Asset Publisher

Asset Publisher

null Mengapa Tubuh Membutuhkan Zat Besi?
Inspirasi

Zat besi menjadi salah satu zat yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat. Sebab, pada dasarnya zat besi adalah mineral yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Mulai dari menjaga kesehatan sel-sel tubuh, kulit, rambut, kuku dan menghindari anemia. Zat besi merupakan salah satu mineral alami yang terdapat di dalam makanan, tambahan di dalam sejumlah produk makanan, serta tersedia dalam bentuk suplemen. Zat besi juga menjadi komponen utama hemoglobin, yaitu bagian dari sel darah merah.

Zat besi juga berfungsi dalam proses metabolisme tubuh, untuk perkembangan maupun pertumbuhan fungsi normal sel-sel pada tubuh. Berikut beberapa alasan mengapa Anda sangat dianjurkan untuk tidak melewatkan zat besi menjadi nutrisi yang diperlukan tubuh:

  • Menyebabkan anemia
    Kurangnya zat besi dalam tubuh menyebabkan anemia. Tubuh membutuhkan sel darah merah untuk memperoleh cukup oksigen. Sel darah merah yang telah terbentuk dari hemoglobin, di dalamnya mengandung zat besi. Sehingga bisa dikatakan, zat besi menjadi komponen penting dalam pembentuk sel pembawa oksigen untuk sel-sel tubuh. Kurangnya sel darah merah disebut dengan anemia defisiensi (kekurangan) zat besi. Saat terjadi menstruasi, wanita bisa saja mengalami kekurangan zat besi. Terutama Saat volume darah keluar cukup banyak atau jangka waktu menstruasi panjang.
  • Zat besi dapat membantu proses belajar
    Dengan mengonsumsi secara cukup zat besi, bisa membantu seseorang untuk mengatasi gangguan saat belajar. Sebab, zat besi dianggap bisa meningkatkan berpikir, proses belajar dan daya ingat seseirang.
  • Kurang zat besi dan rambut rontok
    Jika kekurangan zat besi, dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Cara paling mudah untuk mengatasinya yaitu dengan mengonsumsi secara cukup zat besi dalam menu harian seperti mengonsumsi bayam, kacang-kacangan, kerang dan juga tiram.
  • Menjadi kelelahan
    Seperti yang telah disebutkan di atas, zat besi menjadi salah satu komponen penting dalam pembentukan sel darah merah. Tanpa adanya sel darah merah yang sehat, tubuh mengalami masalah dalam memperoleh oksigen sehingga dapat menimbulkan rasa lemah dan lelah.
  • Untuk kesehatan ibu dan janin
    Wanita memerlukan beberapa asupan zat besi yang cukup. Sebab, kekurangan zat besi bisa membahayakan kesehatan bayi, seperti bayi lahir prematur, berat badan bayi ketika lahir kurang, bayi mudah terserang infeksi bahkan hingga sampai kematian.

Tercukupinya Zat Besi Dengan Mengonsumsi Makanan Sehat

  • Bayam tidak hanya kaya akan kalsium, serat dan vitamin. Bayam juga mengandung zat besi dalam jumlah yang cukup tinggi. Dalam 1 mangkuk bayam, terdapat paling tidak lebih dari 6mg zat besi. Anda dapat mengonsumsinya dengan cara ditumis atau direbus untuk memudahkan tubuh saat menyerap nutrisi yang terdapat di dalamnya.
  • Tiram, kerang dan cumi-cumi adalah hidangan laut yang bisa memenuhi kebutuhkan zat besi pada tubuh Anda. 1 tiram dengan ukuran sedang, bahkan memberikan kurang lebih 5 mg zat besi. Tiram juga mengandung beberapa nutrisi penting misalnya zinc dan vitamian B12. Apabila Anda tidak menyukai tiram, Anda dapat mengantinya dengan salmon ataupun tuna.
  • Hati mengandung vitamin C, vitamin A dan protein. Namun konsumsilah secukupnya saja. Sebab, jika terlalu banyak mengonsumsinya bisa meningkatkan kolesterol dan bagi ibu hamil, vitamin A yang tinggi berbahaya untuk janin. Jadi perhatikan kadarnya dalam mengonsumsi makanan ini.

Mengingat beberapa alasan pentingnya zat besi untuk tubuh, sejak sekarang mulailah untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian Anda dengan mengonsumsi dan mengolah beberapa kelompok makanan yang kaya zat besi.

Related Assets