Asset Publisher

Asset Publisher

null 5 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit
Inspirasi

Saat musim hujan tiba, umumnya banyak penyakit yang mengintai. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan sistem imun agar tubuh tetap sehat dan bebas dari risiko penyakit. Untuk menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan mulai dari olahraga, tidur berkualitas, hingga mencukupi kebutuhan vitamin untuk daya tahan tubuh.

Hanya mengandalkan makan buah atau multivitamin tentunya tidak cukup untuk menjaga daya tahan tubuh. Anda juga perlu memenuhi kebutuhan vitamin dengan mengonsumsi berbagai sumber makanan sehat yang dibutuhkan tubuh.

 

Vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh

vitamin apa saja yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh?  Berikut penjelasannya yang diambil dari beberapa sumber.

1. Vitamin A

Vitamin A sering dianggap sebagai vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Nyatanya, vitamin ini juga dapat membantu membangun pertahanan alami dan sistem imun untuk mencegah infeksi dan penyakit karena berperan penting dalam pembentukan sel darah putih, yaitu sel yang berfungsi untuk melawan infeksi virus dan bakteri pada tubuh. Ketika kualitas dan kuantitas sel darah putih terjaga baik, maka risiko terkena penyakit akibat infeksi virus, seperti COVID-19 pun akan menurun.

Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin A dengan mengonsumsi sumber makanan hewani seperti ikan, daging, hati sapi, atau produk olahan susu sapi, serta sayuran berwarna cerah seperti brokoli, tomat, ubi jalar, labu, wortel, dan sayuran berdaun hijau gelap. Asupan vitamin A harian yang direkomendasikan adalah 900 mikrogram untuk pria dewasa dan 700 mikrogram untuk wanita dewasa. Sedangkan wanita yang sudah menopause atau orang tua yang berisiko osteoporosis tidak boleh mengonsumsi vitamin A lebih dari 1,5 mg sehari termasuk dari makanan atau suplemen. 

2. Vitamin B

Bukan hanya menjaga kesehatan tubuh, vitamin B juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh serta produksi energi. Vitamin B kompleks dapat membantu menjalankan berbagai fungsi organ tubuh termasuk memproduksi sel darah merah dan DNA, serta fungsi penting lainnya. Kekurangan asupan vitamin B kompleks dapat meningkatkan risiko anemia dan masalah neurologi pada orang dewasa.

Di bawah ini adalah beberapa fungsi vitamin B kompleks untuk tubuh: 

  • Vitamin B1: Mengolah makanan menjadi energi. 
  • Vitamin B2 dan B3: Memproses makanan menjadi energi, serta menjaga kesehatan sistem saraf, mata, dan kulit. 
  • Vitamin B5: Membantu memecah protein, lemak, karbohidrat, dan nutrisi lain dalam makanan untuk diproses menjadi energi. 
  • Vitamin B6: Mengolah protein dan karbohidrat menjadi energi dan memproduksi hemoglobin yang berfungsi menyalurkan sel darah merah penuh oksigen ke seluruh tubuh. 
  • Vitamin B7: Mengolah lemak dan karbohidrat makanan menjadi energi, serta membantu menghasilkan protein untuk tubuh. 
  • Vitamin B12: Memproduksi sel darah merah dan melancarkan fungsi sistem saraf. 

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin B, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, telur, susu, daging ayam dan ikan, serta brokoli dan paprika. 

3. Vitamin C

Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari mengoptimalkan fungsi sel darah putih untuk melawan infeksi, menangkal efek radikal bebas, menjaga kesehatan kulit, hingga mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, vitamin C juga sering disebutkan sebagai immune booster alias penambah daya tahan tubuh.

Vitamin C Memiliki Banyak Manfaat Untuk Menjaga Kesehatan

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, Anda disarankan untuk mengonsumsi vitamin C harian sekitar 75-90 miligram per hari. Anda bisa mencukupinya dengan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin C seperti  jeruk, lemon, kiwi, stroberi, papaya, mangga, tomat, brokoli, labu, bayam, kale, dan paprika.

4. Vitamin D

Vitamin D dikenal sebagai vitamin yang membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Meski begitu, vitamin ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Menurut Kathleen Zelman, RD, direktur nutrisi untuk WebMD yang dikutip dari Nestle Health Science, vitamin D juga dapat mencegah penyakit yang memicu masalah kognitif, kardiovaskular, serta diabetes tipe 2.

Untuk mendapatkan asupan vitamin D, Anda bisa berjemur saat pagi hari sekitar 5-15 menit. Namun hindari untuk berjemur pada pukul 10.00-16.00 karena pada jam tersebut sinar matahari dapat membuat kulit rentan terbakar.

Selain berjemur, Anda juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin D dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti ikan salmon, makarel, tuna, sarden, hingga sumber makanan vitamin D fortifikasi (misalnya susu, sereal, dan jus jeruk). Anda juga bisa mendapatkan sumber vitamin D dengan mengonsumsi susu dan produk olahan susu, telur,dan, yoghurt.

5. Vitamin E

Vitamin E memiliki fungsi yang hampir sama dengan vitamin C. Dengan sifat antioksidan didalamnya, vitamin E membantu tubuh melawan infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Oleh karena itu, vitamin E baik dikonsumsi untuk memperkuat daya tahan tubuh sekaligus membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat efek radikal bebas.

Untuk mendapatkan asupan vitamin E, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji bunga matahari, kacang almond, kacang hazelnut, dan kacang tanah. Anda juga bisa mengonsumsi sayuran hijau, mangga, alpukat, bayam, makanan laut, dan minyak nabati.

Dengan mencukupi kebutuhan vitamin harian, Anda bisa menjaga daya tahan tubuh sekaligus mencegah berbagai risiko penyakit yang mudah menyerang ketika imun turun. Selain mencukupi asupan vitamin harian, tentunya Anda juga perlu mencegah risiko finansial yang mungkin terjadi ketika penyakit menyerang tubuh, salah satu caranya adalah dengan memiliki asuransi kesehatan.

Anda bisa memilih asuransi kesehatan dari AXA Mandiri untuk diri Anda maupun keluarga sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Untuk mendaftarkan diri Anda dan keluarga ke dalam asuransi kesehatan AXA Mandiri, silakan langsung kunjungi website AXA Mandiri atau hubungi Financial Advisor AXA Mandiri dengan mengunjungi Kantor Cabang Bank Mandiri atau Bank Syariah Indonesia terdekat atau menghubungi contact center AXA Mandiri di 1500803.

 

Sumber:

  • https://www.nestlehealthscience.co.id/artikel/7-vitamin-untuk-orang-tua%20%28
  • https://realfood.co.id/id/artikel/8-jenis-vitamin-mineral-untuk-daya-tahan-tubuh
  • https://www.halodoc.com/artikel/5-jenis-vitamin-yang-bisa-tingkatkan-imun-tubuh-di-masa-pandemi