Aset Penerbit

Aset Penerbit

null Inspirasi 6 Makanan Buka Puasa yang Cepat dan Praktis Dimasak di Rumah
Inspirasi Ramadan

Untuk Anda yang merupakan wanita karir dan telah berkeluarga, jelas opsi makanan buka puasa yang sehat wajib dimiliki agar waktu berbuka bersama keluarga tercinta semakin hangat. Alih-alih membeli makanan di luar, berbuka puasa akan terasa lebih hangat ketika menu yang disajikan adalah hasil racikan tangan mahir Anda sendiri. Tidak perlu menu yang terlalu sulit membuatnya, beberapa opsi praktis dapat Anda peroleh di bawah ini.

 

Manfaat memasak sendiri makanan buka puasa di rumah

Memasak makanan sendiri sebagai menu berbuka puasa untuk keluarga memiliki banyak manfaat alih-alih membeli lauk atau makanan di luar. Yang jelas adalah kebersihan dan kelengkapan nutrisi dapat berada dalam kendali sehingga Anda senantiasa menyajikan yang terbaik untuk setiap anggota keluarga.

Dua faktor yang disebutkan diatas menjadi penting manakala berbicara mengenai kesehatan jangka panjang untuk anggota keluarga. Dengan makanan yang diproses secara higienis dan dipersiapkan penuh kasih, tentu akan menjadi kesehatan pada diri setiap orang, bukan?

 

Lalu apa saja menu yang bisa jadi opsi yang memenuhi kategori mudah dibuat dan tetap bernutrisi untuk setiap anggota keluarga?

Rekomendasi menu buka Puasa praktis

Untuk makanan buka puasa yang dapat menjadi opsi, Anda bisa simak beberapa makanan di bawah yang dilansir dari berbagai sumber. Inspirasi ini bisa Anda coba untuk menemani berbuka puasa dengan keluarga.

1. Sayur urap istimewa

Perpaduan parutan kelapa yang telah dibumbui dan sayuran segar ini bisa menjadi opsi berbuka yang nikmat disantap. Ditambah dengan tempe goreng, ikan asin, dan telur rebus, semua terasa istimewa saat bersentuhan dengan lidah.

Untuk sayurnya, Anda bisa memilih kangkung, kol, kacang panjang, kecambah, bayam, dan timun. Jika semua bahan sudah disiapkan, waktu yang diperlukan untuk memasak tidaklah lama. Sehat dan bernutrisi, sayur urap ini bisa jadi makanan buka puasa yang sempurna untuk Anda dan keluarga.

2. Telur ceplok balado ceplok

Disajikan bersama nasi hangat dan sayur pelengkap lain, menu telur ceplok balado ini bisa jadi favorit anggota keluarga Anda. Dengan proses memasaknya yang mudah, tingkat kepedasan dapat disesuaikan, dan tampilannya sangat menggoda, menu ini cocok menjadi makanan buka puasa yang Anda sajikan. Selain itu, telur juga kaya akan nutrisi.

3. Tumis bayam jamur

Setelah melihat menu urap spesial dan telur ceplok balado ceplok, opsi menu ketiga yang mudah dibuat adalah tumis bayam jamur. Seperti namanya, menu ini membutuhkan bayam dan jamur sebagai bahan utamanya.

Bayam dikenal memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, dengan catatan jangan memasaknya terlalu matang. Hal yang sama juga berlaku untuk jamur. Agar nutrisinya tetap terjaga, proses memasak jamur juga jangan sampai terlalu matang.

4. Tumis buncis saus tiram

Untuk menu satu ini, Anda hanya perlu menyiapkan buncis dan tahu. Dengan saus tiram instan, tumis buncis saus tiram juga akan jadi menu yang mudah untuk dimasak dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Rata-rata Anda hanya perlu waktu sekitar 20 menit untuk memasak menu segar dan nikmat ini. Cocok dipadukan dengan lauk yang lainnya, tumis buncis saus tiram dijamin bakal membuat setiap anggota keluarga kembali bertenaga untuk melaksanakan ibadah di malam hari.

5. Ayam kecap

Jika Anda ingin menambahkan menu daging dalam buka puasa yang disajikan, sajian ayam kecap dapat menjadi solusi yang tepat. Dalam sekali memasak, idealnya ayam kecap dapat disajikan untuk beberapa orang sekaligus sehingga akan menghemat waktu dan tenaga untuk memasaknya.

Anda dapat menemukan banyak resep ayam kecap yang mudah ditiru dan dimodifikasi. Selain memasaknya tidak sulit, Anda juga dapat memasak sayur pelengkap lain sembari menunggu bumbu ayam meresap hingga ke bagian dalam.

6. Omelet sayur

Untuk lauk tambahan, omelet sayur dapat melengkapi menu berbuka puasa Anda dan keluarga. Omelet ini semakin terasa sehat dengan perpaduan berbagai macam sayur di dalamnya sehingga tekstur dan rasa yang dimiliki semakin kaya.

Anda tinggal menyiapkan telur yang dikocok, kemudian tambahkan beberapa sayur ke dalam kocokan telur ini. Kemudian goreng hingga matang, dan omelet sayur siap disajikan dengan berbagai sayur dan lauk lainnya.

 

Tubuh sehat selama puasa, risiko penyakit dapat dijauhkan

Dengan konsumsi makanan yang dimasak sendiri selama bulan puasa ini, Anda dan keluarga pun akan dapat memiliki tubuh yang sehat. Asupan nutrisi yang seimbang serta proses memasak dan penyajian yang higienis dapat membantu semua anggota keluarga jauh dari risiko penyakit jangka pendek maupun jangka panjang.

Memasak Makanan Buka Puasa di Rumah

Tentu saja, kesehatan anggota keluarga adalah hal yang utama bagi seorang ibu. Apapun pasti akan dilakukan agar anak dan suami selalu berada dalam kondisi sehat, termasuk persiapan untuk situasi terburuk yang mungkin terjadi. Namun sejatinya, masa depan seharusnya tidak berisiko, bukan?

Inilah alasan persiapan untuk menyambut masa depan yang bahagia bersama anggota keluarga juga harus dilakukan dengan memiliki produk asuransi yang tepat untuk setiap orang yang Anda kasihi. AXA Mandiri, hadir dengan menawarkan berbagai solusi asuransi handal untuk urusan ini.

Menyediakan berbagai macam produk asuransi syariah, AXA Mandiri hadir untuk memberikan perlindungan pada setiap anggota keluarga yang Anda sayangi. Memberikan pertanggungan pada risiko biaya perawatan berbagai penyakit di masa yang akan datang, asuransi syariah AXA Mandiri hadir dengan berbagai benefit yang ditawarkan. Dengan asuransi ini, Anda dapat dengan mantap melangkah menyongsong masa depan yang ceria bersama orang terkasih dengan perlindungan finansial untuk berbagai risiko kesehatan yang membutuhkan biaya pengobatan yang cukup besar. Upaya menjaga kesehatan dengan makanan buka puasa buatan sendiri akan terasa semakin maksimal dengan produk asuransi syariah dari AXA Mandiri.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut Anda dapat mengakses website resmi AXA Mandiri, atau menghubungi Financial Advisor AXA Mandiri di kantor cabang Bank Syariah Indonesia terdekat, atau dengan menghubungi contact center AXA Mandiri 1500803. Dapatkan proteksi asuransi untuk Anda dan seluruh anggota keluarga dari AXA Mandiri dan berikan proteksi terbaik untuk berbagai risiko yang mungkin muncul di masa depan!

 

Sumber:

https://www.merdeka.com/trending/30-menu-buka-puasa-sederhana-dan-praktis-sebulan-cocok-juga-untuk-sahur-sehat-kln.html