Aset Penerbit

Aset Penerbit

null 6 Tips Diet saat Puasa Untuk Mendapatkan Manfaat Kesehatan Jangka Panjang
Inspirasi Ramadan

Untuk Anda yang tengah menjalankan agenda diet, harus sadar bahwa bulan puasa sudah tiba. Tentu akan ada penyesuaian yang harus dilakukan agar diet Anda tetap dapat dijalankan tanpa mengganggu ibadah puasa. Beberapa tips diet saat puasa berikut dapat dilakukan untuk menjaga agar keduanya tetap berjalan lancar.

Diet memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan atau menjaganya agar tetap stabil. Ketika dilaksanakan dengan komitmen dan kontrol ketat, maka hasilnya akan tampak dalam waktu yang relatif singkat.

 

Manfaat puasa untuk kesehatan

Puasa, di sisi lain, merupakan kewajiban seorang umat muslim saat bulan Ramadan yang telah dituliskan secara jelas dalam kitab suci Alquran. Puasa juga memiliki banyak manfaat kesehatan seperti dilansir dari website Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai berikut:

  1. Mengontrol gula darah
  2. Mengurangi peradangan
  3. Meningkatkan kesehatan jantung
  4. Meningkatkan fungsi otak
  5. Membantu menurunkan berat badan
  6. Meningkatkan hormon pertumbuhan
  7. Mencegah kanker

Banyak bukan manfaatnya? Lalu bagaimana jika kedua hal ini dijalankan dalam waktu yang bersamaan? Bagaimana caranya agar tetap bisa berjalan berdampingan satu dengan yang lain?

Tips diet saat berpuasa

Sebenarnya cukup banyak tips diet yang dapat dijadikan acuan untuk dilaksanakan selama puasa. Namun demikian, inti dari setiap tips ini serupa, yakni tetap mengkonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, memenuhi kebutuhan cairan harian, dan istirahat yang cukup.

Dialnsir dari situs halodoc.com, berikut 6 cara diet saat puasa yang efektif untuk diterapkan.

1. Perbanyak konsumsi serat dan protein

Pertama adalah mengutamakan makanan yang mengandung serat dan protein alih-alih makanan dengan kalori tinggi. Makanan dengan kandungan dua nutrisi tersebut akan diserap dan dicerna dalam waktu yang cukup lama sehingga tidak mudah merasa lapar saat berpuasa. Makanan jenis ini juga dapat menekan nafsu makan sehingga saat waktu buka puasa tiba, Anda tidak menjadi kalap dan menyantap apapun yang ada dihadapan.

2. Batasi makanan manis dan minuman manis

Diet saat puasa bukan berarti dijalankan tanpa asupan gula sama sekali. Secara alami tubuh tetap membutuhkan asupan gula, namun porsi dan waktunya harus tetap dijaga agar tidak berlebihan sehingga mengacaukan agenda Anda.

Anda dapat mengkonsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka puasa agar dapat mengembalikan kadar gula darah dalam tubuh. Berikan batas yang jelas pada jumlah porsinya sehingga tidak berlebihan.

3. Perhatikan porsi makan

Tips diet saat puasa berikutnya adalah selalu memperhatikan porsi makan sehingga tidak berlebihan. Berpuasa sehari penuh bukan berarti Anda bisa melakukan aksi ‘balas dendam’ dengan makan tidak terkontrol saat berbuka atau saat sahur.

Anda tetap harus menjaga porsi makan saat sahur dan berbuka puasa. Gunakan berbagai cara, seperti misalnya menggunakan piring dengan ukuran lebih kecil, atau mengkonsumsi makanan yang dapat membuat Anda lekas merasa kenyang seperti sup.

4. Hindari konsumsi gorengan

Gorengan memang selalu jadi menu berbuka puasa yang luar biasa lezat. Namun saat Anda sedang diet, makanan yang satu ini sebaiknya dihindari. Mengapa? Sebab gorengan mengandung lemak jenuh yang tinggi dan dapat memicu naiknya berat badan.

Sebagai ganti untuk asupan lemak ini, Anda dapat mengganti jenis makanan ini dengan alpukat, ikan, atau kacang-kacangan. Selain memiliki kandungan lemak serupa, makanan ini lebih ‘ramah’ pada agenda diet Anda.

5. Mencukupi kebutuhan air putih harian

Berikutnya adalah terkait asupan air putih harian. Idealnya tubuh seorang dewasa membutuhkan air putih sebanyak delapan gelas setiap harinya. Pada saat puasa dan diet, Anda wajib memenuhi kebutuhan air putih ini.

Caranya adalah dengan rumus 2 - 2 - 2 - 2, dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka puasa, dua gelas setelah ibadah tarawih, dan dua gelas sebelum tidur. Dengan begini, asupan air putih harian akan tetap terjaga meski Anda berpuasa dan diet di waktu yang sama.

6. Waktu tidur yang cukup

Terakhir adalah memiliki waktu tidur yang cukup. Tidak hanya penting untuk program diet yang Anda jalankan, hal ini juga penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat selama ibadah puasa dijalankan.

Waktu tidur yang kurang akan memicu perubahan sistem metabolisme tubuh. Jelas, hal ini tidak baik untuk diet dan puasa yang dijalankan bersamaan.
Manfaat jangka panjang diet dan puasa secara rutin

 

Seperti yang seperti dilansir dari website Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, diet dan puasa memiliki manfaat kesehatan yang tidak hanya dirasakan dalam jangka pendek saja, namun juga dalam jangka panjang. Kedua hal ini ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan Anda hingga hari tua nanti.

Manfaat ini akan semakin terasa ketika pola hidup sehat juga dijalankan, seperti mengelola tingkat stres dan selalu melakukan olahraga secara rutin. Investasi jangka panjang pada kesehatan Anda menjadi sempurna, ketika dilengkapi dengan produk asuransi kesehatan yang tepat.

Produk asuransi kesehatan yang tepat akan membuat Anda dan keluarga merasa aman dalam menghadapi berbagai risiko di masa depan karena dapat menjaga kondisi finansial Anda agar tidak goyang akibat risiko kesehatan yang mungkin saja muncul dan membutuhkan biaya besar. Hal ini karena memiliki asuransi kesehatan yang tepat dapat membantu Anda menanggung biaya perawatan dan pengobatan yang diperlukan sehingga tabungan yang sudah dikumpulkan untuk tujuan lain tidak perlu habis digunakan untuk menutup biaya pengobatan.

Keenam tips diet saat puasa di atas dikombinasikan dengan produk asuransi yang tepat seperti asuransi syariah dari AXA Mandiri akan memberikan manfaat optimal untuk masa depan Anda. Kondisi tubuh yang terus dijaga sejak dini, didukung dengan tindakan pengamanan kondisi finansial di masa depan atas risiko kesehatan yang mungkin muncul, dapat membantu Anda menyongsong masa depan yang lebih cerah bersama dengan orang tersayang. Lagipula masa depan seharusnya tidak berisiko bukan? Bersama AXA Mandiri, mari wujudkan masa depan yang terjamin, dan aman dari risiko keuangan.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai asuransi syariah dari AXA Mandiri, Anda dapat mengakses website resmi AXA Mandiri, atau menghubungi Financial Advisor AXA Mandiri di kantor cabang Bank Mandiri dan Bank Syariah Indonesia terdekat, atau dengan menghubungi contact center AXA Mandiri 1500803. Dapatkan proteksi asuransi untuk Anda dan seluruh anggota keluarga dari AXA Mandiri dan berikan proteksi terbaik untuk berbagai risiko yang mungkin muncul di masa depan! 

 

Sumber: 

  • https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/158/apa-saja-manfaat-berpuasa
  • https://www.halodoc.com/artikel/biar-berhasil-ini-cara-diet-saat-puasa
  • https://www.haibunda.com/moms-life/20220419140336-72-271863/10-tips-diet-saat-puasa-yang-aman-dilakukan-untuk-menurunkan-berat-badan