Asset Publisher

Asset Publisher

null Resep Keluarga Sejahtera, Atur Keuangan Tepat Guna
Berita

Perencanaan keuangan yang baik adalah fondasi utama untuk kesehatan keuangan dan kesejahteraan kita di masa depan lho! Mari kita atur keuangan agar tepat guna dalam kehidupan dengan cara-cara berikut:

  • Kenali Kondisi Keuangan: Catat apa saja yang kita miliki, mulai dari uang, hingga harta berharga lainnya seperti perhiasan, rumah, tanah, tabungan, dan lain-lain. Jangan lupa mencatat utang yang kita miliki, seperti kredit kendaraan atau properti.  
  • Bedakan Kebutuhan & Keinginan: Butuh beli mobil baru untuk memulai bisnis atau karena ingin saja karena sebagian orang membeli mobil merek tersebut? Di sini kita harus hati-hati memutuskannya.  
  • Buat Tujuan Keuangan: Susun prioritasnya dengan bijak ya agar fokus dengan impian dan rencana masa depan kita. Misalnya, melunasi cicilan rumah dalam 10 tahun atau menyiapkan dana pendidikan dalam 5 tahun ke depan. 
  • Siapkan Rencana Anggaran Keuangan: Formula rencana anggaran yang dianjurkan adalah 10:20:30:40 dari pendapatan yang kita miliki dengan 10% untuk bersedekah & dana darurat, 20% untuk tabungan, investasi, dan asuransi, 30% untuk cicilan utang, dan 40% untuk biaya rumah tangga.  
  • Cari Sumber Penghasilan Tambahan: Cupcake atau nasi kebuli buatan Anda terkenal enak? Coba deh dibuat bisnis kecil-kecilan untuk menambah penghasilan. 
  • Sisihkan Uang untuk Dana Darurat: Kita tidak pernah tahu kapan kondisi krisis terjadi, sehingga menyisihkan sebagian dana secara berkala untuk kedaruratan jangan dilupakan. 
  • Evaluasi Keuangan Berkala: Setiap akhir tahun, kita buat evaluasi yuk apakah kita sudah konsisten menerapkan pengelolaan keuangan kita.

Pastikan juga diri kita terlindungi selama kita mempersiapkan masa depan dengan perencanaan keuangan yang cermat dengan Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera – Solusi Perlindungan Asuransi Masa Depan (konvensional) & Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah – Solusi Perlindungan Asuransi Masa Depan Syariah (syariah) dari AXA Mandiri. Cek informasi produk ini di https://bit.ly/AMPSHariTua dan https://bit.ly/AMPSSHariTua atau hubungi Customer Care kami di 1500-803, atau tanyakan kepada financial advisor AXA Mandiri di cabang Bank Mandiri atau Bank Syariah Indonesia terdekat. 

Sumber: Sikapiuangmu, Cermati

Silakan unduh artikel di sini

Related Assets

Related Assets