Aset Penerbit

Aset Penerbit

null Yuk Buktikan Cinta Anda pada Keluarga dengan Asuransi Jiwa!
Inspirasi Berita

Setiap orang pasti ingin memberikan yang terbaik bagi keluarga. Tidak hanya hidup yang layak, namun juga ingin melindungi keluarganya dari berbagai risiko. Salah satu bukti cinta nyata yang sering ditunjukkan pada keluarga tersayang adalah dengan mendaftarkan diri ke dalam asuransi jiwa.

Apa itu asuransi jiwa? Dilansir dari Kontan, asuransi jiwa adalah layanan asuransi yang digunakan untuk perlindungan terhadap dampak kerugian finansial atau hilangnya pendapatan seseorang atau keluarga karena adanya kematian anggota keluarga (tertanggung).

Polis asuransi jiwa meningkat di tahun 2022

Dikutip dari Investor.id, Industri asuransi jiwa mencatat penambahan lebih dari 3 juta polis dan 11 juta tertanggung pada kuartal 1-2022. Wiroyo Karsono, Ketua Bidang Marketing dan Komunikasi AAJI, pun menyampaikan bahwa total polis asuransi jiwa mencapai 20,87 juta, meningkat 17,4% secara year on year (yoy) atau bertambah lebih dari 3 juta polis pada kuartal 1-2022. Dari total polis tersebut, asuransi jiwa nasional telah melindungi sebanyak 75,45 juta jiwa masyarakat Indonesia atau mengalami pertumbuhan sebesar 18,1%.

Mengapa asuransi jiwa bisa menjadi bukti cinta ke keluarga?

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuktikan cinta ke keluarga, namun asuransi jiwa menjadi salah satu bukti cinta yang paling nyata. Dengan memiliki asuransi jiwa, maka keluarga Anda akan menerima manfaat berupa uang pertanggungan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan finansial keluarga ketika terjadi risiko tidak terduga seperti kecelakaan yang mengakibatkan cacat tetap atau meninggal dunia pada diri Anda sebagai tertanggung asuransi jiwa.

Dengan adanya manfaat dari asuransi jiwa inilah keluarga Anda tidak lagi perlu khawatir akan kemungkinan masalah finansial yang muncul jika terjadi risiko pada diri Anda, apalagi jika Anda adalah pencari nafkah di keluarga. Anak Anda akan tetap bisa menempuh pendidikan sesuai rencana, pasangan bisa menjalankan kehidupan seperti biasa tanpa harus terbebani masalah keuangan, dan risiko finansial lainnya yang mungkin bisa terjadi  karena sudah tidak adanya lagi pencari nafkah dalam rumah tangga.

Manfaat asuransi jiwa bagi keluarga & diri sendiri

Mengapa asuransi jiwa dapat dijadikan sebagai bukti cinta pada keluarga? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari cari tahu beberapa manfaat dari asuransi jiwa:

1. Melindungi keluarga jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan

Setiap asuransi jiwa pasti menawarkan manfaat yang berbeda-beda. Selain manfaat tunai jika terjadi risiko kematian, terdapat produk asuransi jiwa yang juga memberikan manfaat berupa santunan tunai apabila Anda sebagai tertanggung asuransi mengalami kecelakaan yang mengakibatkan disabilitas atau cacat permanen.

Ketika Anda sebagai tertanggung asuransi mengalami kecelakaan yang mengakibatkan cacat tetap, maka Anda akan menerima manfaat uang pertanggungan yang dapat digunakan untuk biaya pengobatan atau kebutuhan keuangan keluarga di masa depan. 

Manfaat Asuransi Jiwa Bagi Diri Sendiri dan Keluarga

Apabila terjadi risiko terburuk, yaitu kematian, keluarga Anda sebagai ahli waris akan menerima manfaat uang pertanggungan yang dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Hal ini tentunya akan meringankan kondisi ekonomi keluarga yang ditinggalkan apabila tertanggung asuransi jiwa adalah pencari nafkah keluarga.


Baca juga: Apa Saja Manfaat Asuransi Bagi Anda? Temukan Jawabannya di Sini!


2. Membantu perencanaan keuangan yang lebih baik

Asuransi jiwa juga dapat membantu Anda lebih disiplin untuk mengatur keuangan. Anda harus dapat mengatur pengeluaran dengan baik karena diharuskan untuk membayar premi asuransi jiwa secara berkala. Hal ini tentu akan membantu Anda memiliki perencanaan keuangan yang lebih baik karena pengeluaran uang harus diatur agar dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membayar premi asuransi jiwa.

3. Memberikan perlindungan dilengkapi dengan alokasi investasi

Selain dapat memberikan perlindungan saat terjadi risiko yang tak terduga, saat ini juga terdapat produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI). Dilansir dari OJK, PAYDI adalah kombinasi antara produk asuransi dan produk investasi sehingga memungkinkan Anda untuk memperoleh hasil investasi dari dana unit link yang dipilih. 

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda memilih untuk membeli PAYDI. Karena investasi PAYDI ditempatkan di reksadana, nilainya pun akan sangat dipengaruhi oleh fluktuasi investasi di pasar. Jika kondisi instrumen investasi reksa dana sedang anjlok, maka dipastikan Anda akan memiliki potential lost yang besar jika ingin mengambil manfaat tunai dari unit link yang dimiliki.

Jika Anda adalah tipe pengambil risiko yang rendah atau konservatif, maka PAYDI berbasis reksa dana pasar uang adalah pilihan yang tepat. Sementara untuk Anda yang tipe pengambil risiko moderat, bisa memilih PAYDI berbasis reksa dana campuran atau pendapatan tetap. Sedangkan apabila Anda memiliki risk profile tinggi, PAYDI dengan underlying asset pada reksa dana saham adalah pilihan yang terbaik.


Baca juga: Pentingnya Memiliki Asuransi untuk Perlindungan Jiwa


Itulah beberapa manfaat asuransi jiwa sebagai bukti cinta Anda kepada keluarga. Jangan anggap remeh masalah asuransi jiwa karena tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi pada diri kita di kemudian hari, apalagi jika Anda adalah pencari nafkah tunggal di keluarga.

Asuransi Jiwa Bisa Menjadi Bukti Cinta Ke Keluarga

Meski tidak berharap, kita tetap bisa mengantisipasi risiko finansial yang mungkin terjadi serta menjaga keluarga dengan memiliki asuransi jiwa, seperti Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera - Solusi Perlindungan Jiwa dari AXA Mandiri. Dengan asuransi jiwa ini, Anda bisa mendapatkan manfaat berupa uang pertanggungan yang diberikan kepada ahli waris karena tertanggung asuransi meninggal dunia akibat sebab apapun.

Untuk mendaftarkan diri Anda maupun keluarga ke dalam Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera - Solusi Perlindungan Jiwa, silakan kunjungi website AXA Mandiri atau hubungi Financial Advisor AXA Mandiri dengan mengunjungi Kantor Cabang Bank Mandiri atau Bank Syariah Indonesia terdekat atau menghubungi contact center AXA Mandiri di 1500803.

 

Sumber: Kontan.co.id, Investor.id, Hello Sehat, Kompas.com, Qoala, OJK, Jawapos