Asset Publisher

Asset Publisher

null Unit Syariah AXA Mandiri Salurkan Sebagian Dana Surplus Underwriting Senilai Rp 876 Juta untuk Dana Sosial
Siaran Pers

JAKARTA, 24 SEPTEMBER 2019 — PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) unit Syariah kembali mewujudkan komitmennya dalam menjalankan amanah para pemegang polis asuransi syariah dengan menyerahkan sebagian surplus underwriting atau selisih lebih dana tabarru yang berasal dari kontribusi pemegang polis Syariah, senilai lebih dari Rp. 876 juta, untuk disalurkan sebagai dana sosial.

Director of Sales AXA Mandiri, Henky Oktavianus mengatakan, dana surplus underwriting adalah selisih antara pendapatan dan pengeluaran Dana Tabarru’ untuk tahun berjalan sebagaimana ditetapkan dalam Polis. Biasanya selisih dari kontribusi para peserta asuransi syariah ke dalam Dana Tabbaru ini didapatkan setelah dikurangi pembayaran santunan atau klaim kontribusi asuransi dan penyisihan teknis dalam satu periode tertentu. “Kami bersyukur hingga saat ini masih dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penyaluran sebagian dana surplus underwriting,” ujar Henky.

Henky menambahkan, tahun ini sebagian dana surplus underwriting sebesar lebih dari Rp 876 juta, meningkat dari tahun 2018 yang sebesar Rp. 847 juta, disalurkan oleh Unit Syariah AXA Mandiri melalui BAZNAS kepada tiga lembaga pengelola zakat, infaq dan sadaqah yakni Islamic Dakwah Fund (IDF), Dompet Dhuafa dan Mandiri Amal Insani. Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan komplek pendidikan wirausaha khusus kaum dhuafa wanita yang berlokasi di Tangerang, pengadaan air bersih di beberapa wilayah di Indonesia dan pembangunan hunian sementara (huntara) bagi para Dai yang kehilangan rumah akibat bencana Tsunami dan Likuifaksi di Palu, yang dapat dihuni oleh para dai hingga kondisi keuangan mereka kembali pulih. Pembangunan huntara ini bekerja sama dengan Islamic Dakwah Fund (IDF) yang berada di bawah naungan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Ketua Umum MUI yang sekaligus Ketua Dewan Pembina IDF MUI, Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin yang turut hadir pada acara penyerahan surplus underwriting ini mengatakan, “Kami berterima kasih dan mendukung penuh upaya Unit Syariah AXA Mandiri dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penyaluran dana surplus underwriting ini, yang tentunya akan dipergunakan dengan sebaikbaiknya demi kemaslahatan umat.” Sejak tahun 2012 Unit Syariah AXA Mandiri telah menyalurkan sebagian dana surplus underwriting kepada BAZNAS yang digunakan untuk pemenuhan kebutuhan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Program-program yang dijalankan di antaranya adalah bidang pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, dan kemanusiaan.

Sementara itu, Ketua BAZNAS, Prof. Dr. Bambang Sudibyo MBA menyampaikan apresiasi atas komitmen Unit Syariah AXA Mandiri menyalurkan dana surplus underwriting melalui BAZNAS demi kemaslahatan umat. “Kami sangat mengapresiasi dan terus mendukung komitmen AXA Mandiri untuk menghibahkan dana surplus underwriting demi kebaikan masyarakat luas. Kerja sama ini sangat penting bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program-program ketiga lembaga ini. Kami mengharapkan kerja sama yang baik dapat terjalin secara berkelanjutan agar dapat menjadi contoh bagi perusahaan sektor swasta lain untuk melakukan kegiatan positif yang serupa,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Chief of Sharia AXA Mandiri, Srikandi Utami mengatakan, “Kami berharap dana yang kami salurkan tahun ini melalui BAZNAS kepada tiga lembaga pengelola dompet kemanusiaan tersebut, dapat memperluas jangkauan Unit Syariah AXA Mandiri dalam membantu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia, sejalan dengan tujuan perusahaan yakni Empower People to Live a Better Life.”

Pada tahun 2018, Unit Syariah AXA Mandiri telah memberikan perlindungan asuransi syariah melalui lebih dari 58 ribu polis asuransi. Sedangkan dari sisi pendapatan kontribusi, di tahun 2018 Unit Syariah AXA Mandiri mencatatkan pendapatan kontribusi sebesar lebih dari Rp 464 miliar. “Melalui jumlah polis asuransi yang tercatat sepanjang tahun 2018 lalu bukan hanya menjadi pencapaian bagi perusahaan, tetapi lebih dari itu. Hal ini berarti bahwa semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya perlindungan dan perencanaan keuangan masa depan,” tambah Srikandi.

Unit Syariah AXA Mandiri melalui berbagai macam produk asuransi Syariah, seperti Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah dan Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah telah memenuhi kebutuhan perlindungan yang tentunya bebas dari riba bagi keluarga muslim. “Selain meningkatkan pelayanan dan pilihan perlindungan, kami juga terus mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya memiliki asuransi. Dengan demikian kami berharap bahwa semakin banyak masyarakat yang memahami pentingnya memiliki asuransi, maka akan lebih banyak keluarga Indonesia yang terlindungi”,

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) merupakan perusahaan patungan antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan National Mutual International Pty. Limited (AXA) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). AXA Mandiri unit Syariah mampu mempertahankan posisinya sebagai pemimpin di jalur distribusi bancassurance dengan menguasai 16% persen pangsa pasar dan telemarketing dengan menguasai 24% pangsa pasar berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia pada akhir tahun 2018.

AXA Mandiri yang menjalankan model bisnis bancassurance memiliki jalur distribusi in-branch, telemarketing dan korporasi. Pemasaran produk dilakukan melalui lebih dari 2.000 Financial Advisor di lebih dari 1.100 cabang Bank Mandiri dan 270 cabang Bank Syariah Mandiri di seluruh Indonesia, serta didukung lebih dari 500 Sales Officer pada jalur telemarketing dan korporasi. AXA Mandiri juga telah memanfaatkan dunia digital untuk penjualan produk secara online, serta memberikan pelayanan purna jual untuk nasabah.

AXA Mandiri telah meraih sejumlah penghargaan di antaranya PUJK Ter-Responsif dalam melakukan Perlindungan Konsumen Kategori Sektor Perasuransian oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Indonesia Trusted Company tahun 2016 hingga 2018 oleh IICG (The Indonesian Institute for Corporate Governance) yang bekerja sama dengan Majalah SWA, Branding Campaign of the Year 2018 oleh Markplus.Inc, Contact Center Service Excellent oleh Majalah Service Excellent Magazine dan Best Sharia Award oleh Majalah Infobank, keduanya selama tiga tahun berturut-turut, yakni tahun 2016-2018 dan penghargaan-penghargaan lainnya.

Untuk Info Lebih Lanjut, hubungi:
Luile Retno Sawitri Website : www.axa-mandiri.co.id
Corporate Communications & Event Management Twitter : @AXA_Mandiri
Telp. (021) 3005 8888 Facebook : AXA Mandiri
Fax. (021) 3005 8500 Instagram : @AXAMandiri
Email: luile.sawitri@axa-mandiri.co.id

Related Assets