Aset Penerbit

Aset Penerbit

null Pendapatan Asuransi Umum di Indonesia Pulih Cepat di Masa Pandemi
Siaran Pers

Industri asuransi di Indonesia telah berkembang pesat selama lima tahun terakhir. Data statistik asuransi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan, pertumbuhan aset terus meningkat sejak 2014 dari Rp807,7 triliun menjadi Rp1.325,7 triliun di bulan Desember 2019. Nilai investasi industri ini juga terus meningkat dari Rp648,3 triliun di 2014 menjadi Rp1.141,8 triliun di 2019 lalu.

Namun, di triwulan I 2020, industri asuransi dihadapkan pada pandemi Covid-19 yang tentu saja berdampak pada pendapatan secara umum. Meskipun tampak penuh dari pandemi Covid-19 global terhadap dunia perasuransian Indonesia belum terlihat, kita disajikan kabar baik, yakni pemulihan dalam penjualan premium pada bulan Juni setelah mengalami penurunan pada beberapa bulan sebelumnya karena tekanan pandemi.

Hasil riset Lifepal.co.id yang membandingkan laporan statistik asuransi OJK, menunjukkan bahwa pemulihan pendapatan premi bruto asuransi umum pada bulan Juni 2020 semakin pulih dibandingkan bulan-bulan sebelumnya di kuartal II 2020.

 

 

 

 

Pada grafik pertumbuhan asuransi umum, walaupun masih terlihat adanya pertumbuhan negatif semenjak bulan Maret 2020 sampai juni 2020, namun tren menunjukkan pertumbuhan yang membaik. Setelah mencapai titik terendah pada bulan April, di mana tercatat pertumbuhan negatif sebesar -25,6%, pertumbuhan pendapatan premi bruto pulih kembali hingga hanya minus 3,3% di bulan Juni.

Presiden Direktur Mandiri AXA General Insurance (MAGI), Enny, mengakui bahwa pandemi ini jadi tantangan bagi perusahaan yang bergerak di bidang industri asuransi umum, termasuk perusahaan yang ia pimpin.

“Pertumbuhan Industri Asuransi Umum di tengah pandemi Covid-19 ini tentu menjadi tantangan tersendiri buat kita semua, termasuk juga kepada PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI). Namun demikian, dengan dukungan kedua Pemegang Saham kami yaitu AXA dan Bank Mandiri, kami tetap optimis bahwa MAGI akan bisa mencapai angka pertumbuhan positif hingga akhir tahun 2020,” kata Enny.

Namun, perusahaan-perusahaan asuransi umum tentunya memiliki berbagai strategi untuk tetap memberikan layanan terbaik dalam masa sulit ini. Beberapa di antaranya adalah dengan melakukan inovasi produk dan digitalisasi.

“Segenap Tim MAGI juga berkomitmen untuk terus menghadirkan berbagai inovasi produk dan teknologi melalui transformasi digital yang menyeluruh, didukung oleh multi-distribution channels yaitu melalui ekosistem Bank Mandiri, kemitraan strategis, keagenan, broker maupun direct channels untuk memberikan perlindungan terbaik bagi kebutuhan Nasabah kami,” terang Enny lebih lanjut.

Demikian analisis statistik pendapatan premi bruto perusahaan asuransi umum beserta komentar pimpinan Mandiri AXA General Insurance (MAGI), salah satu perusahan asuransi  umum terbesar di Indonesia.

Melihat situasi pandemi saat ini, beberapa daerah di Indonesia kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Keadaan terbaru ini menjadi momentum yang penting untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai pentingnya memiliki perlindungan terhadap berbagai risiko dalam kehidupan.

Oleh karena itu, Lifepal dan rekan-rekan asuransi Lifepal akan tetap fokus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya perlindungan asuransi, serta mengkomunikasikan secara transparan manfaat-manfaat yang bisa diperoleh dari berbagai produk asuransi yang ada di Lifepal.

 


Catatan Penulis

Untuk membuat laporan ini, Lifepal.co.id melakukan riset data dengan mengambil informasi dari OJK. Angka pendapatan premi per bulan dicatat pada graphs dengan mengurangi pendapatan akumulasi dalam laporan OJK pada bulan tersebut tersebut dengan bulan sebelumnya.

TENTANG AXA MANDIRI – MANDIRI AXA GENERAL INSURANCE (MAGI)

AXA Mandiri yang terdiri dari PT AXA Mandiri Financial Services dan PT Mandiri AXA General Insurance merupakan perusahaan joint venture antara Bank Mandiri dan AXA yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Didirikan pada awalnya sebagai PT Asuransi Dharma Bangsa di tahun 1961, PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI) mulai beroperasi sebagai perusahaan patungan antara dua perusahaan besar, yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan AXA, salah satu perusahaan asuransi terbesar di dunia pada tanggal 25 Oktober 2011.

 

Untuk terus meningkatkan layanan asuransi umum kepada nasabah dan masyarakat Indonesia, PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI) dan PT Asuransi AXA Indonesia (AXA General Insurance – AGI) secara resmi bergabung, setelah mendapatkan izin merger dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Merger tersebut berlaku efektif pada 1 Desember 2019 sesuai Surat Keputusan OJK Nomor S-32/D.05/2019 tertanggal 26 November 2019.

 

Dengan dukungan dari jaringan bisnis Bank Mandiri yang luas dan keahlian global AXA, MAGI senantiasa berinovasi dalam menyediakan produk dan jasa asuransi umum bagi para nasabahnya di Indonesia. Melalui 10 kantor pemasaran dan bengkel rekanan di 91 kota, MAGI terus berupaya memberikan layanan terbaik pada seluruh Nasabahnya.

Untuk Info Lebih Lanjut, hubungi:
Amanda Putri Afrili Website : www.axa-mandiri.co.id
Marketing Communication, Event & Branding Twitter : @AXA_Mandiri
Telp. (021) 3005 7777 Facebook : AXA Mandiri
Fax. Instagram : @AXAMandiri
Email: amanda.afrili@axa-mandiri.co.id

Terkait Aset