Asset Publisher

Asset Publisher

null Ini Dia Cara Mengatur Keuangan Buat Keluarga Muda agar Gajian Tidak Numpang Lewat
Inspirasi

Membina rumah tangga muda merupakan petualangan baru yang sangat menantang untuk dua insan manusia. Didasari cinta yang tulus, kelancaran rumah tangga yang dibina juga akan bergantung pada komitmen dan kemampuan untuk menerapkan cara mengatur keuangan yang efektif.

Di era yang serba modern, dengan segala kemudahan dan tantangan dalam mengelola keuangan rumah tangga, Anda wajib benar-benar cermat dalam sektor finansial. Perencanaan yang baik dan eksekusi yang disiplin jadi kunci memiliki keuangan yang sehat setelah menikah.

Masalah finansial dalam rumah tangga

Katakanlah semua urusan pesta pernikahan telah selesai dibereskan dan Anda mulai menatap hari baru bersama pasangan. Mengacu pada artikel pina.id, ada beberapa tantangan yang harus disadari akan hadir cepat atau lambat dan memerlukan sikap yang tepat dalam menghadapinya.

1. Mengenai utang

Mengacu pada Pasal 35 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan atau biasa dikenal dengan UU Perkawinan, harta yang diperoleh selama perkawinan menjadi harta bersama dan harta bawaan dari masing-masing suami dan istri dan harta benda yang diperoleh masing-masing sebagai hadiah atau warisan adalah di bawah penguasaan masing-masing sepanjang para pihak tidak menentukan lain.

Perlu diingat, yang dimaksud dalam pasal ini tidak sekedar harta benda saja, namun juga utang yang muncul dalam masa pernikahan sesuai dalam lanjutannya di Pasal 136 Kitab Undang-Undang Hukum perdata. Jadi pastikan Anda membicarakan pengelolaan utang kini dan nanti dengan pasangan agar semua bisa tetap dibayarkan tepat waktu dan tidak membuat kondisi finansial menjadi goyah.

2. Pemahaman terhadap konsep finansial

Dalam salah satu artikel yang disadur dari pina.id dijelaskan bahwa perbedaan pemahaman pada konsep finansial bisa menjadi tantangan yang cukup berat. Anda dan pasangan harus menyelaraskan pemahaman finansial terlebih dahulu dan menyepakati banyak hal agar keuangan dapat dikelola dengan kompak.

Berkonsultasi dengan ahli keuangan akan menjadi langkah yang cukup tepat untuk membantu penyelarasan ini. Jika didasari dengan pemahaman yang selaras, maka kekompakan bisa tercipta dengan cukup mudah.

3. Merencanakan dan menetapkan tujuan keuangan

Cara mengatur keuangan tidak hanya dilakukan dalam jangka pendek saja, namun juga wajib dipikirkan mengenai rencana jangka panjang. Mengenai masa depan anak di kemudian hari, pendidikannya, rencana investasi, dan lain sebagainya, harus dibicarakan dan disepakati bersama.

Fokus kedua pihak akan dapat diintegrasikan sehingga tujuan keuangan yang direncanakan bisa tercapai dengan lebih mudah. Ingat, kedisiplinan akan jadi kuncinya. Jadi sebagai pasangan, Anda harus saling mengingatkan satu sama lain.

4. Adanya perbedaan jumlah pendapatan

Menjadi salah satu masalah yang cukup klasik, namun tetap tidak boleh disepelekan. Meski kini masyarakat telah berada di era yang lebih terbuka terkait hal ini, kesepakatan kedua pihak, suami dan istri, harus tetap menjadi pegangan utamanya.

Sekali lagi, bicarakan dengan baik dan temukan kata sepakat untuk pengelolaan keuangan. Bagaimanapun juga, dalam rumah tangga, kontribusi masing-masing pihak tetap diperlukan dalam porsi yang tepat sehingga rumah tangga bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Cara efektif mengatur keuangan keluarga

Masalah atau tantangan yang disajikan di atas tidak kemudian pasti ditemukan dalam setiap rumah tangga, namun secara garis besar dapat mewakili tantangan yang harus dipahami bersama. Dengan memahami hal tersebut, Anda bisa menerapkan cara mengatur keuangan yang dilansir dari berbagai sumber dengan lebih efektif bersama pasangan.
 
Beberapa cara mengatur keuangan yang dapat digunakan antara lain adalah sebagai berikut.

1. Miliki rencana bersama dengan pasangan

Serupa dengan poin ketiga di bagian sebelumnya, salah satu cara mengatur keuangan untuk pasangan atau keluarga muda adalah memiliki rencana dan tujuan bersama untuk keluarga Anda. Penetapan tujuan dan penyusunan rencana ini sebaiknya dilakukan dengan kesadaran penuh pada kapasitas masing-masing dan akan lebih baik jika dilakukan bersama dengan penasehat keuangan.

Cara Efektif Mengatur Keuangan Keluarga

Target yang masuk akal akan memberikan motivasi kuat bagi setiap pihak untuk mewujudkannya. Buat beberapa poin untuk kepentingan bersama sehingga Anda dan pasangan bisa memperoleh achievement yang bisa dibanggakan di kemudian hari.

2. ‘Melek’ pada produk keuangan

Menyadari bahwa terdapat cukup banyak produk keuangan yang dapat menjadi cara berinvestasi dan membantu mewujudkan tujuan keuangan di masa depan menjadi cara berikutnya. Jangan sampai Anda merasa antipati pada produk keuangan karena kabar burung yang beredar dan bernilai negatif.

Anda bisa dengan mudah menghubungi financial advisor yang terpercaya untuk berkonsultasi mengenai hal ini. Pemilihan instrumen investasi yang tepat dapat membantu mencapai tujuan keuangan untuk masa depan keluarga Anda.

3. Pengeluaran yang selalu terencana

Pastikan semua jenis pengeluaran yang Anda dan pasangan lakukan sudah terencana dan tidak mengganggu dana investasi atau dana simpanan. Selain merencanakan semua pengeluaran yang akan terjadi dalam jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, sediakan juga dana darurat sebagai cadangan ketika memerlukan jumlah dana yang besar.

Anda juga disarankan memiliki produk asuransi yang tepat untuk membantu mengatasi risiko finansial dari hal tidak terduga ini. Misalnya saja asuransi yang memberikan manfaat tunai untuk biaya perawatan penyakit kronis, rawat inap di rumah sakit, dan lain sebagainya. Memiliki produk asuransi yang tepat akan membantu Anda untuk menjaga keuangan tetap stabil, meski hal tidak terduga terjadi secara mendadak.

4. Komitmen, disiplin, dan saling menguatkan

Meski perencanaan sudah dilakukan sedemikian rupa, akan ada saja tantangan tambahan yang hadir untuk menguji komitmen Anda. Di sinilah diperlukan kekuatan komitmen bersama, disiplin, dan saling menguatkan antara Anda dan pasangan.

Anggap saja semua sebagai tantangan dalam rumah tangga yang jika diselesaikan akan membawa Anda ke level kehidupan yang lebih tinggi. Dengan demikian, kerjasama akan terbangun dengan baik. Pastikan komunikasi senantiasa berjalan dengan efektif dan produktif sehingga semua masalah bisa dibicarakan dengan baik-baik dan kepala dingin.

Dengan mengatur keuangan secara baik, tentunya akan membuat Anda dan pasangan memiliki keluarga yang bahagia dan aman secara finansial. Selain mengatur keuangan, memiliki asuransi untuk perlindungan diri sendiri dan keluarga juga tak kalah penting. Hal ini karena memiliki produk asuransi yang tepat dapat membantu Anda mencegah risiko keuangan di masa depan akibat risiko kesehatan yang mungkin terjadi. Misalnya saja, tabungan yang telah dikumpulkan dengan pasangan harus habis untuk membayar biaya rumah sakit, pengobatan penyakit kritis yang harus segera ditangani, dan lain sebagainya.

Untuk membantu Anda menghadapi berbagai risiko keuangan yang dapat mengancam kondisi keuangan inilah memiliki produk asuransi dari AXA Mandiri, seperti Asuransi Mandiri Elite Plan - Prime atau Asuransi Mandiri Elite Plan - Protection adalah cara yang bijak. Produk asuransi ini dapat membantu Anda mencegah risiko keuangan yang mungkin muncul di masa depan. Hal ini akan membuat berbagai rencana masa depan seperti menyekolahkan anak, pernikahan anak, perjalanan ibadah, hingga dana pensiun, tetap dapat berjalan sesuai rencana.

Anda dapat memperoleh informasi lengkap mengenai berbagai Asuransi Mandiri Elite Plan - Prime atau Asuransi Mandiri Elite Plan - Protection melalui website resmi AXA Mandiri, atau menghubungi Financial Advisor AXA Mandiri di kantor cabang Bank Mandiri dan Bank Syariah Indonesia terdekat, atau dengan menghubungi contact center AXA Mandiri 1500803. Dapatkan proteksi asuransi untuk Anda dan seluruh anggota keluarga dari AXA Mandiri dan berikan proteksi terbaik untuk berbagai risiko yang mungkin muncul di masa depan!

Sumber:

  • https://blog.amartha.com/6-cara-mengatur-keuangan-yang-tepat-untuk-keluarga-muda/
  • https://pina.id/classroom/detail/hindari-konflik-ini-cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga-setelah-menikah
  • https://www.finansialku.com/perencanaan-keuangan-untuk-pasangan-muda/