Aset Penerbit

Aset Penerbit

null Apa Saja Manfaat Asuransi Untuk Anda? Cari Tahu Di Sini!
Inspirasi Berita

Asuransi merupakan salah satu layanan keuangan yang sudah tidak asing di masyarakat. Adanya asuransi dapat menjamin masa depan lebih aman dan tenang. Namun nyatanya belum banyak dan ragu memiliki asuransi. Hal tersebut ditunjukan melalui data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bahwa di tahun 2021 baru 6,5% penduduk Indonesia yang terlindungi dengan asuransi jiwa. Menurut Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon, masyarakat belum terlalu paham bahwa asuransi jiwa adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatur keuangan masa depan. 

Untuk itu sangat penting mengetahui dan paham apa saja manfaat asuransi agar kesadaran masyarakat terhadap asuransi meningkat. Berikut ini beberapa manfaat asuransi berdasarkan buku 4 Literasi Perguruan Tinggi tentang Perasuransian yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK):

1. Memberikan rasa aman dan perlindungan
Asuransi akan membuat tertanggung terhindar dari kemungkinan risiko kerugian finansial saat objek yang diasuransikan mengalami kejadian tak terduga.

2. Pendistribusian biaya dan manfaat yang lebih adil
Semakin besar kemungkinan terjadinya risiko kerugian timbul, maka semakin besar pula premi yang perlu dibayarkan.

3. Memberikan kepastian
Asuransi akan mengurangi konsekuensi yang tidak pasti dari suatu keadaan yang merugikan (peril) yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya sehingga biaya atau akibat finansial dari kerugian tersebut menjadi pasti atau relatif pasti.

4. Instrumen pengalihan dan penyebaran risiko
Asuransi menjadi instrumen yang akan mengalihkan risiko kerugian yang mungkin timbul dari suatu kejadian tak terduga. 

5. Menjadikan hidup lebih tenang
Segala risiko yang dapat diasuransikan dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi sehingga hidup Anda akan lebih tenang saat terjadi kejadian tak terduga.


Baca juga: Punya Asuransi, Apa Sih Manfaatnya? Yuk Simak Di Sini!


Manfaat Berdasarkan Jenis Asuransi
Dari beberapa manfaat asuransi tersebut, terdapat banyak jenis layanan asuransi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Berikut beberapa jenis asuransi yang paling umum dimiliki oleh masyarakat berdasarkan cekpremi.com:

1. Asuransi jiwa
Asuransi jiwa merupakan asuransi paling dasar yang sangat penting untuk dimiliki oleh seorang tulang punggung keluarga. Hal ini karena manfaat asuransi jiwa adalah memberikan perlindungan dari risiko kematian. Tentunya jika seorang tulang punggung keluarga meninggal dunia akan memiliki risiko finansial lebih besar. Dengan adanya asuransi, risiko tersebut akan terlindungi.

2. Asuransi kesehatan
Asuransi kesehatan sangat penting bagi setiap anggota keluarga. Manfaat asuransi kesehatan adalah pertanggungan biaya kesehatan rumah sakit seperti rawat jalan, rawat inap, perawatan ICU, dan lainnya. Adanya asuransi kesehatan akan membuat Anda merasa lebih tenang jika suatu saat Anda atau anggota keluarga mengalami sakit, sehingga tidak perlu terlalu pusing dengan biaya. Anda hanya perlu fokus dengan proses pengobatan dan pemulihan.

Manfaat Asurnais Kesehatan Bagi Anda dan Keluarga
3. Asuransi pendidikan
Selanjutnya adalah manfaat asuransi pendidikan, yaitu dapat memberikan jaminan biaya pendidikan hingga kuliah. Adanya asuransi ini akan membantu Anda mempersiapkan biaya pendidikan anak terhadap inflasi tahunan.

4. Asuransi kecelakaan diri
Manfaat dari asuransi kecelakaan diri adalah melindungi Anda dari risiko kecelakaan yang terjadi. Perusahaan asuransi biasanya akan memberikan biaya medis, uang pertanggungan bila mengalami cacat atau meninggal akibat kecelakaan.

5. Asuransi kendaraan
Asuransi kendaraan memberikan manfaat berupa rasa aman kepada Anda terhadap risiko kecelakaan yang tidak diinginkan. Perusahaan asuransi akan mengganti kerugian  kerusakan yang terjadi akibat kecelakaan, pencurian, dan lainnya.

Banyak jenis asuransi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Asuransi AXA Mandiri menghadirkan berbagai jenis asuransi yang bisa dipilih sebagai perlindungan bagi Anda dan keluarga. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai berbagai produk dan manfaat asuransi AXA Mandiri, Anda dapat mengunjungi website AXA Mandiri atau Financial Advisor AXA Mandiri di kantor cabang Bank Mandiri dan Bank Syariah Indonesia atau contact center AXA Mandiri 1500803.

Sumber: Tribunnews, Cekpremi.com, sikapiuangmu.ojk.id