Asset Publisher

Asset Publisher

null Punya Asuransi Syariah Ternyata Juga Bisa Membantu Sesama? Simak Penjelasan Berikut
Inspirasi Berita

Hijrah menjadi salah satu tren yang saat ini sedang berkembang di kehidupan masyarakat Indonesia. Bahkan banyak public figure yang berhijrah dan menjalankan kehidupannya sesuai dengan syariat islam. Tren ini menjadi salah satu hal yang melatarbelakangi banyaknya milenial mulai beralih ke produk keuangan berbasis syariah, salah satunya asuransi syariah.

Dengan alasan ingin hidup lebih baik, banyak orang mulai sadar akan pentingnya memilih asuransi syariah. Dilansir dari Republika, berikut beberapa alasan lain mengapa  semakin banyak orang lebih memilih asuransi syariah

1. Sistemnya lebih adil

Asuransi syariah menerapkan prinsip gotong royong dengan cara memberikan donasi atau subsidi bagi peserta asuransi lainnya yang sedang terkena musibah. Ketika membeli asuransi syariah, maka secara otomatis Anda sudah membantu peserta asuransi lain yang sedang membutuhkan.  Hal inilah yang membedakan asuransi syariah dengan konvensional. Anda tidak hanya bisa melindungi diri Anda dari risiko di kemudian hari namun juga bisa membantu sesama.


Baca juga: Punya Asuransi Syariah Bisa Beramal Kebaikan Sekaligus, Fakta atau Mitos? 


2. Informasi lebih transparan

Jika diperhatikan dengan baik, maka Anda akan mengetahui bahwa asuransi syariah memberikan informasi yang lebih lengkap dan detail. Saat membeli produk asuransi syariah, Anda akan mendapatkan informasi yang detail tentang proses dan tata cara pelaksanaannya.

Apa saja informasi yang biasanya diberikan perusahaan asuransi syariah?

  • Asuransi syariah menjelaskan informasi untung atau ruginya dengan jelas. Ketika Anda ingin bergabung, perusahaan asuransi akan menjelaskan keuntungan dan kerugian yang masuk dalam jenis asuransi ini sehingga Anda akan lebih siap menerima segala risiko yang terjadi di masa yang akan datang.
  • Asuransi syariah tidak mengambil keuntungan besar dan tidak menguntungkan salah satu pihak dalam pelaksanaannya. Asuransi syariah menghindari riba, dan dalam pelaksanaannya berdasarkan kepentingan bersama dengan asas tolong menolong.

Asuransi Syariah Menghindari Riba

  • Asuransi syariah berusaha dengan baik untuk menghindari perdebatan dan permusuhan antara pihak terkait, baik pihak peserta asuransi maupun pihak perusahaan asuransi. Hal ini  dikarenakan tugas utama dari perusahaan syariah adalah menghimpun, menyimpan, dan mengelola dana dari peserta asuransi, bukan semata hanya untuk mendapatkan keuntungan saja. Oleh karena itu, perusahaan asuransi akan memikirkan kebaikan bagi semua pihak, baik peserta maupun perusahaan asuransi.


Baca juga: Punya Asuransi? Apa Sih Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan?


3. Diawasi oleh DPS

Asuransi syariah juga diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang bertugas untuk mengawasi pengelolaan dana yang dilakukan oleh setiap perusahaan asuransi. DPS akan memperhatikan bahwa setiap dana yang terkumpul akan dialirkan pada saham atau seluruh sektor usaha yang “halal” dan tidak akan segan-segan untuk memberikan sanksi kepada perusahaan asuransi yang menyimpang dari prinsip syariah. Hal ini membuat Anda tidak lagi perlu khawatir tentang kontribusi yang Anda bayarkan pada perusahaan asuransi syariah.

4. Tidak ada dana hangus

Dalam asuransi konvensional, seluruh premi yang dibayarkan pemilik polis akan sepenuhnya menjadi milik perusahaan asuransi. Lain halnya dengan asuransi syariah, kontribusi yang dibayarkan peserta asuransi sepenuhnya menjadi hak milik nasabah dan perusahaan asuransi akan menerima ujrah (upah) sebagai imbalan jasa mengelola dana peserta asuransi.

Tanpa izin peserta asuransi, perusahaan asuransi tidak diperbolehkan menggunakan kontribusi dana yang dibayarkan. Apalagi jika penggunaan dana tersebut hanya untuk melakukan kegiatan yang menguntungkan perusahaan.

Itulah beberapa alasan yang bisa membuat Anda lebih yakin untuk memilih asuransi syariah. Hal lain yang tak kalah penting, pastikan kembali Anda mengetahui aturan dan proses yang perusahaan asuransi miliki sebelum menentukan pilihan untuk membeli produk asuransi syariah. Periksa kelengkapan administrasi dan reputasi dari perusahaan asuransi agar nantinya tidak ada penyesalan yang timbul sesudah membeli produk asuransi syariah tersebut.

Salah satu produk asuransi syariah yang bisa Anda pilih adalah Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah - Solusi Perlindungan Penyakit Kritis Ekstra dari AXA Mandiri. Asuransi ini dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda dan keluarga dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi risiko penyakit kritis sekaligus berwakaf. 

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah - Solusi Perlindungan Penyakit Kritis Ekstra, Anda bisa kunjungi website AXA Mandiri atau hubungi Financial Advisor AXA Mandiri dengan mengunjungi Kantor Cabang Bank Mandiri atau Bank Syariah Indonesia terdekat atau menghubungi contact center AXA Mandiri di 1500803.

 

Sumber: Republika.co.id, TimesIndonesia.co.id