Aset Penerbit

Aset Penerbit

null Jantung Sehat itu Jantung yang Awet Muda, Simak 5 Tipsnya
Berita Inspirasi

Selain merawat kulit dan wajah agar tetap terlihat muda, ternyata merawat bagian tubuh lain terutama organ vital juga penting. Salah satunya adalah jantung yang ternyata sering mengalami penuaan dini karena kita sebagai pemiliknya yang kurang peduli dengan kesehatan. Ketika jantung sehat, niscaya segala penyakit kritis yang kaitannya dengan jantung akan menjauh.

Fakta terbaru menyebutkan, Centers for Disease Control (CDC) mencatat jika penyakit jantung menjadi penyebab utama kematian di Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Australia. Satu dari empat kematian di AS disebabkan oleh penyakit jantung. Sedangkan di Indonesia, penyakit jantung juga menjadi penyebab kematian tertinggi. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, prevalensi penyakit jantung di Indonesia bahkan mencapai 1,5 persen.

Baca juga: Ini Dia 10 Manfaat Porang Bagi Kesehatan

Nah untuk menjaga agar jantung sehat dan tetap awet muda ada tips yang bisa kita lakukan seperti yang dilansir Very Well. Simak yuk 5 tips berikut ini.

  1. Rajin Check-up

Seiring bertambahnya usia, daftar penyakit yang mungkin diderita pun bertambah. Misalnya penyakit yang dapat membahayakan jantung, seperti penyakit tiroid hingga tekanan darah tinggi. Untuk menguragi risiko penyakti jantung, tetap jaga kesehatan sejak dini dan rutin memeriksakan diri, ikuti saran dokter dan minum obat sesuai aturan.

  1. Posisikan jarum timbangan di tempat yang sama

Ketika berat badan bertambah, otomatis kinerja jantung juga akan semakin berat, sehingga risiko terkena serangan jantung pun makin besar. Makanya lupakan memilih diet yang tingkat keberhasilannya tipis. Mulai sekarang cobalah untuk memilih asupan berupa makanan sehat. Misalnya, salmon, beri-berian, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan tambah konsumsi serat dengan sayuran dan buah-buahan serta ganti daging merah dengan ikan atau ayam. lebih baik  belum tentu yang ada malah lebih dulu terkena risiko penyakit jantung.

Baca juga: Sering Cegukan Bisa Jadi Tanda Awal Penyakit Jantung

  1. Ajak jantung selalu aktif

Jantung adalah otot sehingga perlu dilatih untuk menjaga bentuknya, dan olahraga adalah jawabannya. Tak ada kata terlambat untuk mulai lagi berolahraga. Usia bukan alasan dan jadi halangan untuk jaga jantung tetap sehat dan awet muda. Sebelum memutuskan mulai berolahraga, cobalah memiilih olahraga yang sesuai dengan usia, atau mudahnya lebih sering berjalan kaki.

  1. Stop jadi "Ahli Hisap"

Merokok adalah penyebab utama aterosklerosis, penyakit yang disebabkan penumpukan kerak di pembuluh darah. Kerak menghambat aliran darah ke jantung dan organ-organ penting lain. Bila aliran darah sudah terhambat total, akibatnya adalah stroke, serangan jantung dan gagal ginjal. Jadi, ubah label “Ahli Hisap” menjadi penyuka makanan sehat.

  1. Sadar gejala

Semua penyakit memiliki gejala, tak terkecuali serangan jantung. Makanya lebih waspada jika kita merasakan gejala-gejala seperti napas tesengal, kaki bengkak, dada nyeri, perasaan gelap, kelelahan tanpa alasan, cepat lelah, jantung berdebar, kebingungan dan pusing. Untuk itu ketika gejala tersbut muncul, segera konsultasikan diri ke dokter.

Terkait Aset