Asset Publisher

Asset Publisher

null Financial Freedom di Usia Muda, Ini Cara Mencapainya dengan Mudah
Inspirasi Berita

Financial freedom sering dijadikan tujuan keuangan kebanyakan orang, di mana financial freedom merupakan kondisi ketika seseorang bebas secara finansial. Artinya, ketika orang sudah mencapai financial freedom, maka orang tersebut telah memiliki kekayaan yang mencukupi segala kebutuhannya untuk hidup tanpa harus bekerja keras dan aktif untuk memenuhi kebutuhan yang sangat dasar seperti makan atau membeli pakaian. Lalu bagaimana cara mencapai dan mewujudkan financial freedom dan kenapa istilah ini menjadi tujuan kebanyakan orang?

Pengertian financial freedom

Sebelum membahas mengenai cara mewujudkan financial freedom di usia muda, mari kita kenali terlebih dulu apa itu financial freedom. Sederhananya, financial freedom adalah kondisi ketika seseorang memiliki pendapatan yang cukup sehingga ia tidak merasa khawatir akan kekurangan.

Menurut Forbes yang dilansir dari Katadata, financial freedom adalah keadaan ketika seseorang secara sadar dan mampu mengendalikan keuangannya selaras dengan pilihan hidupnya. Ini juga mencakup hal yang paling dasar, yaitu orang tersebut sudah bisa memenuhi segala kebutuhan sehari-harinya.
Sedangkan menurut Investopedia yang dilansir dari sumber yang sama,  financial freedom adalah seluruh hal yang berkaitan dengan keuangan seperti tabungan, investasi, dan uang tunai untuk membiayai gaya hidup tertentu ditambah dengan rencana jangka panjang untuk masa pensiun.


Baca juga: Ingin Memiliki Masa Tua yang Nyaman? Ini Cara Mempersiapkannya!


Jika disimpulkan, maka orang yang telah mencapai financial freedom memiliki keadaan keuangan stabil sehingga memungkinkan untuk pensiun atau mengejar karir yang diinginkannya tanpa didorong penghasilan yang ditetapkan setiap tahun. Financial freedom bisa juga berarti "uang bekerja untuk kita, bukan sebaliknya”.

Cara mewujudkan financial freedom di usia muda

Setiap orang pasti berharap bisa mencapai financial freedom di usia muda, namun untuk mencapainya tidaklah mudah. Anda butuh rencana dan strategi yang tepat untuk bisa mewujudkannya. Berikut ini adalah beberapa cara mewujudkan financial freedom di usia muda seperti yang dilansir dari situs Katadata dan Modal Rakyat.

1. Menentukan tujuan 

Hal utama yang perlu Anda lakukan untuk mencapai financial freedom di usia muda adalah dengan menentukan tujuan terlebih dahulu. Cobalah tanyakan kepada diri Anda, apa alasan Anda ingin bebas secara finansial?

Tujuan keuangan ini bisa mencakup rencana jangka pendek, seperti pergi berlibur atau membeli kendaraan baru, serta tujuan jangka panjang seperti menyiapkan dana kesehatan atau dana pensiun. Untuk mencapainya, pastikan Anda menentukan tujuan secara spesifik dan jelas.


Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Mempersiapkan Dana Pensiun


2. Buat perencanaan keuangan

Ketika telah menentukan tujuan, maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat perencanaan keuangan. Dengan adanya rencana keuangan, Anda bisa memetakan penggunaan uang yang dimiliki agar dapat berputar dan  tidak habis digunakan untuk memenuhi keinginan yang tidak penting. 

3. Ketahui kondisi keuangan

Istilah financial freedom bukan hanya menggambarkan seberapa besar pendapatan yang Anda miliki. Namun lebih menekankan pada kondisi keuangan yang Anda miliki apakah bisa memenuhi kebutuhan dasar setiap harinya atau tidak. Oleh karena itu, pastikan Anda memahami bagaimana kondisi keuangan saat ini. Mulailah pelajari sektor mana saja yang bisa menjadi pendapatan Anda dan amati juga jumlah utang. Selanjutnya Anda perlu mengatur dan menyesuaikannya dengan tujuan keuangan yang telah disusun. 

4. Memiliki tabungan

Anda tidak akan bisa mencapai financial freedom tanpa adanya tabungan. Oleh karena itu, penting untuk memiliki tabungan khusus yang akan membantu Anda melakukan perencanaan keuangan di masa depan.

Pastikan juga langsung menabung setelah mendapatkan gaji, dan jangan pernah beranggapan menabung dengan uang sisa karena pada dasarnya Anda akan sulit menyisihkan uang di akhir waktu.

Memiliki Tabungan Yang Cukup Untuk Mewujudkan Financial Freedom

5. Berinvestasi aset riil

Financial freedom artinya menjadikan uang bekerja untuk Anda. Artinya, Anda tidak perlu bekerja keras namun penghasilan akan datang dengan sendirinya. Hal ini tentu saja mungkin terjadi ketika Anda memiliki aset atau investasi riil, misalnya Anda mendapatkan penghasilan pasif dari hasil investasi saham atau dari sewa properti yang Anda miliki.

6. Hindari & lunasi utang

Berutang bisa diandalkan ketika Anda benar-benar membutuhkan. Namun jika terlalu banyak berutang, Anda akan kesulitan untuk melunasinya. Jika masih ada cara lain untuk memenuhi kebutuhan, hindari berutang karena bisa menjadi salah satu hal yang akan menghalangi Anda mencapai kebebasan finansial. Sedangkan jika Anda memiliki utang, cobalah untuk segera melunasinya agar Anda bisa mencapai financial freedom lebih cepat.

7. Persiapkan dana darurat

Dana darurat juga perlu dipersiapkan untuk mencapai kebebasan finansial di usia muda. Dana ini akan membantu Anda menghadapi urusan mendadak yang harus diselesaikan dengan segera.

Ketika telah menyediakan dana darurat,  Anda tidak perlu menggunakan uang yang sudah dianggarkan untuk kebutuhan lain demi menyelesaikan urusan tersebut. Biasanya, besaran dana darurat yang disarankan adalah 6 hingga 12 kali pengeluaran per bulan dan harus dipisahkan dengan tabungan serta investasi.

8. Cari penghasilan tambahan

Untuk segera mewujudkan financial freedom di usia muda, Anda juga bisa mulai mencari penghasilan tambahan dengan melakukan pekerjaan sampingan atau usaha sampingan. Dengan memiliki penghasilan tambahan, Anda bisa menabung lebih banyak untuk persiapan masa depan dan financial freedom pun akan lebih cepat terwujud. Namun pastikan Anda bisa mengatur jadwal sebaik-baiknya agar tidak kelelahan memiliki waktu kerja yang panjang.

Itulah beberapa hal mengenai financial freedom dan cara mewujudkannya di usia muda. Selain beberapa cara di atas, Anda juga perlu mendaftarkan diri Anda dan keluarga ke dalam produk asuransi untuk mencapai financial freedom di usia muda. Asuransi dibutuhkan untuk melindungi masa depan dari berbagai risiko sehingga dana atau tabungan yang sudah Anda kumpulkan tidak akan digunakan untuk mengatasi risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

Sebagai contoh, ketika Anda tiba-tiba sakit dan butuh biaya yang besar untuk perawatan. Anda tidak akan perlu menguras tabungan atau dana darurat yang sudah terkumpul, atau bahkan menjual aset atau investasi yang dimiliki karena seluruh risiko yang terjadi akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai dengan polis. Anda bisa memilih produk Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera - Solusi Perlindungan Asuransi Masa Depan dari AXA Mandiri untuk perlindungan masa depan Anda dan keluarga. Dengan asuransi ini, Anda bisa terlindungi dari berbagai risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Untuk mendaftarkan diri Anda dan keluarga ke dalam Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera – Solusi Perlindungan Asuransi Masa Depan AXA Mandiri, silakan langsung kunjungi website AXA Mandiri atau hubungi Financial Advisor AXA Mandiri dengan mengunjungi Kantor Cabang Bank Mandiri atau Bank Syariah Indonesia terdekat atau menghubungi contact center AXA Mandiri di 1500803.

 

Sumber:

  • https://katadata.co.id/agung/ekonopedia/62e769a2014e4/memahami-konsep-financial-freedom-dan-cara-mencapainya
  • https://www.modalrakyat.id/blog/financial-freedom-artinya