Asset Publisher

Asset Publisher

null Merokok Sama Sekali Tidak Keren. Berikut Faktanya!
Inspirasi

Merasa sehat belum tentu bebas penyakit, beberapa penyakit seperti kanker, jantung dan stroke sering kali diketahui terlambat. Salah satu pemicunya adalah rokok.

Menurut WHO, tiga juta orang mengalami kematian dini setiap tahunnya terkait konsumsi tembakau yang menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke, penyebab kematian utama di dunia, demikian bunyi pernyataan tersebut, menandai Hari Tanpa Tembakau Dunia tahun lalu. Kematian tersebut termasuk 890.000 kematian para perokok pasif.

Selain fakta yang disuguhkan WHO tersebut, tentunya ada banyak lagi fakta lain tentang tidak kerennya merokok, simak beberapa faktanya:

  1. Secondhand smoke (asap rokok yang terpaksa dihisap non-perokok) meningkatkan risiko kanker paru-paru sebesar 15% dan risiko penyakit jantung sebesar 30%.
  2. Saat seseorang merokok dalam ruangan, karbonmonoksida, nikotin, bensin dan partikel halus lain akan menjadi polusi udara. Perokok pasif yang berada dalam ruangan menghirup komponen bensin (dari rokok) lebih banyak daripada saat ia mengisi bensin mobil di pom bensin dalam durasi waktu yang sama.
  3. Anak-anak dari orang tua perokok berisiko menderita asma dan penyakit pernapasan lain.
  4. Beberapa kota yang memberlakukan larangan merokok di tempat umum dan tempat kerja, kejadian serangan jantung warganya menurun dalam waktu setahun.

Perokok pasif

Jika melihat fakta di atas, bukanya hanya perokok aktif yang punya risiko penyakit kritis seperti paru-paru dan jantung. Mungkin saja angka 15% atau 30% risiko terkena penyakit kritis tersebut sudah bertambah. Sekarang bagaimana caranya untuk mengetahui kondisi kesehatan saat ini.

Medical Check-up, adalah cara yang efektif, kita bisa diketahui kondisi yang meningkatkan risiko terkena penyakit kritis. Dengan begitu, penyakit bisa dicegah atau ditunda munculnya. Selain itu, pola hidup sehat sebagai pencegahan juga harus terus dijalani. Jika ingin lebih terlindungi lagi, segera temukan solusi perlindungan kesehatan atau solusi perlindungan penyakit kritis.

Related Assets