Asset Publisher

Asset Publisher

null 10 Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat, Lezat, dan Nikmat
Inspirasi Ramadan

Puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama jika Anda menerapkan pola makan yang baik saat puasa. Bukan  hanya mengonsumsi makanan sehat saat sahur, Anda juga perlu memilih menu buka puasa sehat yang bernutrisi tinggi.

Sayangnya, kebanyakan orang justru mengonsumsi makanan kurang sehat ketika berbuka puasa, seperti mengonsumsi gorengan dengan lemak yang tinggi, es buah atau es teh manis dengan gula berlebih, dan banyak lagi makanan tidak sehat yang dikonsumsi saat berbuka puasa. Hal inilah yang akan membuat Anda tidak bisa mendapatkan manfaat berpuasa dengan maksimal dan justru menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah lesu ketika berpuasa serta memicu kenaikan berat badan yang tidak sehat.

Menu buka puasa sehat dan bergizi seimbang

Agar asupan nutrisi harian tetap terpenuhi dan mendapatkan manfaat berpuasa dengan maksimal, maka penting bagi Anda untuk mulai memilih menu buka puasa sehat dan bergizi seimbang. Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa rekomendasi menu buka puasa sehat yang bisa jadi alternatif Anda:

1. Kurma

Kurma adalah buah yang cukup populer ketika memasuki bulan puasa. Selain memiliki rasa manis, kurma juga mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh, seperti karbohidrat sederhana, yang berfungsi mengembalikan sumber energi setelah berpuasa.

Selain itu, kurma juga kaya akan serat yang dapat membuat Anda lebih cepat kenyang sehingga mencegah keinginan untuk makan berlebih yang dapat menyebabkan perut terasa nyeri dan kembung.Tidak hanya itu, kurma juga mengandung berbagai nutrisi lainnya yang diyakini dapat membantu meredakan sakit kepala dan pusing akibat gula darah rendah ketika puasa.

2. Air mineral

Air mineral menjadi minuman buka puasa sehat yang tidak boleh terlewatkan. Selama berpuasa, tubuh akan kehilangan cairan dan jika tidak segera diganti maka dapat menyebabkan dehidrasi yang bisa berujung ke kondisi yang lebih serius.

Anda dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh secara berkala sejak berbuka hingga sahur. Gunakan metode 2-4-2 yaitu dua gelas saat berbuka, empat gelas di sela-sela waktu berbuka dan sahur, serta dua gelas saat sahur.

3. Smoothies buah

Manisnya segelas smoothies bisa menghilangkan dahaga seketika saat berbuka puasa. Menu buka puasa sehat ini biasanya dibuat dari campuran yoghurt atau susu dengan potongan buah segar. Bahkan, jika senang bereksperimen rasa, Anda  bisa menambahkannya dengan sayuran.

Minum Smoothies Saat Berbuka Puasa

Jika Anda ingin smoothies yang sehat, pilihlah susu atau yoghurt yang rendah lemak dan gula. Anda juga tidak perlu menambahkan gula karena buah yang digunakan sudah memiliki rasa manis.

4. Kolak pisang tanpa santan

Berbuka puasa rasanya tidak lengkap tanpa kolak. Namun bagi Anda yang tidak suka makanan bersantan atau takut mengonsumsi kolak karena kandungan santannya, jangan cemas. Anda bisa mengganti santan dengan bahan lain yang lebih menyehatkan, seperti susu.

Pilihlah susu skim yang kandungan lemaknya lebih rendah, kemudian ganti gula merah dengan pemanis buatan yang rendah kalori. Pemanis buatan akan membuat menu kolak terasa manis, tetapi tetap aman untuk mengontrol kadar gula darah Anda.

5. Es buah

Menu buka puasa sehat yang satu ini hampir tidak pernah absen saat berbuka puasa. Biasanya, es buah menggunakan gula pasir, berbagai jenis sirup, dan krim kental manis yang justru membuat kandungan gula menjadi sangat tinggi.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membuat sendiri menu buka puasa satu ini di rumah agar menjadi lebih sehat dan tetap lezat dengan mengurangi gula pada es buah. Cobalah dengan membuat kuah dengan campuran air, perasan lemon, dan madu. Anda juga bisa membuat kuahnya dari jus buah kaya air seperti semangka. Kemudian lengkapi makanan berbuka puasa yang sehat ini dengan aneka ragam buah-buahan lainnya. Hal ini lebih menyehatkan karena Anda mendapatkan zat gizi yang berbeda-beda dari setiap jenis buah.

6. Salad sayur dan buah

Salad sayur dan buah juga bisa menjadi salah satu alternatif menu buka puasa sehat yang  bisa Anda coba. Panduan kesehatan Ramadan dari NHS merekomendasikan konsumsi makanan kaya serat seperti buah dan sayur. Kedua menu ini juga cocok untuk memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

Sayur dan buah diproses secara perlahan di dalam lambung dan usus sehingga  membuat pengosongan perut lebih lama dan membuat  efek kenyang akan berlangsung lebih lama. Saat mengolah salad sayur dan buah, sebaiknya hindari saus tinggi garam, gula, dan lemak jenuh seperti krim kental manis, mayonaise, dan saus keju. Cobalah ganti dengan dressing salad yang sehat seperti minyak zaitun, madu dan lemon, serta yoghurt tanpa gula.

7. Sup sayur

Untuk mengembalikan cairan tubuh, Anda juga bisa mengonsumsi sup sayur sebagai menu buka puasa sehat. Anda dapat membuat sup dengan campuran sayur segar seperti wortel dan sawi. Agar menjadi makanan berbuka puasa yang sehat, pastikan Anda tidak menambahkan garam berlebih. Untuk rasa yang lebih kaya, Anda bisa menambahkan merica, daun seledri, bunga lawang, dan kapulaga.

Sup Sayur Untuk Menu Buka Puasa Sehat

Anda juga bisa menambahkan daging ayam, bakso sapi, atau jamur agar lebih lezat. Daging dalam sup memiliki asupan protein yang tinggi sehingga dapat mengembalikan energi tubuh. Dengan mengonsumsi sayur dan daging, Anda bisa mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

8. Daging ayam

Menu buka puasa sehat yang bisa Anda buat selanjutnya adalah daging ayam tanpa kulit. Daging ayam mengandung berbagai nutrisi mulai dari protein, vitamin, hingga mineral, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh ketika berpuasa.

Selain memiliki kandungan nutrisi yang beragam, daging ayam juga bisa diolah menjadi berbagai variasi menu. Anda dapat mengolah ayam dengan cara dipanggang, direbus atau dibuat sup, soto, opor, dan masih banyak lagi.

9. Ikan

Selain daging ayam, Anda juga bisa memasukkan ikan sebagai menu buka puasa sehat. Pasalnya ikan merupakan sumber protein dan vitamin B yang dapat membantu mengembalikan energi setelah Anda menahan lapar selama beberapa jam. Pilihlah jenis ikan yang mengandung lemak baik (omega-3), seperti ikan salmon, tuna, atau sarden.

Salah satu rekomendasi cara mengolah lauk yang terbuat dari ikan adalah dengan membakarnya. Agar lebih sehat, Anda bisa mengganti mentega dengan minyak zaitun dan hindari membakarnya hingga gosong.

10. Daging merah

Daging merah merupakan salah satu sumber protein, lemak, dan zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah anemia. Jika sulit didapatkan, daging merah dapat digantikan dengan hati ayam dan sayur tinggi zat besi, seperti bayam, brokoli dan kentang.

Agar mendapatkan manfaat puasa yang maksimal, pastikan juga untuk menghindari makanan manis, gorengan, makanan kuah santan gurih, dan berlemak ketika berbuka puasa. Gorengan kaya akan lemak trans dan lemak jenuh sulit dicerna oleh tubuh sehingga nantinya dapat meningkatkan risiko masalah pencernaan. Tidak hanya itu, kedua lemak ini juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. 

Selama berpuasa, sebaiknya Anda juga mengurangi asupan garam saat berpuasa. Hal ini karena makanan tinggi garam justru membuat tubuh rentan kekurangan air atau dehidrasi yang menyebabkan kadar natrium dalam tubuh meningkat.

Dengan memilih menu buka puasa sehat, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat puasa bagi kesehatan, mulai dari menurunkan berat badan, mencegah risiko jantung, hingga menjaga kesehatan mental. Selain memilih menu buka puasa sehat, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk memilih asuransi kesehatan yang dapat membantu melindungi Anda dari risiko yang mungkin terjadi akibat risiko kesehatan di kemudian hari. Salah satu asuransi yang bisa Anda pilih adalah asuransi kesehatan syariah dari AXA Mandiri.

Dengan mendaftarkan diri Anda dan keluarga ke dalam asuransi kesehatan syariah dari AXA Mandiri, Anda akan mendapatkan perlindungan dari berbagai risiko keuangan akibat risiko penyakit di kemudian hari. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan manfaat tunai yang dapat digunakan untuk menutup biaya pengobatan akibat berbagai penyakit yang di-cover di dalam polis asuransi.

Untuk mendaftarkan diri Anda dan keluarga ke dalam asuransi kesehatan syariah dari AXA Mandiri, silakan langsung kunjungi website AXA Mandiri atau hubungi Financial Advisor AXA Mandiri dengan mengunjungi Kantor Cabang Bank Syariah Indonesia terdekat atau menghubungi contact center AXA Mandiri di 1500803.

 

Sumber:

  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/menu-buka-puasa-sehat
  • https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/menu-takjil-buka-puasa/
  • https://www.sehataqua.co.id/makanan-berbuka-puasa-yang-sehat/