Asset Publisher

Asset Publisher

null Tips Memilih Asuransi Jiwa
Inspirasi Berita

Tidak ada satupun hal yang pasti di dunia ini. Mungkin saja hari ini Anda dalam kondisi baik, namun apakah Anda bisa menjamin kondisi Anda akan tetap baik di kemudian hari? Ketidakpastian inilah yang perlu Anda sadari untuk mulai mempertimbangkan memiliki asuransi, khususnya asuransi jiwa.

Kapan harus memiliki asuransi jiwa?

Dikutip dari cnbcindonesia.com, asuransi jiwa adalah produk keuangan yang memberikan perlindungan atas kerugian keuangan kepada ahli waris dan keluarga jika tertanggung asuransi meninggal dunia atau mengalami cacat tetap total. Asuransi inilah yang akan membantu mempersiapkan dana waris untuk bekal kehidupan ahli waris yang ditinggalkan, sekaligus sebagai pelindung penghasilan bagi keluarga yang ditinggalkan apabila terjadi hal-hal buruk yang menimpa tertanggung asuransi.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk membeli asuransi jiwa? Menurut Aulia Akbar, perencana keuangan sekaligus Financial Educator Lifepal yang dikutip dari Kompas.com, di bawah ini adalah penjelasan mengenai saat yang tepat untuk memiliki asuransi jiwa.

1. Ketika telah memiliki tanggungan

Jika Anda merupakan tulang punggung keluarga dan telah memiliki tanggungan, baik anak atau orang tua. Asuransi jiwa bisa menjadi proteksi yang memberikan keamanan finansial bagi keluarga jika Anda mengalami risiko tak terduga sehingga sudah tidak lagi bisa mencarikan nafkah.

Asuransi jiwa bisa melindungi masa depan orang-orang yang Anda tanggung. Misalnya bagi anak Anda, asuransi jiwa bisa dimanfaatkan sebagai proteksi dana pendidikan untuk mereka melanjutkan studi di masa depan.


Baca juga: Ingin Buktikan Cinta ke Keluarga, Jangan Lupa Daftar Asuransi Jiwa! 


2. Saat sudah memiliki jaminan kesehatan

Bukan rahasia lagi bahwa biaya kesehatan terus mengalami kenaikan seiring dengan berjalannya waktu. Biaya pengobatan ketika sakit juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu Anda membutuhkan jaminan kesehatan.

Jaminan kesehatan merupakan kebutuhan proteksi paling mendasar, baik berupa BPJS Kesehatan atau asuransi kesehatan. Dengan adanya jaminan kesehatan, maka Anda bisa melindungi diri dari risiko kesehatan yang tidak terduga yang secara tidak langsung akan melindungi finansial dan keluarga. Ketika Anda telah memiliki jaminan kesehatan, maka Anda baru bisa memprioritaskan asuransi jiwa.

Cara memilih asuransi jiwa yang tepat

Setelah Anda mengetahui waktu yang tepat untuk memiliki asuransi jiwa, kini saatnya mengetahui bagaimana cara memilih asuransi jiwa yang tepat. Menurut Kontan, ada beberapa poin yang bisa menjadi landasan untuk memilih asuransi jiwa dengan tepat dan sesuai kebutuhan Anda dan keluarga, yaitu:

  • Pastikan uang pertanggungan yang dipilih sudah tepat dan sesuai tujuan Anda.
  • Fokuslah pada asuransi jiwa yang bisa memberikan Anda proteksi maksimal.
  • Jika belum memiliki tanggungan atau belum berkeluarga, ada baiknya untuk mengalokasikan dana untuk proteksi lain seperti proteksi kesehatan atau investasi yang lebih menguntungkan.

Baca juga: Ingin Membeli Asuransi Sekaligus Investasi? Ini Dia Jenis-Jenisnya!


Asuransi jiwa merupakan salah satu rencana darurat yang sangat dibutuhkan ketika terjadi risiko kematian. Karena itu, jangan sampai salah dalam memilih asuransi jiwa. Hindari untuk berfokus pada premi yang murah atau uang pertanggungan yang besar. Perhatikan beberapa faktor di bawah ini sebelum memilih atau membeli asuransi jiwa yang sesuai. 

Tips memilih asuransi jiwa

1. Premi asuransi jiwa murah

Salah satu faktor yang mempengaruhi harga premi adalah jenis asuransi yang dipilih. Jika Anda menginginkan premi asuransi yang murah, Anda bisa memilih asuransi jiwa tradisional. Namun, jika Anda ingin asuransi sekaligus investasi, Anda bisa memilih Produk Asuransi yang Dikaitkan dengan Investasi (PAYDI).

Anda bisa memilih asuransi jiwa tradisional Asuransi Mandiri Secure Life atau Asuransi Mandiri Secure Wealth dari AXA Mandiri sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Sedangkan untuk asuransi jiwa PAYDI dari AXA Mandiri, Anda bisa memilih Asuransi Mandiri Investasi Prestise, Asuransi Mandiri Elite Plan, Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera - Solusi Perlindungan Jiwa, atau Asuransi Mandiri Legacy Plan.

Apapun produk asuransi yang Anda pilih, pastikan proteksi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, hindari juga untuk memilih asuransi berdasarkan premi yang murah saja namun tidak memiliki perlindungan yang Anda butuhkan.

Tips Memilih Asuransi Jiwa

2. Uang pertanggungan tinggi

Jika tujuan memiliki asuransi adalah ingin melindungi kehidupan keluarga setelah Anda sebagai tertanggung asuransi meninggal dunia, maka uang pertanggungan asuransi harus disesuaikan setidaknya cukup untuk kehidupan keluarga 1 tahun ke depan. Begitu juga jika tujuan asuransi jiwa adalah untuk melindungi dana pendidikan anak-anak, maka uang pertanggungan harus bisa meng-cover biaya pendidikan anak sampai lulus kuliah.

3. Menyediakan rider tertentu

Asuransi jiwa biasanya akan menawarkan proteksi tambahan untuk melindungi kesehatan keluarga. Artinya, paket asuransi ini memberikan rider atau perlindungan tambahan yang bisa dipilih untuk memberikan proteksi jika keluarga harus rawat inap di rumah sakit. Jenis produk ini berbeda dengan jenis asuransi jiwa PAYDI maupun endowment.

4. Terdaftar di Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia

Pastikan perusahaan asuransi jiwa yang akan Anda pilih telah terdaftar di Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI )sehingga perusahaan terbukti kredibel karena masih memiliki izin usaha dari pemerintah. 

Setelah mengetahui kapan harus memiliki dan cara memilih produk asuransi yang tepat, pastikan juga Anda memilih produk asuransi jiwa dari AXA Mandiri. Anda bisa memilih berbagai produk asuransi jiwa yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan keluarga, baik asuransi jiwa konvensional maupun asuransi jiwa syariah.

Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai berbagai macam produk asuransi jiwa dari AXA Mandiri, silakan langsung kunjungi website AXA Mandiri atau hubungi Financial Advisor AXA Mandiri dengan mengunjungi Kantor Cabang Bank Mandiri atau Bank Syariah Indonesia terdekat atau menghubungi contact center AXA Mandiri di 1500803.

 

Sumber:

  • https://money.kompas.com/read/2021/09/30/134827326/kapan-waktu-yang-tepat-milenial-punya-asuransi-jiwa?page=all
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/cara-memilih-asuransi-jiwa-terbaik-sesuai-kebutuhan-anda
  • https://www.cnbcindonesia.com/mymoney/20220405131219-72-328930/hal-hal-yang-perlu-diketahui-sebelum-memiliki-asuransi-jiwa