Aset Penerbit

Aset Penerbit

null Generasi Milenial Butuh Asuransi Jiwa, Seberapa Penting Alasannya?
Inspirasi Berita

Sedia payung sebelum hujan. Pepatah ini menjadi nasihat baik bagi Anda agar mengantisipasi risiko yang mungkin terjadi di masa depan. Sayangnya, masih banyak milenial yang belum sadar akan pentingnya asuransi dan cenderung menghabiskan uangnya untuk gaya hidup. Hal ini membuat generasi milenial dikenal sebagai generasi yang boros dan sulit mengatur keuangan. Padahal, asuransi memiliki banyak manfaat yang akan dirasakan di masa depan, khususnya asuransi jiwa. Dengan memiliki asuransi jiwa, Anda bisa melindungi diri sendiri dan keluarga dari berbagai risiko finansial karena usia dan harapan hidup seseorang.

Pentingnya asuransi jiwa bagi milenial

Belajar dari pandemi COVID-19, Anda pasti sudah mulai memahami jika risiko dapat terjadi kapanpun di masa depan tanpa diduga. Misalnya saja risiko kehilangan tulang punggung keluarga akibat pencari nafkah meninggal dunia setelah terjangkit COVID-19.

Karena risiko-risiko inilah Anda harus mulai mempersiapkan ketidakpastian yang mungkin terjadi di kemudian hari, salah satunya dengan memiliki asuransi jiwa. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menilai, asuransi mampu mengelola risiko dan memberikan jaminan serta proteksi diri atas ketidakpastian di masa datang.


Baca juga: Pentingnya Asuransi Jiwa untuk Perencanaan Masa Depan


Manfaat memiliki asuransi jiwa bagi generasi milenial

Tidak ada kata terlambat atau nanti untuk mendaftarkan diri ke dalam asuransi jiwa. Hal ini karena asuransi jiwa dapat membantu Anda untuk menyiapkan dana waris sebagai bekal kehidupan ahli waris yang ditinggalkan. Asuransi jiwa bukan untuk menghindar dari kematian. Asuransi jiwa adalah program yang memberikan perlindungan keuangan bagi keluarga yang nantinya ditinggalkan ketika terjadi hal-hal buruk yang menimpa Anda sebagai tertanggung asuransi, seperti kematian atau cacat total.

Lalu, apa saja manfaat memiliki asuransi jiwa bagi milenial?

1. Melindungi hilangnya pendapatan

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Mungkin saja hari ini Anda masih bisa bekerja dengan optimal namun siapa yang tahu akan ada hal buruk yang mungkin terjadi di masa akan datang? Misalnya saja Anda mengalami kecelakaan di jalan yang mengakibatkan kematian, cacat tetap, dan membutuhkan biaya besar untuk berobat. Jika hal ini terjadi, artinya Anda sudah tidak lagi bisa bekerja dan harus tetap bisa memenuhi kebutuhan keluarga. 

Asuransi Jiwa Dapat Melindungi Hilangnya Pendapatan

Disinilah peran penting asuransi jiwa. Dengan memiliki asuransi jiwa, Anda tidak lagi perlu mengkhawatirkan bagaimana kebutuhan keluarga, bagaimana pendidikan anak-anak, dan sebagainya karena asuransi jiwa akan memberikan uang pertanggungan asuransi pada ahli waris ketika terjadi risiko pada Anda sebagai tertanggung asuransi. Biasanya, pengembalian uang pertanggungan yang diberikan oleh pihak asuransi ke ahli waris bisa mencapai 100% atas sakit atau kecelakaan yang menyebabkan risiko meninggal dunia sesuai dengan ketentuan pada polis.

2. Mengurangi beban kecemasan

Menurut penelitian dari Journal of Development Economics, dengan memiliki asuransi jiwa, maka pikiran Anda akan lebih tenang dan bisa mengurangi rasa stres. Hal ini karena asuransi memberikan manfaat yang bisa menguntungkan dari segi kesehatan pikiran. Ketika Anda memiliki polis asuransi, proteksinya tentu akan mengurangi beban kecemasan dari kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

3. Membantu Manajemen Keuangan

Generasi milenial juga terkenal dengan generasi yang boros, impulsif, dan memiliki manajemen keuangan yang kurang baik. Dengan adanya asuransi jiwa inilah, Anda bisa memiliki manajemen finansial lebih baik. Pasalnya, Anda harus membayar sejumlah premi ke perusahaan asuransi secara berkala untuk bisa mendapatkan manfaat asuransi jiwa


Baca juga: Pentingnya Memiliki Perencanaan Keuangan untuk Masa Depan


4. Jaminan kehidupan seutuhnya

Asuransi jiwa juga dapat menjamin kehidupan Anda dan keluarga ketika terjadi risiko. Misalnya ketika Anda mengalami kecelakaan atau meninggal dunia, maka Anda dapat membentengi diri dari berbagai risiko finansial yang mungkin terjadi sesuai manfaat asuransi yang dipilih.

5. Bentuk self-love

Selain melindungi dari segi kesehatan fisik, kesehatan mental Anda pun tetap terjaga ketika memiliki asuransi jiwa. Mental yang sehat membuat produktivitas Anda tetap terkendali. Oleh karena itu, asuransi dapat bermanfaat sebagai bentuk perhatian terhadap diri sendiri atau wujud self-love.

Bukan hanya untuk diri sendiri, asuransi jiwa juga menjadi salah satu bentuk kecintaan Anda kepada keluarga. Hal ini karena Anda tetap bisa melindungi mereka ketika terjadi risiko pada diri Anda di kemudian hari sehingga keluarga Anda tidak lagi perlu mengorbankan cita-cita atau hidup mereka

Asuransi Jiwa Adalah Salah Satu Bentuk Self-Love

Itulah pentingnya dan beberapa manfaat asuransi jiwa bagi kaum milenial. Jangan anggap remeh masalah asuransi jiwa ini karena tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi pada diri kita di kemudian hari. Meski kita tidak berharap, namun kita tetap bisa mengantisipasi risiko yang mungkin terjadi serta menjaga keluarga dengan memiliki asuransi jiwa, seperti Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera dari AXA Mandiri.

Dengan asuransi ini, Anda bisa mendapatkan manfaat berupa uang pertanggungan yang diberikan kepada ahli waris karena tertanggung asuransi meninggal dunia akibat sebab apapun. Untuk mendaftarkan diri Anda ke dalam Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera, silakan kunjungi website AXA Mandiri atau hubungi Financial Advisor AXA Mandiri dengan mengunjungi Kantor Cabang Bank Mandiri atau Bank Syariah Indonesia terdekat atau menghubungi contact center AXA Mandiri di 1500803.

 

Sumber: AAJI, CNBC Indonesia