Aset Penerbit

Aset Penerbit

null Simak Tips Mudah Berikut Untuk Mencegah Demam Berdarah!
Berita Inspirasi

Hingga saat ini demam berdarah masih menjadi masalah kesehatan penting di khususnya di Indonesia, karena dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk dan sering terjadi di daerah tropis dan subtropis. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melindungi keluarga dari penyakit ini.

Penyebab Demam Berdarah
Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh salah satu dari empat jenis virus dengue. Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus yang sering ditemukan di dalam maupun di sekitar pemukiman. Ketika nyamuk menggigit seseorang yang terinfeksi virus dengue, maka virus tersebut masuk ke dalam nyamuk. Kemudian nyamuk yang telah terinfeksi virus tersebut menggigit orang lain dan virus akan memasuki aliran darah orang tersebut dan menyebabkan infeksi.


Baca Juga: Pakai Parfum Menyengat Bisa Memicu Demam Berdarah


Gejala Demam Berdarah
Banyak orang tidak mengetahui jika sudah terinfeksi demam berdarah dengue karena biasanya gejala penyakit ini akan muncul pada hari ke-4 hingga ke-10 setelah gigitan nyamuk yang terinfeksi virus dengue. Ketika gejala benar-benar terjadi, hal tersebut juga sering disalah artikan sebagai penyakit lain, seperti flu atau typus.

Penyakit demam berdarah bisa menyebabkan demam tinggi hingga 40 derajat Celcius dan gejala lainnya seperti sakit kepala, nyeri otot, tulang, atau sendi, mual dan muntah, sakit di belakang mata, kelenjar bengkak, ruam. Jika gejalanya ringan, pemulihan bisa dalam waktu seminggu atau lebih. Namun, dalam beberapa kasus, gejala demam berdarah bisa menjadi lebih buruk dan menjadi ancaman serius.  Demam berdarah dengan tingkat keparahan yang tinggi bisa merusak pembuluh darah yang menyebabkan jumlah sel pembentuk gumpalan (trombosit) dalam aliran darah turun sehingga bisa menyebabkan terjadinya syok, perdarahan internal, kegagalan organ, bahkan kematian.


Obat Demam Berdarah
Sayangnya, hingga saat ini belum ada obat khusus untuk penyakit demam berdarah. Guna mempercepat penyembuhan, pastikan untuk minum banyak cairan dan lekas hubungi dokter ketika memiliki tanda dan gejala-gejala berikut ini:

  • Berkurangnya buang air kecil
  • Sedikit atau tidak ada air mata
  • Mulut atau bibir kering
  • Badan lesu
  • Ekstremitas dingin atau lembab.

Anda juga bisa mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas seperti acetaminophen yang dapat membantu mengurangi nyeri otot dan demam. Namun, sebaiknya hindari jenis obat pereda nyeri lainnya yang bisa meningkatkan risiko komplikasi pendarahan, termasuk aspirin, ibuprofen, dan naproxen sodium

Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah
Pengendalian populasi nyamuk jenis Aedes aegypti dan Aedes albopictus masih menjadi cara efektif untuk mencegah penyebaran demam berdarah. Selain itu, menghindari gigitan nyamuk tersebut juga dapat melindungi diri Anda dan keluarga dari gigitan nyamuk demam berdarah.

Berikut tips yang dapat Anda lakukan:

  • Gunakan AC atau kelambu yang dipasang di ventilasi dan tempat tidur. Biasanya, nyamuk yang membawa virus dengue paling aktif dari fajar hingga senja. Namun mereka juga bisa menggigit di malam hari.
  • Gunakan pakaian pelindung ketika bepergian ke daerah yang dipenuhi nyamuk. Misalnya dengan menggunakan baju lengan panjang, celana panjang, kaus kaki, dan sepatu.
  • Gunakan obat nyamuk seperti permetrin yang bisa  diaplikasikan pada pakaian, sepatu, perlengkapan berkemah, dan kelambu.

Itulah beberapa informasi mengenai demam berdarah sekaligus cara mencegahnya. Selain melakukan langkah-langkah pencegahan di atas, memiliki asuransi kesehatan seperti Asuransi Mandiri Proteksi Penyakit Tropis dari AXA Mandiri dapat menjadi salah satu cara untuk melindungi Anda dan keluarga dari risiko demam berdarah. Anda bisa mendapatkan penggantian biaya rawat inap di rumah sakit apabila Anda atau keluarga terkena demam berdarah.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai perlindungan risiko sakit demam berdarah beserta manfaatnya, Anda dapat mengunjungi website AXA Mandiri atau menghubungi Financial Advisor AXA Mandiri di kantor cabang Bank Mandiri dan Bank Syariah Indonesia atau contact center AXA Mandiri 1500803.

Sumber: Sinkarkes, Halodoc, Dinas Kesehatan