Asset Publisher

Asset Publisher

null Begini Cara Menghemat Uang THR Agar Lebih Bermanfaat
Inspirasi Ramadan

Menerima uang Tunjangan Hari Raya (THR) adalah momen yang dinanti-nantikan banyak orang yang bekerja kantoran namun seringkali uang tersebut habis tanpa sisa. Padahal dengan sedikit perencanaan dan kebijaksanaan, uang THR dapat dihemat dan bahkan diinvestasikan untuk masa depan yang lebih baik. Lantas bagaimana cara menghemat uang setelah menerima uang THR?

 

Belajar dari “kakeibo”, metode penganggaran uang ala Jepang

Dikutip dari laman CNBC, Jepang mempunyai metode penganggaran keuangan yang disebut “kakeibo”. Kakeibo artinya buku besar keuangan rumah tangga yang diciptakan oleh seorang wanita bernama Hani Motoko tahun 1904. Apa saja prinsip utama dari kakeibo ini? Ternyata dalam kakeibo, Anda hanya harus bertanya pada diri sendiri tentang hal-hal ini:

  1. Bisakah saya hidup tanpa barang tersebut?
  2. Berdasarkan situasi keuangan saya, dapatkah saya membelinya?
  3. Apakah saya benar-benar akan menggunakannya?
  4. Di mana saya lihat barang itu pertama kali? (di majalah atau saat berkeliling toko suvenir saat bosan?)
  5. Bagaimana keadaan emosi saya secara umum hari ini? (Tenang? Tertekan? Merasa buruk?)
  6. Bagaimana perasaan saya jika membelinya? (Senang? Biasa saja? Dan berapa lama perasaan ini akan bertahan?)

Dengan menggunakan pendekatan bertanya pada diri sendiri, kakeibo menjadi lebih efisien dalam membantu pengelolaan keuangan Anda daripada metode lain yang mungkin tidak berhasil. Hal ini dikarenakan Anda harus banyak menemui pertimbangan sebelum melakukan pembelian. Dengan demikian, kemungkinan Anda dapat mengatasi kecemasan keuangan dengan lebih baik serta memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Sebagai akibatnya, Anda menjadi lebih terampil dalam membuat keputusan yang lebih cepat, cerdas, dan logis ketika mengalokasikan uang. Begitu halnya saat menerima uang THR, Anda akan lebih mudah mengendalikan diri dan memilih jalan penghematan.

 

Cara menghemat uang dengan cerdas

Belajar dari Negeri Sakura dengan kakeibo-nya, Anda juga bisa memulai strategi mengendalikan diri perihal keuangan. Namun ternyata bukan sekedar menghemat uang, dalam perjalanannya, Anda perlu strategi yang cerdas untuk bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Berikut 6 cara menghemat uang dengan sederhana namun cerdas:

1. Buat rencana pengeluaran yang realistis 

Langkah pertama untuk menghemat saat menerima uang THR adalah dengan membuat rencana pengeluaran yang bijak. Tentukan prioritas pengeluaran Anda seperti kebutuhan sehari-hari, tagihan, dan utang yang harus dibayar terlebih dahulu. Kemudian alokasikan sisa uang untuk hal-hal yang bersifat keinginan atau hiburan. Dengan memiliki rencana yang jelas, Anda dapat menghindari pengeluaran yang tidak perlu dan menghemat uang untuk keperluan yang lebih penting.

2. Simpan sebagian uang THR untuk dana darurat

Saat menerima uang THR, pertimbangkan untuk menyisihkan sebagian untuk dana darurat. Dana darurat sangat penting untuk melindungi Anda dari kejadian tak terduga seperti kehilangan pekerjaan, kecelakaan, atau sakit yang memerlukan biaya pengobatan yang besar. Dengan memiliki dana darurat yang cukup, Anda dapat menghindari masalah keuangan yang timbul akibat kejadian tak terduga dan menjaga kestabilan keuangan.

3. Kurangi pengeluaran yang tidak penting

Tinjau kembali kebiasaan pengeluaran dan identifikasi area di mana Anda bisa menghemat, misalnya mungkin bisa membatasi makan di luar atau mengurangi langganan streaming yang tidak terpakai. Setiap penghematan, sekecil apapun, bisa membantu mengumpulkan uang untuk masa depan.

4. Manfaatkan diskon atau promo

Memanfaatkan diskon dan promo adalah cara cerdas untuk menghemat uang tanpa mengorbankan kualitas hidup Anda. Cari promo di supermarket atau restoran yang sering Anda kunjungi, dan pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi cashback atau kartu kredit dengan program reward yang menguntungkan.

5. Prioritaskan menabung untuk masa depan

Menghemat uang bukan hanya tentang menyisihkan uang untuk kebutuhan sehari-hari, tetapi juga tentang menabung untuk masa depan yang lebih baik. Tetapkan tujuan tabungan jangka panjang seperti dana darurat, dana kesehatan, pendidikan anak, atau pensiun, dan sisihkan sebagian dari pendapatan bulanan untuk mencapainya.

6. Mempersiapkan dana asuransi

Salah satu cara terbaik untuk menggunakan uang THR Anda adalah dengan membeli asuransi untuk masa depan yang lebih aman dan stabil. Asuransi memiliki berbagai macam manfaat, salah satunya adalah perlindungan finansial bagi diri sendiri dan keluarga saat terjadi risiko yang dijamin di dalam perjanjian asuransi serta investasi jangka panjang dalam bentuk PAYDI (produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi) yang dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan.

 

Memiliki asuransi adalah bentuk penghematan di masa mendatang

Menghemat uang bukan hanya tentang menciptakan keamanan finansial untuk saat ini tetapi juga tentang mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih baik. Dengan mengikuti tips di atas dan mempersiapkan anggaran untuk memiliki asuransi, Anda bisa memastikan bahwa diri sendiri dan keluarga memiliki perlindungan finansial yang cukup ketika terjadi risiko.

Sekaranglah saat yang tepat untuk mengambil langkah melindungi diri dan keluarga Anda dengan memiliki asuransi untuk masa depan yang lebih aman dan stabil. Dengan asuransi yang tepat, Anda dan keluarga akan memiliki keamanan finansial jika suatu saat terjadi risiko yang dijamin di dalam perjanjian asuransi, misalnya jika memiliki asuransi jiwa syariah maka Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan risiko finansial atas kejadian yang bisa mengancam jiwa di masa mendatang. Kondisi keuangan ahli waris dan keluarga yang ditinggalkan akan terjamin dengan maslahat asuransi jiwa syariah yang akan didapat. 

AXA Mandiri memiliki berbagai produk asuransi jiwa syariah yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai produk asuransi jiwa syariah dari AXA Mandiri, silakan langsung kunjungi website AXA Mandiri atau hubungi Financial Advisor AXA Mandiri dengan mengunjungi Kantor Cabang Bank Syariah Indonesia terdekat atau menghubungi contact center AXA Mandiri di 1500803.

 

Sumber: 

  • https://money.kompas.com/read/2020/01/20/070300326/mengenal-kakeibo-seni-menghemat-uang-ala-jepang
  • https://www.cnbc.com/2020/01/08/how-this-japanese-method-of-saving-money-changed-my-lifeand-made-me-richer.html
  • https://finansial.bisnis.com/read/20231125/55/1718004/ini-8-tips-hemat-uang-agar-tidak-boros-membeli-makanan