Aset Penerbit

Aset Penerbit

null 8 Manfaat Detoksifikasi Bagi Kesehatan Tubuh
Inspirasi

Mungkin Anda sering mendengar atau membaca tentang program detoksifikasi. Akan tetapi, apa sebenarnya alasan tubuh perlu detoksifikasi? Proses detoksifikasi merupakan proses alamiah pada tubuh untuk membuang berbagai racun melalui organ paru-paru, usus, hati, ginjal, empedu, dan kulit. Selain makanan yang dikonsumsi sehari-hari, lingkungan sekitar juga turut berpengaruh dalam hal menurunkan kualitas kesehatan tubuh Anda beserta keluarga. Inilah sejumlah alasan mengapa Anda perlu detoksifikasi.

Membersihkan racun dalam tubuh

Tanpa Anda sadari, setiap hari Anda terekspos oleh berbagai zat beracun secara terus menerus dari lingkungan. Zat polutan, bahan kimia yang bisa menyebabkan kanker, hingga bahan pengawet dan pestisida dalam makanan yang Anda konsumsi memengaruhi metabolisme, kekebalan tubuh, hingga perilaku. Racun tersebut tersimpan dalam jaringan sel-sel tubuh Anda, tidak terkecuali otak. Cobalah detoks buah anggur kaya kandungan resveratol, potasium, serta vitamin C sebagai antioksidan yang mampu membersihkan racun dalam tubuh. Makanlah buah anggur selama 3-5 hari berturut-turut selama seminggu.

Mencegah penyakit kronis

Racun dalam udara adalah faktor penyebab kanker, serangan jantung, stroke, penyakit saraf, dan masih banyak lagi. Tubuh Anda memang sudah dilengkapi mekanisme untuk menyaring racun, misalnya saja organ hati dan ginjal. Namun, apabila kerja mereka terlalu berat karena pola hidup Anda yang tidak sehat, tubuh Anda akan mudah dilumpuhkan oleh racun. Makanlah buah-buahan jeruk yang memiliki kekuatan mendetoksifikasi paling tinggi, selama seminggu penuh. Pilih jeruk manis, jeruk lemon, jeruk ponkam, atau jeruk nipis. Selain kaya vitamin C, jeruk mengandung protein sekaligus serat tinggi. Dengan begitu Anda bisa terhindari dari penyakit stroke, menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, hingga mencegah kanker.

Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Daya tahan tubuh yang rendah membuat Anda lebih rentan terhadap berbagai penyakit, seperti flu dan demam. Adanya proses detoksifikasi secara teratur turut membantu memperkuat kekebalan tubuh sekaligus melawan infeksi. Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari, atau pilihlah detoksifikasi air jeruk lemon. Tambahkan perasan jeruk manis atau jeruk nipis ke dalam air putih untuk diminum sepanjang hari. Tambahan rasa jeruk di dalam air juga memudahkan Anda untuk minum air putih 8 gelas sehari. Tercukupinya cairan memberikan dampak positif sebagai peningkatan kekebalan tubuh Anda.

Menjaga sistem pencernaan

Kinerja sistem pencernaan sangat rumit dan cukup menyita energi tubuh dalam jumlah yang besar. Sistem ini mengolah makanan dan minuman yang masuk, memisahkan substansi berguna bagi tubuh, hingga membuang sisa yang tidak diperlukan. Sistem pencernaan juga kerap menjadi lokasi hidup beragam bakteri berfungsi untuk tubuh. Sistem pencernaan tidak sehat menjadikan tubuh tidak optimal. Lakukan detoksifikasi dengan mengatur konsumsi gula berlebihan. Tak hanya dapat menimbulkan gangguan pencernaan, Anda juga berpeluang lebih besar terkena penyakit jantung, diabetes, dan kanker dalam jangka panjang. Bacalah terlebih dahulu label nutrisi pada produk makanan. Waspadalah terhadap gula tambahan pada produk roti dan aneka saus.

Mencegah penuaan dini

Detoksifikasi membantu membasmi radikal bebas dan kadar besi yang terserap dalam tubuh sebagai faktor penyebab penuaan. Di sisi lain, membantu meningkatkan penyerapan nutrisi, termasuk vitamin dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh agar hormon tetap seimbang. Lakukan detoksifikasi dengan cara membatasi paparan racun yang membahayakan. Cegah penuaan dini dengan mengurangi kebiasaan merokok yang menimbulkan banyak racun, dan kurangi konsumsi alkohol berlebihan sekarang juga.

Sistem pencernaan, saraf, sampai hormon Anda didesain untuk saling bekerja sama, sehingga bisa mencapai kesehatan yang optimal. Apabila salah satu tidak bisa berfungsi, Anda tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari bahkan jatuh sakit dan terkena penyakit berbahaya. Menjaga kesehatan sama artinya menjaga keseluruhan jiwa Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga.

Terkait Aset