Asset Publisher

Asset Publisher

null Ingin Masa Tua yang Nyaman? Lakukan 6 Cara Menyiapkan Dana Pensiun Berikut!
Berita Inspirasi

Memiliki masa pensiun yang nyaman pasti menjadi salah satu impian yang Anda inginkan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menyiapkan dana pensiun dari sekarang. Dengan menyiapkan masa pensiun sejak dini, Anda akan lebih mudah merencanakan masa tua yang aman dan nyaman.

Hal ini penting dilakukan karena di masa tua nanti, Anda mungkin sudah tidak produktif lagi. Dengan dana pensiun yang sudah disiapkan inilah Anda bisa lebih mandiri secara keuangan karena hilangnya penghasilan di usia tidak produktif dan risiko yang mungkin terjadi di masa tua nanti bisa dikelola dengan baik. 

Menurut Tommy Martin, COO & Co-founder dari Qoala, mempersiapkan dana pensiun adalah salah satu kewajiban esensial. Mereka yang hanya memiliki pendapatan dari satu sumber saja tentu harus lebih bijak dalam mengelola keuangan, termasuk menyiapkan tabungan hari tua. Dan memiliki dana pensiun menjamin adanya dana darurat jika dibutuhkan di hari tua nanti.


Baca juga: Dana Pensiun untuk Persiapan Hari Tua yang Sejahtera dan Bahagia


Jadi, sudahkah Anda mempersiapkan dana pensiun demi masa tua yang nyaman dan aman? Di bawah ini adalah 6 cara yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun di masa muda.

1. Tentukan waktu pensiun
Sebelum menyiapkan dana pensiun, Anda harus terlebih dulu menentukan kapan Anda akan pensiun dan berapa lama lagi Anda akan pensiun. Dengan menentukan usia pensiun yang diinginkan, maka Anda bisa lebih mudah memperkirakan besaran dana pensiun yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan setelah masa pensiun tiba.

Misalnya saja Anda berencana akan pensiun di usia 50 tahun, sedangkan rata-rata angka harapan hidup orang Indonesia ialah 76 tahun. Maka Anda perlu mengumpulkan dana pensiun yang bisa memenuhi kebutuhan hidup selama 26 tahun tersebut.

2. Konsisten menabung
Menyiapkan dana pensiun tidaklah mudah. Anda harus bisa konsisten dalam menabung dan menyiapkan dana yang telah Anda tentukan di awal. Umumnya, seseorang perlu menyisihkan 10% dari penghasilannya untuk menabung, salah satunya untuk mempersiapkan dana pensiun ini. Misalnya Anda memiliki penghasilan Rp10 juta per bulan, maka Anda bisa menabung untuk dana pensiun minimal Rp1 juta per bulan. Hal ini tentunya juga perlu dilakukan secara konsisten.

Konsisten Menabung Untuk Dana Pensiun
3. Rencanakan inflasi
Inflasi dan kenaikan harga bisa mengurangi daya beli di masa pensiun nanti. Ada baiknya ketika Anda menyiapkan dana pensiun, maka rencanakan juga inflasi yang mungkin terjadi. Anda bisa merencanakan dana pensiun dengan menginvestasikan dana pensiun ke dalam instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda, misalnya emas, saham, dan sebagainya. Pastikan juga Anda telah mengetahui dengan jelas mengenai instrumen dan risiko dari investasi tersebut sebelum memasukkan dana pensiun kedalamnya.

4. Fokus pada kesehatan fisik
Untuk menyiapkan masa pensiun dengan lebih baik, jangan lupa juga untuk memerhatikan risiko kesehatan yang mungkin terjadi di usia tua nanti. Jadi, selain mempersiapkan dana pensiun, pastikan juga Anda menginvestasikan waktu dan uang untuk menjaga kesehatan fisik Anda agar tetap sehat di masa pensiun nanti.

Apalagi biaya kesehatan selalu meningkat setiap tahunnya dan sering diabaikan ketika ingin mempersiapkan dana pensiun. Padahal, biaya kesehatan inilah yang sering menjadi beban keuangan para pensiunan. Di mana biasanya usia tua nanti risiko kesehatan akan sering terjadi.


Baca juga: Tips Mudah Menikmati Masa Pensiun yang Indah


5. Buat anggaran
Cara terbaik untuk menyiapkan dana pensiun adalah dengan mengetahui berapa banyak uang yang bisa dibelanjakan. Sayangnya, kebanyakan orang tidak ingin repot menghitung berapa banyak yang bisa mereka belanjakan dengan aman di masa pensiun nanti.

Jika Anda bingung untuk membuat anggaran belanja yang aman untuk masa pensiun nanti, Anda bisa coba menghitungnya dengan menambahkan pengeluaran Anda saat ini dengan angka inflasi yang mungkin terjadi setelah masa pensiun nanti. 

6. Memiliki perlindungan asuransi masa depan
Jika tabungan dana pensiun terdampak inflasi, maka ada baiknya untuk memiliki asuransi masa depan, atau sering juga disebut dengan asuransi hari tua. Contoh asuransi hari tua adalah produk Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera - Solusi Perlindungan Asuransi Masa Depan dari AXA Mandiri. Dengan adanya asuransi ini, Anda bisa mendapatkan manfaat perlindungan jiwa hingga usia 100 tahun sehingga Anda bisa tetap menjalani masa pensiun tanpa khawatir masalah keuangan.

Untuk mengetahui produk Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera - Solusi Perlindungan Asuransi Masa Depan yang dapat membantu Anda menikmati hidup tenang dan nyaman saat masa pensiun, silakan kunjungi website AXA Mandiri atau menghubungi Financial Advisor AXA Mandiri di kantor cabang Bank Mandiri dan Bank Syariah Indonesia atau contact center AXA Mandiri 1500803

Sumber: Gaji Gesa, Republika