Aset Penerbit

Aset Penerbit

null Simak 7 Tips Melindungi Diri dari Virus Corona
Berita Inspirasi

Sejak awal tahun 2020, kasus merebaknya kabar tentang virus corona hingga saat ini masih jadi momok yang menakutkan. Data terakhir dari Kemenkes.go.id, total kasus konfirmasi novel coronavirus (2019-nCoV) global per tanggal 3 Februari 2020 adalah 17.391 kasus dan 17.238 kasus diantaranya dilaporkan dari Cina (tersebar di 34 wilayah), dengan 64,8% kasus konfirmasi dari Cina berasal dari Provinsi Hubei. Total kematian 361 kasus (CFR 2,1%) yang seluruhnya terjadi di Cina, dan satu kematian pertama diluar negara Cina terjadi di negara Filipina.

Kemenkes.go.id juga melansir, WHO sudah menetapkan 2019-nCoV sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) sejak tanggal 30 Januari 2020 karena adanya peningkatan kasus yang signifikan dan kasus konfirmasi di beberapa negara lain. Hingga saat ini konfirmasi tentang penyebaran virus corona dilaporkan di 23 negara sebanyak 153 kasus.

Dikutip laman Detik.com, novel coronavirus (virus corona) sebetulnya virus umum yang kebanyakan tidak berbahaya. Virus corona menginfeksi hidung, sinus, dan tenggorokan bagian atas. Meski begitu, infeksi beberapa jenis virus corona ternyata bisa berdampak serius.

Kebanyakan virus corona menyebar seperti virus influenza pada umumnya. Virus corona menyebar melalui batuk dan bersin mereka yang terinfeksi. Penyebaran juga bisa terjadi lewat sentuhan tangan, wajah, dan pegangan pintu atau bagian lain yang umum disentuh.

Segera lindungi diri

Siapa pun dapat terinfeksi virus corona. Akan tetapi, bayi dan anak kecil, serta orang dengan kekebalan tubuh yang lemah lebih rentan terhadap serangan virus ini. Selain itu kondisi musim juga mungkin berpengaruh.

Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk mencari perawatan lebih awal. Jika gejala memburuk segera kunjungi dokter. Sebagai pencegahan cobalah untuk mengikuti langkah yang diajurkan berikut ini.

Gunakan selalu masker saat bepergian dan ditempat keramaian

Cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas untuk menjaga kebersihan

Hindari kontak langsung dengan hewan

Konsumsi buah dan sayur serta menjaga keseimbangan gizi

Rutin berolahraga dan istirahat cukup

Hindari mengonsumsi daging mentah atau yang tidak dimasak

Lengkapi diri dan keluarga dengan perlindungan jiwa dan kesehatan

Hingga saat ini memang belum ada pengobatan khusus untuk menangani virus corona. Tapi, penelitian masih terus dilakukan, namun perlu waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk uji klinis vaksin tersebut.

Sumber: Kemenkes.go.id, Detik.com, Halodoc.com

Terkait Aset