Asset Publisher

Asset Publisher

null 14 Manfaat Bersepeda untuk Tubuh dan Tipsnya bagi Pemula
Inspirasi

Kegiatan bersepeda belakangan semakin diminati, dan memiliki pegiat yang jumlahnya tidak sedikit. Berdasarkan pernyataan yang diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, pada akhir 2022 jumlah pesepeda meningkat drastis setelah pemerintah daerah DKI Jakarta melakukan pembangunan jalur sepeda di beberapa titik. Pernyataan ini dimuat dalam salah satu artikel di kompas.com. Dengan demikian, semakin banyak orang yang mendapatkan manfaat bersepeda, bukan?

Peningkatan ini ditengarai karena munculnya kesadaran bahwa bersepeda dapat membantu meningkatkan imun tubuh, dan memberikan perubahan suasana hati ke arah yang lebih baik. Ketika tubuh dan pikiran sehat, otomatis daya tahan tubuh juga akan meningkat.

 

Kegiatan bersepeda semakin populer

Peningkatan jumlah orang yang bersepeda tidak hanya terjadi di wilayah Indonesia saja. Masih dari artikel yang sama, tren ini juga terlihat di wilayah Eropa, yang turut meningkatkan popularitas bersepeda.

Sebelum pandemi, sepeda menjadi salah satu moda transportasi bagi masyarakat yang sadar akan dampak lingkungan penggunaan transportasi berbahan bakar minyak. Namun risiko penularan virus melalui penggunaan bus dan kereta yang menyebabkan pandemi beberapa tahun lalu semakin meningkatkan daya tarik sepeda di mata masyarakat luas. Menjadi fenomena positif yang mendunia, bersepeda nyatanya menawarkan banyak sekali manfaat. Tidak hanya untuk tubuh, namun juga untuk lingkungan.

 

Manfaat bersepeda untuk tubuh

Disampaikan dalam sebuah artikel di katadata.co.id, bersepeda sedikitnya memiliki 15 manfaat untuk tubuh ketika dilakukan secara rutin seperti berikut:

1. Menurunkan berat badan

Olahraga ini dapat meningkatkan metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak sehingga menjadi salah satu olahraga yang baik untuk membantu menurunkan berat badan. Bersepeda selama 30 menit setiap hari dapat membakar hingga 5 kilogram lemak dalam setahun.

2. Mencegah risiko darah tinggi

Kedua adalah mencegah risiko darah tinggi. Penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Sport Science Medicine menyebutkan bahwa olahraga dengan intensitas tertentu dapat memperbaiki tekanan darah dan kesehatan sirkulasi darah.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat bersepeda selanjutnya adalah dapat memperbaiki kesehatan jantung serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Olahraga ini dapat menguatkan otot jantung dan mengurangi lemak di dalam darah.

4. Meningkatkan kualitas hidup saat perawatan kanker

Manfaat ini dapat diperoleh jika diimbangi dengan konsumsi makanan sehat dan bernutrisi lengkap. Bagi penderita kanker yang berada dalam fase pemulihan, bersepeda dapat mengurangi efek samping dari obat yang dikonsumsi. Jadi, kualitas hidup dapat terus ditingkatkan dengan bersepeda.

5. Mengurangi risiko diabetes

Rutin melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda juga dapat membantu menghindari risiko diabetes. Bersepeda selama lebih dari 30 menit per hari dapat membantu Anda terhindar dari berbagai risiko penyakit, termasuk diabetes.

6. Menambah kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi tubuh

Postur tubuh akan menjadi tegak selama bersepeda. Hal ini dapat menambah kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi tubuh yang dimiliki seseorang sehingga membantu menghindari risiko jatuh dan patah tulang.

7. Memelihara kesehatan sendi

Manfaat berikutnya ada pada kesehatan sendi yang dimiliki. Olahraga ini terbilang aman untuk penderita nyeri sendi dan kaku tubuh bagian bawah karena faktor usia. Bersepeda dengan intensitas sedang hingga tinggi tidak akan membebani sendi. Tumpuan akan terletak pada tulang panggul sehingga risiko cedera akan dapat dikurangi.

8. Menjaga kesehatan mental

Manfaat kedelapan dari bersepeda adalah membantu menjaga kesehatan mental seseorang. Hal ini dikarenakan tubuh akan menghasilkan hormon dopamin saat bersepeda yang memicu rasa bahagia, meredakan stres, dan mengatasi depresi.

Salah Satu Manfaat Bersepeda Adalah Dapat Menjaga Kesehatan Mental

9. Mengurangi risiko penyakit parkinson

Parkinson merupakan salah satu kelainan pada sistem saraf yang dapat memberikan pengaruh pada kemampuan gerak tubuh. Olahraga dengan intensitas sedang sampai tinggi dapat mengurangi risiko penyakit ini pada pria.

10. Memperpanjang usia

Dalam survei yang dilakukan pada pesepeda Tour de France menyatakan bahwa usia mantan pesepeda rata-rata adalah 81,5 tahun. Usia ini lebih tinggi sebanyak 17% dari rata-rata manusia yang hanya berkisar pada angka 73,5 tahun saja. Hal ini karena bersepeda mampu mencegah penuaan hingga ke dalam sel.

11. Meredakan gejala haid hingga menopause

Manfaat kesebelas adalah meredakan gejala yang muncul sebelum haid dan menopause. Gejala yang membuat rasa tak nyaman menjelang menstruasi akan berkurang dengan aktivitas bersepeda yang rutin.

12. Mencegah risiko alzheimer

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang mengganggu fungsi otak. Penderitanya akan mengalami penurunan daya ingat dan fungsi kognitif. Risiko penyakit ini dapat dikurangi dengan aktivitas bersepeda yang rutin. Dengan mengayuh sepeda, ada peningkatan aliran darah ke otak dan memelihara kesehatan otak.

13. Meningkatkan kualitas tidur

Bersepeda juga dapat membantu membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Tidur yang berkualitas dapat membantu Anda mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar setiap saat serta dapat menjaga kondisi emosional menjadi lebih stabil.

14. Menyehatkan paru-paru

Terakhir dalam daftar manfaat bersepeda adalah membantu menjaga kesehatan paru-paru. Kondisi terengah-engah saat bersepeda dapat melatih nafas menjadi lebih kuat sehingga kesehatan paru-paru menjadi lebih baik.

 

Tips bersepeda bagi pemula

Bersepeda secara rutin terbukti dapat meningkatkan kondisi kesehatan seseorang secara umum dan memberikan efek jangka panjang yang sangat baik. Namun hal ini hanya dapat diperoleh ketika kegiatan menyehatkan ini dilakukan dengan benar dan tetap memprioritaskan keselamatan saat bersepeda.
Beberapa tips dalam artikel portalsepeda.com yang bisa digunakan untuk Anda yang akan memulai kegiatan sehat ini adalah sebagai berikut.

  • Pilih sepeda yang tepat. Untuk jalanan perkotaan road bike atau urban bike akan jadi opsi yang paling tepat. Untuk tingkat lebih mudah, Anda dapat menggunakan hybrid bike atau comfort bike.
  • Perlengkapan bersepeda, mulai dari helm bersepeda, pakaian yang nyaman, celana yang tepat, hingga sepatu dan perlengkapan keamanan lainnya.

  • Pelajari teknik dasar bersepeda. Anda juga wajib mengetahui teknik dasar bersepeda. Berhenti dengan rem pada jarak yang aman, memperlambat laju sepeda saat di belokan, mengelola tekanan rem pada jalan menurun, alokasi tenaga saat di tanjakan, serta penggantian gigi yang tepat waktu untuk meningkatkan efisiensi tenaga yang Anda miliki.
  • Temukan ritme yang tepat. Pada tahap awal, tubuh akan beradaptasi pada gerakan dan intensitas fisik saat bersepeda. Tidak perlu terburu-buru, temukan ritme yang tepat sehingga Anda dapat bersepeda tanpa memaksakan diri, namun tetap mendapatkan manfaatnya.
  • Persiapkan jalur perjalanan. Bersepeda dengan bebas memang menyenangkan. Namun jika ingin lebih terukur, Anda dapat menyiapkan jalur yang akan dilewati terlebih dahulu.
  • Tetap utamakan keselamatan. Penggunakan pendukung keselamatan saat bersepeda menjadi hal wajib, sama halnya dengan selalu menjaga kewaspadaan saat di jalan raya. Ikuti peraturan lalu lintas yang sudah diberikan, dan selalu berhati-hati saat bersepeda di jalan raya.

Mendapatkan manfaat bersepeda dapat diperoleh dengan metode yang tepat dan jadwal yang rutin. Konsistensi menjadi kunci agar semua manfaat ini dapat diperoleh. Jika berbicara mengenai risiko penyakit yang dapat dihindari dengan kegiatan sederhana ini, maka bersepeda menjadi langkah pencegahan yang mudah dan murah bukan?

Untuk mendukung gaya hidup sehat dengan bersepeda, Anda juga dapat memiliki produk asuransi yang tepat. Seperti penggunaan perangkat keamanan dalam bersepeda, asuransi kesehatan dapat membantu Anda mencegah risiko finansial yang muncul bilamana terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Karena masa depan seharusnya tidak berisiko, oleh karena dari itu AXA Mandiri menawarkan produk asuransi kesehatan untuk Anda dan keluarga.

AXA Mandiri hadir dengan berbagai produk asuransi kesehatan yang tepat dapat dipilih sesuai kebutuhan. Ragam asuransi yang ada di dalamnya dapat dicermati setiap detailnya, sehingga Anda memiliki pemahaman yang lebih baik.

Satu hal yang pasti adalah setiap produk asuransi kesehatan yang ditawarkan AXA Mandiri dapat mendukung Anda untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai asuransi dari AXA Mandiri, Anda dapat mengakses website resmi AXA Mandiri, atau menghubungi Financial Advisor AXA Mandiri di kantor cabang Bank Mandiri dan Bank Syariah Indonesia terdekat, atau dengan menghubungi contact center AXA Mandiri 1500803. Dapatkan proteksi asuransi kesehatan untuk Anda dan seluruh anggota keluarga dari AXA Mandiri untuk berbagai risiko yang mungkin muncul di masa depan!

 

Sumber:  

  • https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/6194d5c48eee9/15-manfaat-bersepeda-untuk-kesehatan-tubuh-yang-perlu-diketahui
  • https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/18/dishub-dki-anggarkan-rp75-miliar-untuk-jalur-sepeda-di-2023-ini-rincian-penggunannya
  • https://otomotif.tempo.co/read/1361580/pesepeda-indonesia-naik-1000-persen-negara-ini-alami-lonjakan
  • https://www.mongabay.co.id/2021/07/24/di-negeri-belanda-kemana-mana-naik-sepeda-bagaimana-di-indonesia/
  • https://portalsepeda.com/kiat-bersepeda-pemula-25-tips-penting-untuk-pesepeda-baru/ 
  • https://megapolitan.kompas.com/read/2022/11/18/17052471/kadishub-dki-sebut-jumlah-pesepeda-meningkat-drastis-setelah-dibangun