Asset Publisher

Asset Publisher

null Yuk Kenali 6 Gejala Jantung Bocor Agar Bisa Segera Ditangani!
Inspirasi Berita

Organ jantung memiliki 4 ruangan, jantung sebelah kanan masing-masing memiliki 2 ruangan terdiri dari serambi di atas dan bilik di bawah. Begitu pula dengan jantung sebelah kiri memiliki serambi dan bilik. Bila terdapat lubang atau kebocoran pada sekat antara dua serambi atas jantung maka disebut sebagai defek septum atrium (Atrial Septal Defect/ASD). Sementara bila terdapat lubang atau kebocoran pada sekat antara dua bilik jantung maka disebut defek septum ventrikel (Vertricular Septal Defect/VSD).

Apa itu jantung bocor?

Kondisi jantung bocor merupakan kelainan bawaan atau kongenital yaitu masalah pada struktur jantung yang telah ada sejak lahir sehingga akan mengubah aliran normal darah melalui jantung. Meskipun sudah dapat dideteksi sejak bayi, namun bisa saja pengidap jantung bocor sederhana dapat bertahan hidup hingga usia dewasa.

6 gejala jantung bocor

Jika diperhatikan dari luar, memang perbedaan orang yang mengalami jantung bocor tidak dapat dilihat kasat mata. Akan tetapi, terdapat sejumlah gejala jantung bocor pada orang dewasa seperti berikut ini.

1. Adanya murmur jantung

Pada orang dewasa yang memiliki kelainan bagian atrium septum, akan ditemui gejala murmur jantung. Keadaan ini adalah adanya tambahan suara pada detak jantungnya, tidak bisa berdetak dengan frekuensi dan suara seperti jantung orang normal.

2. Mudah lelah

Gejala jantung bocor pada orang dewasa yang umum adalah mudah lelah sebab penderita hanya memiliki sedikit pasokan darah. Pada bagian kanan jantung, yang seharusnya mengandung karbon dioksida dan akan di olah pada bagian paru-paru, mengalami tambahan daya berasal dari jantung bagian lain. Hal ini menyebabkan jantung bekerja lebih banyak dan kerja seluruh tubuh juga lebih ekstra.

3. Organ lain bengkak

Masalah jantung yang bocor memang akan berdampak pada beberapa organ lain, terutama paru-paru yang letaknya dekat dengan jantung. Pada pergelangan kaki yang ada di bawah, perut, bahkan sampai ke atas seperti pembuluh vena yang ada di leher juga mengalami pembengkakan. Gejala ini di sebabkan adanya penumpukan zat yang banyak.

4. Mengalami sesak nafas

Masih berhubungan dengan kerja paru-paru, hal yang diolah juga sama dengan jantung, yakni antara darah bersih yang mengandung oksigen dan karbondioksida. Maka saat jantung mengalami masalah, paru paru juga ikut kena dampaknya. Saat jantung sakit, biasanya penderita juga mengalami sesak nafas sebab oksigen yang tidak mengalir dengan benar.

Sesak Nafas Dapat Menjadi Salah Satu Gejala Jantung Bocor

5. Warna kebiruan di berbagai bagian tubuh

Gejala jantung bocor pada orang dewasa bisa dilihat dari warna tubuhnya. Biasanya ada warna kebiruan mirip seperti lebam, seperti kebiruan di bagian ujung kuku yang seharusnya berwarna kulit segar pada orang normal. Selain itu pada lidah juga tampak kebiruan, padahal seharusnya merah segar. Bisa juga kebiruan pada bagian bibir yang biasanya berwarna merah darah atau merah hati.

6. Kadar haemoglobin tinggi

Haemoglobin (Hb) adalah sel darah merah yang terdapat pada tubuh. Secara umum pada orang normal memiliki kadar haemoglobin antara 13,0 sampai dengan 15,0. Akan tetapi pada mereka yang mengalami ciri-ciri jantung bocor berbeda, kadar haemogoblin yang dimiliki sangat tinggi bisa mencapai 20,0.

Jika tidak ada tindak lanjut pengobatan, kondisi kelainan jantung bocor akan berakibat fatal dapat merusak jantung hingga komplikasi bahkan gagal jantung. Oleh karena itu apabila mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan di atas, segera berikan penanganan pada organ vital Anda dengan benar dan menyeluruh pada dokter ahli.

Pastikan juga untuk melindungi diri Anda dan keluarga dengan Asuransi Mandiri Proteksi Jantung dari AXA Mandiri agar Anda tidak perlu lagi khawatir dengan risiko keuangan yang dapat timbul jika terjadi sakit jantung di kemudian hari.  Anda dan keluarga akan mendapatkan manfaat penggantian biaya rawat inap dengan metode cashless atau reimbursement yang bisa digunakan untuk biaya kamar, tindakan bedah, aneka perawatan rumah sakit, biaya kunjungan dokter umum dan dokter spesialis jantung, biaya perawatan sebelum dan sesudah rawat inap, serta biaya akomodasi pendamping. Selain itu, Anda dan keluarga juga akan mendapatkan manfaat santunan tunai harian dan manfaat santunan meninggal dunia.

Untuk mendaftarkan diri Anda ke dalam Asuransi Mandiri Proteksi Jantung, silakan langsung kunjungi website AXA Mandiri atau hubungi Financial Advisor AXA Mandiri dengan mengunjungi Kantor Cabang Bank Mandiri atau Bank Syariah Indonesia terdekat atau menghubungi contact center AXA Mandiri di 1500803.