Asset Publisher

Asset Publisher

null Ketahui Fungsi Dana Pensiun dan Cara Mengumpulkannya dengan Tepat
Inspirasi

Usia produktif menjadi waktu yang tepat untuk mempersiapkan dana pensiun demi masa tua yang bahagia dan sejahtera. Dengan mulai menabung dana pensiun sejak usia muda, Anda bisa mengumpulkan dana pensiun lebih banyak yang nantinya bisa digunakan selama masa pensiun.

Dana pensiun merupakan uang atau fasilitas yang dimiliki seseorang untuk memenuhi kehidupan di masa tua atau ketika sudah tidak aktif bekerja yang dikarenakan beberapa faktor seperti telah mencapai usia pensiun, kecelakaan, hingga mengalami kecacatan. Fungsi dana pensiun yang utama adalah sebagai tabungan untuk masa pensiun. Namun dana pensiun juga bisa digunakan sebagai tambahan modal usaha untuk mendapatkan penghasilan pasif di masa tua.

 

Fungsi dana pensiun

Ketika usia sudah tidak lagi produktif, umumnya seseorang akan sulit melanjutkan pekerjaannya sehingga tidak ada lagi penghasilan tetap. Dengan adanya dana pensiun inilah seseorang bisa menyambung hidup di masa tua dan menjadi bekal untuk memenuhi kebutuhannya di usia tua.

Dana pensiun juga bisa menjadi warisan untuk keluarga tercinta yang masih hidup sehingga mereka bisa meneruskan kembali hidupnya tanpa mengkhawatirkan masalah keuangan ketika terjadi risiko meninggal dunia atau cacat akibat kecelakaan yang membuat tulang punggung keluarga terpaksa pensiun dini. Sedangkan dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan, terdapat 2 (dua) fungsi dana pensiun yang bermanfaat di masa depan yaitu sebagai penyambung hidup dan sebagai modal usaha di masa pensiun.

Selain itu, ada beberapa manfaat dana pensiun lainnya yang perlu diketahui yaitu:

1. Biaya berobat di hari tua

Semakin tua usia, maka semakin rentan tubuh terserang penyakit karena melemahnya sistem imun sekaligus hasil dari pola hidup di masa muda. Umumnya ada beberapa penyakit yang rentan diderita usia pensiun, seperti gangguan keseimbangan, koordinasi gerak, dan penurunan fungsi indera tubuh.  Dengan dipersiapkannya dana pensiun dengan baik, maka Anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan darurat termasuk ketika perlu biaya untuk berobat nanti.

2. Mencegah menjadi orang terlantar

Ketika tidak adanya lagi penghasilan dan tabungan, seringkali kebanyakan lansia akan hidup terlantar. Terlantar dalam hal ini maksudnya adalah kesulitan ekonomi, sosial, dan psikologis.

3. Menunjang kebutuhan hidup keluarga

Bukan hanya menunjang kebutuhan Anda di masa tua, dana pensiun juga berfungsi untuk menunjang kebutuhan hidup keluarga. Ketika usia semakin tua, maka risiko meninggal dunia pun tidak bisa dicegah. Jika hal ini terjadi, maka akan berdampak pada keluarga yang ditinggalkannya. Namun dengan adanya dana pensiun, keluarga yang ditinggalkan tetap bisa melanjutkan hidup dari dana pensiun yang telah Anda kumpulkan sejak usia muda.

Dari beberapa fungsi dana pensiun yang telah disebutkan di atas, maka Anda perlu mulai mempersiapkan anggaran untuk mengumpulkan dana pensiun. Semakin dini Anda mulai mempersiapkannya, maka semakin besar hasil dana pensiun yang akan tercapai dan bisa digunakan untuk masa tua nanti.

 

Cara mengumpulkan dana pensiun

Setelah memahami fungsi dari dana pensiun, apakah Anda ingin mulai mengumpulkannya? Dalam mengumpulkan dana pensiun tentu Anda perlu konsisten agar tujuan dapat tercapai sesuai yang direncanakan. Berikut ini beberapa cara mengumpulkan dana pensiun yang bisa Anda lakukan yang dilansir dari beberapa sumber:

1. Tentukan waktu pensiun

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika ingin mengumpulkan dana pensiun adalah menentukan usia Anda akan berhenti bekerja dan mendapatkan penghasilan secara rutin. Di Indonesia umumnya seseorang akan pensiun di usia 57 tahun. Semakin dini Anda mulai mempersiapkan tabungan pensiun, maka semakin ringan usaha Anda untuk mempersiapkan dana pensiun. Jadi, cobalah tentukan kapan Anda ingin pensiun sebelum mengumpulkan dana pensiun.

2. Hitung dan simulasikan dana yang ingin dikumpulkan

Jika Anda telah menetapkan waktu pensiun di usia 55 tahun, maka Anda bisa menargetkan juga berapa dana yang perlu disiapkan. Perkirakan juga kebutuhan apa saja yang nantinya akan dibutuhkan.

Dilansir dari CNN Indonesia, Perencana Keuangan Andy Nugroho mengatakan hal pertama yang harus dilakukan untuk mempersiapkan dana pensiun adalah simulasi kebutuhan di masa depan. Anda bisa coba melihat berapa pengeluaran saat ini, misalnya Rp5 juta per bulan atau Rp60 juta setahun. Nilai pengeluaran setahun ini dikalikan masa tidak produktif atau setelah pensiun.

Cara Mengumpulkan Dana Pensiun

Misalnya saat ini seorang karyawan memasuki masa pensiun di usia 55 tahun sehingga dengan usia harapan hidup rata-rata di 69 tahun-72 tahun, maka masa menganggur atau tidak produktif adalah selama 14-17 tahun. Artinya dana yang perlu dipersiapkan Rp60 juta dikalikan 14-17 tahun. Angka ini berlaku jika di masa tua gaya hidupnya tidak ingin berubah dengan saat ini.

Sedangkan untuk menghitung jumlah dana yang perlu dikumpulkan berdasarkan inflasi, Anda bisa menggunakan rumus sebagai berikut:

Jumlah dana pensiun setahun = Jumlah pengeluaran tahunan x (1 + presentasi inflasi)n

*n = selisih umur sekarang dengan target usia pensiun 

Jika Anda telah menentukan pensiun di usia 55 tahun dan saat ini Anda berusia 25 tahun dengan jumlah pengeluaran tahunan Rp60 juta, maka perhitungan dana pensiun Anda dengan perkiraan 4% inflasi tahunan adalah sebagai berikut:

Jumlah dana pensiun setahun = Jumlah pengeluaran tahunan x (1 + presentasi inflasi)n
= 60.000.000 x (1 + 4%)(55-25)
= 60.000.000 x (1,04)30
= Rp187 juta per tahun
Jika melihat dari usia harapan hidup 69 tahun-72 tahun, maka masa menganggur atau tidak produktif selama 14-17 tahun sehingga perkiraan total dana pensiun yang Anda persiapkan adalah sebesar Rp3,17 Miliar.

3. Mulai menabung di produk keuangan yang tepat

Setelah mengetahui kebutuhan dana maka Anda bisa langsung mulai menabung untuk memenuhi kebutuhan di masa depan tersebut. Dalam menabung untuk dana pensiun, Anda dapat memilih produk keuangan yang tepat untuk mencapai target tersebut, bisa dalam bentuk tabungan, deposito, atau reksa dana.

Anda bisa memilih produk investasi dengan jangka waktu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan hidup yang masih panjang setelah masa pensiun. Namun dilansir dari CNN Indonesia, produk investasi yang disarankan untuk mengumpulkan dana pensiun adalah program Jaminan Hari Tua dari BP Jamsostek, program DPPK/DPLK yang disponsori oleh perusahaan tempat bekerja, hingga program DPLK yang dibayar sendiri dan reksadana.

4. Disiplin dan konsisten

Cara mengumpulkan dana pensiun yang tidak boleh tertinggal adalah kedisiplinan dan konsisten. Pastikan juga untuk tidak menggunakan dana pensiun yang sudah ditabung untuk kebutuhan lainnya. Jika perlu, Anda terus menaikkan porsi tabungan untuk dana pensiun sejalan dengan pendapatan yang diterima.

5. Jaga kesehatan finansial

Untuk mewujudkan masa pensiun yang sejahtera, Anda juga perlu menjaga kesehatan finansial sejak dini. Anda harus bijak untuk menentukan alokasi gaji untuk kebutuhan sehari-hari, konsisten menabung dana darurat, dan dana pensiun.

Hindari juga berutang dalam hal-hal yang sifatnya konsumtif. Perencana Keuangan Andy Nugroho juga menyarankan untuk menghindari utang jangka lama yang tidak produktif. Misalnya mengganti mobil setiap lima tahun dengan model terbaru. Namun hal ini masih diperbolehkan jika untuk KPR rumah  karena biasanya masa cicilan akan disesuaikan dengan masa pensiun. Jadi usahakan untuk berutang jangka panjang yang tidak melebihi usia pensiun karena hal tersebut hanya akan menambah beban saat masa pensiun tiba.

6. Pertimbangkan untuk memiliki asuransi

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Mungkin saja Anda sudah berhasil mengumpulkan dana pensiun namun tiba-tiba terjadi risiko, baik risiko kesehatan, kecelakaan, hingga risiko meninggal dunia. Oleh karena itu, untuk melindungi dana pensiun yang telah Anda kumpulkan, ada baiknya untuk mulai memiliki asuransi, baik asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa.

Dengan adanya asuransi kesehatan, Anda tidak perlu khawatir dana pensiun Anda terpakai untuk biaya pengobatan atau biaya perawatan rumah sakit ketika terjadi sakit di masa depan. Sedangkan asuransi jiwa dapat memberikan perlindungan bagi keluarga tercinta ketika terjadi risiko meninggal dunia sehingga dana pensiun yang telah terkumpul tetap aman dan keluarga Anda bisa tetap menjalani kehidupan seperti biasa tanpa mengkhawatirkan biaya hidup kedepannya karena mendapatkan manfaat tunai dari asuransi jiwa.

 

Kapan perlu mulai mempersiapkan dana pensiun?

Seperti yang dijelaskan di atas, semakin dini Anda mempersiapkan dana pensiun, maka semakin mudah Anda mencapai target dana pensiun yang ingin Anda kumpulkan. Jadi, semakin dini Anda mempersiapkan dana pensiun, maka semakin baik bagi Anda.

Kumpulkan dana pensiun dalam bentuk asuransi jiwa

Untuk menjaga kesehatan finansial di masa kini dan masa pensiun nanti, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memiliki asuransi jiwa yang memberikan manfaat pengembalian premi di akhir masa asuransi jika tidak terjadi risiko yang ditanggung dalam polis asuransi. Dengan memiliki produk asuransi jiwa tersebut, Anda bisa mendapatkan manfaat pengembalian premi jika Anda sebagai tertanggung tidak mengalami risiko hingga masa asuransi berakhir. 

Mengumpulkan Dana Pensiun Dalam Bentuk Asuransi Jiwa

Salah satu asuransi yang bisa Anda pilih adalah Asuransi Mandiri Flexi Proteksi dari AXA Mandiri. Asuransi Mandiri Flexi Proteksi merupakan produk asuransi jiwa yang memberikan manfaat meninggal dunia, manfaat kondisi kritis, manfaat rawat inap serta manfaat akhir masa asuransi yang dapat dipilih sesuai plan dengan pilihan masa pembayaran premi yang lebih singkat daripada masa asuransi.

Kelebihan utama dari Asuransi Mandiri Flexi Proteksi adalah memiliki manfaat masa akhir masa asuransi hingga 120% dari total premi dasar yang telah dibayarkan jika tidak terjadi risiko yang ditanggung dalam polis asuransi. Dengan begitu, dana pengembalian premi ini bisa menjadi dana tambahan yang bisa Anda gunakan sebagai biaya kebutuhan hidup selama pensiun, bahkan bisa digunakan sebagai tambahan modal jika Anda ingin menjalankan bisnis di masa pensiun.

Untuk mendaftarkan diri Anda dan keluarga ke Asuransi Mandiri Flexi Proteksi dari AXA Mandiri, silakan langsung kunjungi website AXA Mandiri atau hubungi Financial Advisor AXA Mandiri dengan mengunjungi Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat atau menghubungi contact center AXA Mandiri di 1500803.

 

Sumber:

  • https://www.bfi.co.id/id/blog/mengenal-lebih-dalam-manfaat-dana-pensiun-dan-persiapannya
  • https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220826140918-83-839495/mempersiapkan-dana-pensiun-sejak-dini-supaya-saat-tua-tak-merana
  • https://www.rumah.com/panduan-properti/fungsi-dana-pensiun-pengertian-manfaat-dan-jenisnya-65747