulai beroperasi sejak 15 November 1993 dan lokasinya berada di Jalan Buncit Raya No.15, Jakarta Selatan


Baca juga: Bekerjasama dengan ratusan rumah sakit rekanan di Indonesia, AXA Mandiri memudahkan Anda mendapatkan perawatan kesehatan. Cek daftarnya di sini.


Mendapatkan perawatan pada Rumah sakit dengan fasilitas lengkap dan berstandar internasional di atas tentunya akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, peran dari asuransi kesehatan dengan manfaat rawat inap menjadi sangat penting di saat Anda memerlukan perawatan medis yang berkualitas tinggi.    


Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai beragam pilihan perlindungan asuransi dengan manfaat rawat inap pada rumah sakit berstandar tinggi dengan mengunjungi website AXA Mandiri atau menghubungi Financial Advisor AXA Mandiri di kantor cabang Bank Mandiri dan Bank Syariah Indonesia atau contact center AXA Mandiri 1500803. 


Sumber: WHO; IndoZone; Pikiran Rakyat