Asset Publisher

Asset Publisher

null Tips Meredakan Tingkat Stres yang Berbahaya Bagi Tubuh
Inspirasi

Kondisi stres bisa muncul setiap saat dengan berbagai tingkat intensitas yang berbeda pada setiap orang. Misalnya saja terkait masalah keluarga, masalah pekerjaan, hingga masalah keuangan. Bahkan stres dapat memengaruhi kondisi kesehatan Anda. Secara fisiologis, stres merupakan bentuk respon tubuh Anda terhadap situasi yang mengancam kehidupan. Apabila Anda merasa terancam, sistem saraf Anda merespon dengan cara melepaskan hormon stres seperti adrenalin dan kortisol. Dalam situasi darurat, sebenarnya stres dapat membantu Anda tetap waspada, dan memberi Anda kekuatan lebih untuk keluar dari bahaya. Namun, jika tidak disikapi dengan baik justru bisa mengganggu kesehatan Anda, bahkan dapat stres dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit kritis seperti penyakit jantung dan diabetes.

Cobalah beberapa teknik berikut ini untuk membantu meredakan tingkat stres berlebih.

  • Fokus pada napas Anda
    Pada dasarnya pikiran secara langsung berhubungan dengan napas Anda. Bila Anda mulai merasa cemas, kemungkinan besar Anda bernapas terlalu cepat. Atasi dengan memperlambat napas Anda demi menyeimbangkan pikiran caranya menghirup selama hitungan 5 detik, kemudian menahan napas selama 5 detik, dan buang napas selama 5 detik.
  • Berusaha tetap tenang
    Tenangkan pikiran serta tubuh Anda kembali dengan menyeimbangkan energi Anda. Gunakanlah sebuah teknik yoga kuno untuk mendinginkan pikiran dan tubuh yang bernama pranayam shitali. Bukalah mulut Anda sedikit sambil menggulung lidah Anda. Apabila Anda tidak dapat menggulung lidah, tarik napas melalui mulut berbentuk huruf O. Bernapaslah melalui mulut lalu keluarkan melalui hidung. Terapkan teknik ini selama 2-3 menit.
  • Berikan jeda
    Bila Anda bereaksi terlalu cepat selama situasi stres, bisa menimbulkan kemungkinan Anda akan melakukan sebuah hal yang bisa membuat Anda menyesal. Sebaiknya ubah pola pikir dan segera luangkan waktu sejenak atau beri jeda pada diri sendiri untuk bernapas dan menenangkan diri. Barulah setelah itu Anda dapat merespon secara lisan atau mengambil tindakan.
  • Nikmati alam bebas
    Menyegarkan diri di alam bebas bisa menjadi salah satu cara terbaik menenangkan diri secara instan. Anda bisa duduk di pantai untuk mendengar gelombang ombak, berjalan menyusuri hutan, mendaki gunung, atau mendengarkan suara air terjun. Dengan demikian pikiran Anda akan kembali ke dalam perspektif yang positif.
  • Olahraga ringan
    Olahraga memiliki peran dalam melepaskan adrenalin alami dan endorfin yang membuat tubuh Anda akan merasa lebih baik. Olahraga memang dapat membuat tubuh lebih fit, sekaligus melancarkan peredaran darah. Berolahragalah di waktu makan siang Anda, hal ini juga memungkinkan Anda untuk tetap fokus dan tenang saat Anda harus kembali bekerja.
  • Mandi air dingin
    Hidroterapi merupakan sebuah ilmu yang tepat dan bermanfaat bagi tubuh serta pikiran, langkah ini juga dipercaya ampuh mengurangi stres. Cobalah untuk mandi dengan air bersuhu dingin agar tekanan darah Anda kembali normal. Selain itu juga dapat memperlancar kerja sistem kelenjar. Mulailah dengan menuangkan air dari kaki, tangan dan lengan.
  • Mendengarkan musik santai
    Musik bisa dimanfaatkan sebagai kekuatan untuk langsung mengubah energi. Pilih dan dengarkan musik yang dapat membantu menciptakan pikiran yang lebih positif. Terkadang stres timbul karena Anda memiliki pola pikir negatif. Beristirahat sambil mendengarkan musik dan syukuri segala hal yang Anda miliki dalam hidup, stres pun akan mereda.

Redakan tingkat stres yang menghampiri Anda agar tidak membawa penyakit dan kondisi serius lainnya. Hidup memang penuh dengan tantangan yang harus dihadapi, jadikan tantangan tersebut langkah Anda menuju kesuksesan.

Related Assets