Aset Penerbit

Aset Penerbit

null Lebih Tenang Hadapi Hepatitis Akut dengan Berbagai Manfaat Asuransi
Inspirasi Berita

Penyakit hepatitis akut menjadi salah satu masalah kesehatan yang mengancam dunia saat ini. Kasus penyakit hepatitis akut pertama kali dilaporkan di Inggris Raya pada tanggal 5 April 2022. Bahkan World Health Organization (WHO) menetapkan kasus hepatitis akut sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) setelah mendapatkan laporan penyakit ini menjangkiti 169 anak di 12 negara pada 23 April 2022, seperti dilansir Katadata.

Penyakit hepatitis akut pun telah ditemukan di Indonesia dan mengakibatkan tiga anak meninggal dunia pada April 2022 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Kemenkes menetapkan ketiganya terjangkit hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya, seperti disebutkan Kompas.com.

Berdasarkan data infeksiemerging.kemkes.go.id, virus hepatitis akut lebih banyak menyerang anak-anak usia 1 bulan hingga 16 tahun. Secara umum, gejala awal penyakit ini adalah mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan. Kemudian gejala akan semakin berat dengan kencing berwarna pekat mirip teh dan BAB berwarna putih pucat. Apabila anak Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan diagnosis awal. 


Baca Juga: Penting! Ini 7 Penyakit Tropis di Indonesia dan Langkah Pencegahannya 


Cara mencegah hepatitis akut 

Kementerian Kesehatan sampai saat ini masih melakukan investigasi melalui pemeriksaan panel virus lengkap dengan penyelidikan epidemiologi untuk mengetahui lebih lanjut penyebab penyakit hepatitis akut. Namun, untuk mencegah risiko infeksi, tindakan pencegahan tetap bisa dilakukan. Dilansir dari kemkes.go.id, berikut lima upaya pencegahan Hepatitis Akut yang bisa Anda lakukan:

  1. Menerapkan protokol kesehatan, terutama menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas
  2. Memastikan makanan yang dikonsumsi dalam keadaan matang dan bersih
  3. Menghindari kontak dengan orang yang sakit
  4. Kurangi mobilitas
  5. Tidak bergantian alat makan dengan orang lain.

Selain dengan lima langkah di atas, pemberian vaksin hepatitis tetap penting untuk mengurangi risiko penularan. 

Pemberian Vaksin Hepatitis Tetap Penting Untuk Mengurangi Risiko Penularan

Pasalnya, vaksin hepatitis adalah cara pencegahan yang paling efektif untuk menekan jumlah kasus hepatitis. Mengingat ketika vaksin hepatitis diberikan pada orang yang berisiko terinfeksi, tubuh akan dirangsang untuk membuat antibodi. Antibodi ini nantinya berperan dalam melawan virus hepatitis bila sewaktu-waktu masuk ke dalam tubuh, seperti dilansir Hellosehat.  

Hepatitis akut bukan penyakit yang dapat diabaikan begitu saja. Diperlukan cara pencegahan yang tepat agar penyakit ini tidak menulari kita semua. Sejatinya, mempraktikkan kiat-kiat pencegahan di atas sudah cukup. Namun, agar hidup lebih tenang, sebaiknya tetap lindungi diri dan keluarga dengan asuransi kesehatan untuk melindungi dari berbagai risiko finansial akibat terkena penyakit hepatitis.

Manfaat asuransi untuk hadapi penyakit 

Memiliki polis asuransi penting untuk menghadapi berbagai risiko buruk yang mungkin saja terjadi. Dalam konteks gangguan kesehatan atau penyakit yang bisa menyebabkan kita sakit parah bahkan meninggal dunia, manfaat asuransi  dapat meringankan beban finansial. Baik itu untuk penggantian biaya obat-obatan dan penggantian biaya rawat inap, maupun manfaat uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia. 

Namun, tidak sebatas meringankan beban finansial, manfaat asuransi juga berhubungan dengan aspek psikologis saat harus menghadapi ancaman penyakit. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut manfaat asuransi berdasarkan tipe asuransi untuk kehidupan Anda. 

Manfaat asuransi jiwa 

Hasil penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Development Economics via CNBC Indonesia, memiliki asuransi jiwa dapat menenangkan pikiran seseorang dan mengurangi rasa stres. Hal ini disebabkan asuransi dapat memberikan manfaat yang bisa menguntungkan dari segi kesehatan pikiran. Saat Anda memiliki polis asuransi jiwa, proteksinya akan mengurangi rasa cemas atas kemungkinan terburuk yang bisa terjadi karena Anda meninggal dunia. 

Salah Satu Manfaat Asuransi Adalah Mengurangi Rasa Cemas

Di samping meringankan beban pikiran, manfaat asuransi jiwa juga berkaitan dengan jaminan hidup. Artinya, saat Anda membeli produk asuransi jiwa, Anda bisa memastikan manfaat asuransi yang didapatkan, mulai dari manfaat meninggal, manfaat kecelakaan, manfaat penyakit kritis, hingga manfaat rawat inap. Melalui manfaat-manfaat tersebut, hidup jadi lebih terjamin lantaran Anda mampu memproteksi diri dari risiko-risiko kehidupan. Tidak terkecuali dari risiko sakit akibat hepatitis akut yang bisa menimbulkan kemungkinan terburuk. 

Manfaat asuransi kesehatan

Tidak jauh berbeda dengan asuransi jiwa, asuransi kesehatan juga bisa memberikan manfaat berupa ketenangan pikiran. Hal ini disebabkan Anda tidak perlu lagi mencemaskan biaya rawat inap, rawat jalan, hingga obat-obatan apabila membutuhkan perawatan di rumah sakit karena semua dapat ditanggung perusahaan asuransi sesuai dengan manfaat yang tertera dalam polis. 

Selain itu, manfaat asuransi kesehatan juga terkait perlindungan atas beragam penyakit. Seperti kita tahu, saat ini sudah banyak penyakit yang dapat di-cover oleh asuransi. Hal ini merupakan kabar baik bagi kita semua karena setiap orang memiliki risiko penyakit yang berbeda-beda. 


Baca Juga: 6 Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan Agar Keluarga Sehat dan Bahagia


Beberapa perusahaan asuransi, salah satunya AXA Mandiri menawarkan produk asuransi kesehatan yang dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap penyakit-penyakit tropis, yaitu Asuransi Mandiri Proteksi Penyakit Tropis. Bagi Anda yang mungkin belum tahu, Asuransi Mandiri Proteksi Penyakit Tropis adalah produk asuransi dari AXA Mandiri yang memberikan perlindungan dari risiko penyakit yang sering terjadi di negara-negara tropis, misalnya demam berdarah, malaria, tifus, campak, chikungunya, zika, hepatitis A yang dapat diderita lebih dari satu kali dalam masa hidup seseorang. 

Apabila Anda memerlukan informasi lebih lengkap mengenai Asuransi Mandiri Proteksi Penyakit Tropis, segera kunjungi website AXA Mandiri atau hubungi Financial Advisor AXA Mandiri di kantor cabang Bank Mandiri atau contact center AXA Mandiri 1500803. 

 

Sumber: Katadata, Kompas.com, infeksiemerging.kemkes.go.id, Republika, Indonesia Baik, Dinkes Kabupaten Buleleng, Kemkes, Hello Sehat, Kemenkes RI, Hello Sehat, CNBC Indonesia