Asset Publisher

Asset Publisher

null Punya Asuransi, Apa Sih Manfaatnya? Yuk Simak Di Sini!
Berita Inspirasi

Asuransi merupakan salah satu produk yang penting untuk dimiliki, namun masih sedikit masyarakat Indonesia yang memanfaatkannya. Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), penetrasi asuransi di masyarakat Indonesia masih berada pada tingkat 3,11%. Sejumlah faktor menyebabkan rendahnya angka penetrasi asuransi di Indonesia diantaranya adalah kurangnya pemahanaman terhadap asuransi, khususnya manfaat yang didapatkan dari perlindungan asuransi. 

Lantas, apa saja manfaat dari asuransi yang menjadikan produk ini penting untuk dimiliki? Seperti yang dilansir oleh CNBC Indonesia, terdapat 5 manfaat utama yang bisa didapatkan dari asuransi, yaitu:

1. Mengurangi beban kecemasan  
Dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of Development Economics, manfaat dari memiliki asuransi adalah dapat menenangkan pikiran seseorang dan mengurangi rasa stress atau yang kerap disebut peace of mind. Hal ini karena asuransi dapat memberikan manfaat yang bisa menguntungkan dari segi kesehatan pikiran. Ketika Anda memiliki polis asuransi, proteksinya tentu akan mengurangi beban kecemasan dari kemungkinan buruk yang mungkin terjadi. Sebagai contoh, di masa yang penuh dengan kecemasan seperti kondisi pandemi, memiliki perlindungan asuransi kesehatan akan memberikan keyakinan kepada diri kita sendiri bahwa jika mengidap penyakit, beban biaya dari perawatan medis tidak akan menjadi kendala di kemudian hari. 


Baca juga: Turunkan Risiko Penyakit Kritis yang Mengintai dengan Cara Ini


2. Investasi demi Masa Depan
Asuransi juga bisa dijadikan sebagai bentuk investasi untuk masa depan baik dari sisi kesehatan maupun finansial. Dari sisi kesehatan, Anda bisa mendapatkan jaminan dengan berbagai manfaat asuransi yang ditawarkan seperti perlindungan dari penyakit-penyakit kritis yang memungkinkan perawatan terbaik dan sedini mungkin. Selain itu, perusahaan asuransi pada umumnya menyediakan layanan kesehatan pendukung lainnya atau added service guna membantu pemegang polis asuransi agar tetap sehat, seperti portal digital Emma oleh AXA Mandiri yang memberikan fasilitas gratis untuk telekonsultasi dengan dokter. Sementara dari sisi finansial, asuransi memberikan kepastian kondisi keuangan tetap terjaga di masa depan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. 
​​​​
3. Membantu Manajemen Keuangan
Kemudian, asuransi juga memberikan manfaat dalam membantu memperbaiki manajemen finansial para pemilik polis. Pasalnya, ketika mendapatkan permasalahan mengenai kesehatan, keuangan Anda tidak akan terganggu dengan biaya pengobatan dan perawatan. Sehingga tentunya Anda memiliki cukup ruang dari sisi finansial untuk mengantisipasi perubahan tidak terduga yang mungkin terjadi di masa depan. Keleluasaan dari segi pengelolaan keuangan memungkinkan Anda untuk mencapai financial goals lainnya seperti menabung untuk jalan-jalan ke luar negeri atau untuk pendidikan anak. 

Manajemen Keuangan Jika Berasuransi
4. Jaminan Kehidupan Seutuhnya
Ketika membeli produk asuransi, Anda bisa memastikan manfaat asuransi yang Anda dapatkan, seperti manfaat meninggal, manfaat kecelakaan, manfaat penyakit kritis, manfaat rawat inap, serta manfaat investasi.

Lewat berbagai jaminan itu, Anda dapat membentengi diri dari berbagai risiko yang mungkin terjadi. Tidak hanya proteksi kesehatan namun juga finansial sesuai manfaat yang dipilih. Beragamnya jenis perlindungan yang menjadi manfaat asuransi tentunya memerlukan pemahaman lebih dalam terhadap masing-masing jenis asuransi sehingga mendapatkan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. 


Baca juga: Jenis-jenis Asuransi di Indonesia, Simak Penjelasannya Yuk!


5. Bentuk Self-love
Selain melindungi dari segi kesehatan fisik, kesehatan mental Anda pun juga terlindungi ketika memiliki asuransi jiwa. Mental yang sehat membuat produktivitas Anda tetap terkendali. Oleh karena itu, asuransi dapat bermanfaat sebagai bentuk perhatian terhadap diri sendiri atau wujud self-love. Manfaat dari pelindungan asuransi ini mungkin tidak terasa saat ini tapi akan terasa di kemudian hari. 

Diharapkan lima poin di atas dapat menjawab pertanyaan Anda mengenai manfaat asuransi. Tentunya setiap produk asuransi memiliki manfaat-manfaat lainnya yang belum disebutkan. Jika ingin mengetahui manfaat asuransi lebih lanjut bagi Anda dan keluarga terutama dalam pencarian produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, kunjungi website AXA Mandiri dan segera hubungi Financial Advisor AXA Mandiri di kantor cabang Bank Mandiri dan Bank Syariah Indonesia atau contact center AXA Mandiri 1500803. 

Sumber: Kompas.com, CNBC Indonesia