Asset Publisher

Asset Publisher

null 5 Cara Mempersiapkan Tabungan Hari Tua dan Manfaatnya
Inspirasi

Meski saat ini Anda masih di usia produktif dan usia pensiun masih jauh, tidak ada salahnya untuk mulai memiliki tabungan hari tua. Ini bisa menjadi salah satu bentuk perencanaan pensiun untuk mencapai tujuan di hari tua nanti, salah satunya untuk #JadiMiliarder di usia tua.

Idealnya, perencanaan pensiun termasuk membuat tabungan hari tua adalah proses seumur hidup yang artinya Anda bisa memulainya kapan saja. Namun ada baiknya jika Anda mulai mempersiapkan sejak awal.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki tabungan hari tua. Bukan hanya sekedar mempersiapkan masa tua saja, namun juga bisa membuat hidup Anda lebih nyaman dan aman di masa tua nanti.

 

Manfaat memiliki tabungan hari tua

Banyak orang yang belum menyadari pentingnya tabungan hari tua. Jika dibiarkan, hal itu bisa berujung rugi karena uang yang dimiliki saat ini terbuang sia-sia tanpa ada yang ditabung sama sekali. Padahal, mempersiapkan tabungan hari tua memberikan banyak manfaat penting yang akan berdampak pada kehidupan di masa depan. Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini beberapa manfaat memiliki tabungan hari tua yang perlu Anda pahami:

1. Menjaga keamanan finansial di masa tua

Tabungan hari tua adalah jaminan bahwa Anda telah memiliki sumber dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan finansial di masa tua, di mana sudah tidak lagi bekerja secara aktif. Tabungan hari tua Ini mencakup biaya kebutuhan pokok, perawatan kesehatan, transportasi, dan sebagainya. Dengan tabungan hari tua yang terencana dan terkelola dengan baik, Anda dapat menghindari risiko kesulitan finansial yang bisa berdampak pada kualitas hidup saat memasuki masa pensiun.

2. Kemandirian finansial

Tabungan hari tua juga dapat memberikan kemandirian finansial sehingga Anda tidak perlu bergantung kepada orang lain seperti anak atau anggota keluarga lain untuk memenuhi segala kebutuhan hidup di masa tua. Ini memberikan kontrol atas keuangan yang dimiliki dan memungkinkan Anda untuk membuat keputusan keuangan sendiri, serta dapat menjalani pensiun yang lebih independen. Selain itu, dengan memiliki dana pensiun, Anda juga bisa memutus rantai sandwich generation.

3. Mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga

Tabungan hari tua juga dapat membantu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga di masa pensiun nanti, misalnya ketika di masa tua nanti membutuhkan biaya perawatan kesehatan, dengan tabungan inilah Anda bisa berobat secara mandiri dan bisa mendapatkan perawatan dengan nyaman tanpa harus memikirkan biaya.

4. Membantu mewujudkan keinginan

Siapa bilang orang di usia pensiun tidak memiliki keinginan. Justru di masa tua inilah Anda bisa mewujudkan impian yang sudah lama dipendam ketika muda, misalnya ingin travelling ke tempat impian atau mungkin memiliki rumah di suatu tempat.

Mimpi tersebut bisa diwujudkan ketika Anda sudah menyiapkan dana pensiun sejak awal. Semakin cepat Anda mempersiapkan dana pensiun, semakin besar peluang untuk mewujudkan impian di masa tua nanti.

5. Menghabiskan banyak waktu bersama keluarga

Dengan memiliki tabungan hari tua, Anda tidak perlu lagi bekerja di usia tua nanti sehingga bisa menghabiskan masa tua dengan menikmati waktu bersama keluarga.

6. Lebih siap mengatasi masalah inflasi

Tabungan pensiun dapat disiapkan dengan menabung uang atau berinvestasi. Namun sebenarnya menabung saja tidak cukup untuk mengalahkan inflasi sehingga Anda juga perlu membarenginya dengan berinvestasi. Anda bisa coba mulai berinvestasi sejak dini, baik dengan memanfaatkan investasi reksa dana, saham, emas, dan lain-lain.

7. Hidup lebih tenang

Dengan memiliki tabungan hari tua yang cukup, Anda juga bisa terhindar dari stres finansial dan kekhawatiran tentang masa pensiun yang sering kali dialami oleh kebanyakan orang. Anda akan merasa lebih percaya diri dan tenang menghadapi masa pensiun tanpa perlu khawatir tentang kebutuhan dasar yang tidak terpenuhi.

 

Jenis-jenis tabungan hari tua

Setelah Anda memahami banyaknya manfaat yang didapat ketika memiliki tabungan hari tua, maka sekarang Anda perlu ketahui apa saja jenis tabungan yang bisa Anda siapkan untuk hari tua nanti. Dilansir dari situs resmi ACC, berikut ini beberapa jenis tabungan hari tua yang paling umum digunakan untuk mempersiapkan masa tua nanti:

1. Properti

Investasi properti seperti rumah atau apartemen adalah salah satu bentuk tabungan hari tua yang umum disiapkan. Anda dapat membeli properti dengan tujuan untuk menyewakannya atau menjualnya di masa depan.

  • Kelebihan: Potensi pertumbuhan nilai jangka panjang, memberikan pendapatan pasif melalui sewa, dan dapat digunakan untuk tinggal atau investasi.
  • Kekurangan: Membutuhkan modal awal yang signifikan, biaya perawatan yang cukup besar, dan memiliki risiko likuiditas karena membutuhkan waktu untuk menjualnya.

2. Deposito

Deposito adalah salah satu produk simpanan yang pencairannya hanya bisa dilakukan pada jangka waktu tertentu dengan syarat-syarat tertentu. Untuk memiliki deposito, Anda perlu menyetor dana dalam deposito untuk jangka waktu tertentu dan menerima bunga pada akhir periode tersebut.

  • Kelebihan: Relatif aman dan likuid dengan suku bunga yang dijamin. Cocok untuk investor konservatif yang menghindari risiko pasar.
  • Kekurangan: Suku bunga biasanya lebih rendah dibandingkan instrumen investasi lainnya sehingga pertumbuhan dana bisa terbatas.

3. Emas

Emas dapat dibeli dalam bentuk perhiasan, koin, atau batangan. Emas juga sering dianggap sebagai bentuk lindung nilai terhadap inflasi dan ketidakpastian ekonomi.

  • Kelebihan: Memiliki nilai intrinsik dan cenderung meningkat nilainya selama periode ketidakpastian ekonomi. Emas juga termasuk likuid sehingga mudah dicairkan menjadi uang tunai.
  • Kekurangan: Emas tidak menghasilkan pendapatan pasif dan nilainya dapat fluktuatif. Selain itu, emas fisik memerlukan tempat penyimpanan yang aman. 

Jenis Tabungan Hari Tua

4. Saham

Menurut OJK, saham dapat diartikan sebagai tanda penyertaan modal seseorang atau badan usaha pada suatu perusahaan. Dengan menyertakan modal, maka investor berhak atas sebagian keuntungan perusahaan (dividen), capital gain (keuntungan dari selisih antara harga beli dan jual saham), dan hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

  • Kelebihan: Memiliki potensi pertumbuhan tinggi dalam jangka panjang dan memberikan kepemilikan dalam perusahaan. 
  • Kekurangan: Memiliki risiko pasar dan nilai saham bisa turun, sehingga diperlukan diversifikasi untuk mengurangi risiko.

5. Reksa dana

Reksa dana adalah wadah investasi yang menghimpun dana dari berbagai investor untuk kemudian diinvestasikan ke dalam berbagai instrumen seperti saham, obligasi, atau aset lainnya. Dana investor tersebut dikelola badan hukum yang bernama Manajer Investasi.

  • Kelebihan: Memberikan diversifikasi otomatis yang dikelola langsung oleh ahli. Ini cocok untuk investor yang tidak memiliki pengetahuan atau waktu untuk mengelola portofolio mereka sendiri.
  • Kekurangan: Ada biaya terkait dengan reksa dana, seperti biaya manajemen. Keuntungan tergantung pada kinerja portofolio reksa dana.

6. Asuransi

Anda juga bisa mempersiapkan tabungan hari tua dengan mendaftarkan diri Anda ke dalam asuransi jiwa, seperti Asuransi Mandiri Legacy Plan Titanium yang dapat memberikan 2 manfaat sekaligus yaitu manfaat perlindungan ketika terjadi risiko meninggal dunia dan manfaat di akhir periode asuransi yang nantinya dapat Anda gunakan sebagai tabungan hari tua. 

 

Itulah beberapa jenis tabungan hari tua yang bisa Anda persiapkan. Apapun jenis tabungan hari tua yang Anda pilih, pastikan untuk menabung secara konsisten agar tujuan keuangan di hari tua nanti bisa tercapai.

 

Cara mempersiapkan tabungan hari tua

Setelah Anda memahami manfaat dan beberapa jenis tabungan hari tua yang bisa dipilih, sekarang saatnya Anda mulai mempersiapkannya. Ada beberapa langkah strategis yang perlu dilakukan agar semua manfaat di atas bisa Anda dapatkan. Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mulai mempersiapkan tabungan hari tua Anda:

1. Tentukan tujuan keuangan

Menabung untuk tujuan apapun, termasuk untuk tabungan hari tua tentu harus memiliki tujuan yang jelas. Oleh karena itu, sebagai langkah awal, tentukan dengan jelas apa tujuan keuangan Anda di masa tua nanti. Anda bisa mulai dengan menentukan berapa besar dana yang ingin dikumpulkan hingga berapa besar alokasi dana yang bisa Anda kumpulkan setiap bulannya.

2. Susun rencana keuangan

Menyusun rencana keuangan juga penting dilakukan ketika Anda ingin mulai mempersiapkan tabungan hari tua yang mencukupi. Karena tanpa perencanaan yang matang dan cermat, mungkin dana tabungan yang dipersiapkan ternyata tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan di masa tua.

Tentu Anda tidak mungkin hanya mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya dan menghabiskannya begitu saja di masa pensiun. Anda juga membutuhkan rencana yang lebih detail termasuk sumber pendapatan setelah tidak bekerja nanti, misalnya dengan berinvestasi untuk mendapatkan penghasilan pasif atau membuka bisnis kecil-kecilan di rumah untuk mengisi waktu luang, dan sebagainya. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diperhitungkan saat akan menyiapkan tabungan hari tua, seperti:

  • Rencana usia pensiun
  • Asumsi usia harapan hidup
  • Perkiraan nominal dana untuk kebutuhan hidup sehari-hari
  • Sisa waktu yang dimiliki untuk menyiapkan dana tabungan tersebut

Untuk lebih jelasnya, berikut contoh perhitungan dana tabungan hari tua yang perlu dipersiapkan:
Misalnya saat ini usia Anda 25 tahun dan berencana pensiun di usia 60 tahun, maka Anda memiliki waktu untuk menyiapkan dana tabungan hari tua selama 35 tahun ke depan. Sedangkan, asumsi usia harapan hidup adalah 75 tahun (15 tahun setelah pensiun).

Jika biaya pengeluaran rutin per bulan sebesar Rp5 juta dan tingkat inflasi berkisar 6% per tahun, maka total uang yang harus dipersiapkan agar bisa pensiun di usia 60 tahun adalah = (Rp5.000.000 x 15 tahun x 12 bulan) + 6% inflasi = Rp954.000.000.

Kemudian jika Anda menabung saat ini hingga 35 tahun ke depan, maka uang yang perlu disisihkan setiap bulannya untuk mencapai total dana pensiun yang harus dipersiapkan adalah = Rp954.000.000 : 35 tahun : 12 (jumlah bulan dalam satu tahun) = Rp2.271.500.

3. Mulai sekarang juga

Tidak pernah ada kata terlambat atau terlalu cepat untuk membuat tabungan hari tua. Makin dini Anda mempersiapkannya, makin besar kemungkinan tujuan keuangan di masa tua akan tercapai. Ketika memiliki rencana pensiun yang matang, Anda pun tidak perlu khawatir hari tua harus bergantung pada anak-anak, apalagi sampai terlantar. Jadi pastikan untuk segera mempersiapkan tabungan hari tua Anda dan jangan pernah menundanya lagi.

4. Pertimbangkan investasi

Selain berisiko akan terpakai, menabung uang di bank juga berisiko terkena inflasi. Artinya, sebanyak apapun target tabungan Anda tercapai, nilainya tidak akan sama lagi di hari tua nanti.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengalokasikan tabungan Anda ke dalam bentuk investasi seperti yang telah dijelaskan di atas. Selain menurunkan risiko aset Anda terkena inflasi, investasi juga berpotensi mendatangkan keuntungan pasif di masa depan.

5. Tetap konsisten

Kunci kesuksesan tabungan hari tua adalah konsistensi. Jadi pastikan untuk tetap menyisihkan sebagian dari pendapatan Anda, berinvestasi dengan bijak, dan tidak menarik dana dari rekening tabungan sebelum mencapai usia pensiun yang ditentukan. Disiplin dalam mengejar rencana tabungan akan membantu Anda mencapai tujuan keuangan sesuai target waktu yang telah ditetapkan di awal.

Selain melakukan beberapa cara di atas untuk mempersiapkan tabungan hari tua, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk memiliki asuransi jiwa untuk melindungi diri Anda dan keluarga.  Dengan asuransi jiwa, Anda juga dapat melindungi tabungan yang sudah dikumpulkan untuk berbagai rencana di masa tua dari risiko penggunaan di pos yang bukan peruntukannya.

Salah satu produk asuransi yang bisa Anda pertimbangkan adalah Asuransi Mandiri Legacy Plan Titanium dari AXA Mandiri. Produk ini merupakan PAYDI (Produk Asuransi yang Dikaitkan dengan Investasi) dari AXA yang dapat memberikan manfaat meninggal dunia hingga Rp5 miliar. Selain itu, keunggulan dari  Asuransi Mandiri Legacy Plan Titanium adalah manfaat akhir masa asuransi yang akan Anda dapatkan saat tanggal berakhirnya asuransi sehingga nilai tunai tersebut dapat dijadikan sebagai tabungan hari tua maupun warisan untuk anak atau anggota keluarga Anda.

Bagi Anda yang tertarik dengan produk Asuransi Mandiri Legacy Plan Titanium dari AXA Mandiri atau produk asuransi lainnya, Anda bisa menemukan informasi lengkapnya melalui website AXA Mandiri atau hubungi Financial Advisor AXA Mandiri dengan mengunjungi Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat atau menghubungi contact center AXA Mandiri di 1500803.

 

Sumber:

  • https://www.acc.co.id/accone/InfoTerkini_Detail?Id=6657&title=5-Manfaat-Tabungan-Hari-Tua-Jenis-dan-Tips-Perencanaannya
  • https://glints.com/id/lowongan/pentingnya-tabungan-pensiun/
  • https://www.traveloka.com/id-id/explore/tips/pl-cara-dan-manfaat-punya-tabungan-hari-tua/136509
  • https://aaji.or.id/Articles/mengenal-asuransi-jiwa-dwiguna

 

PAYDI (Mandiri Legacy Plan Titanium) merupakan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI). Komponen investasi dalam PAYDI mengandung risiko. Calon Pemegang Polis, Tertanggung, atau Peserta wajib membaca dan memahami ringkasan informasi produk sebelum memutuskan untuk membeli PAYDI. Kinerja Investasi masa lalu PAYDI tidak mencerminkan kinerja investasi masa datang PAYDI