Aset Penerbit

Aset Penerbit

null 10 Rekomendasi Menu Sahur Sehat yang Mudah dan Praktis Disiapkan
Inspirasi Ramadan

Selama bulan puasa, kebanyakan orang memilih untuk makan sahur dalam porsi banyak agar perut terasa kenyang lebih lama. Namun jika asupan saat sahur tidak diperhatikan dengan baik kandungan nutrisinya, bukan tidak mungkin justru membuat Anda akan merasa lebih mudah lapar di siang hari.

Tanpa asupan menu yang tepat, tubuh akan mudah merasa lelah dan lemas, sehingga Anda menjadi kurang produktif dan tidak memiliki energi untuk beraktivitas di siang hari. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui dan memilih menu sahur sehat yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga tetap bisa berenergi sepanjang hari hingga waktu berbuka puasa.

Menu sahur sehat yang mudah disiapkan

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa menu sahur sehat yang bisa Anda buat di rumah dengan praktis dan mudah.

1. Nasi merah

Salah satu rekomendasi menu sahur sehat adalah nasi merah. Anda bisa coba mengganti nasi putih dengan nasi merah yang memiliki kalori lebih rendah. Menariknya, nasi merah juga memiliki indeks glikemik lebih rendah yang dapat membantu memperlambat kenaikan gula darah sekaligus membuat kenyang lebih lama. Hal ini karena makanan dengan indeks glikemik rendah dapat membuat proses penyerapan zat gizi pada tubuh lebih lambat.

2. Nasi tim beras merah

Anda juga bisa mengolah beras merah menjadi nasi tim sebagai salah satu sumber energi selama berbuka puasa. Sajian ini tidak hanya menambah pasokan energi untuk tubuh, tetapi juga memberikan efek kenyang lebih lama. Hal ini disebabkan karena makanan berkarbohidrat kompleks seperti beras merah membutuhkan lebih banyak waktu untuk dicerna oleh tubuh.

Agar lebih sehat, Anda juga bisa menyajikan nasi tim dengan potongan dada ayam yang tinggi protein. Pastikan juga untuk membatasi penggunaan garam atau bumbu masak yang mengandung natrium tinggi ketika memasak karena bisa membuat tubuh Anda lebih mudah dehidrasi selama puasa.

3. Sayur bening bayam dan jagung

Jika Anda ingin menu sahur sehat yang menyegarkan, membuat sayur bening dengan campuran bayam dan jagung dapat menjadi salah satu pilihan tepat. Selain praktis dibuat ketika sahur, menu ini juga  dapat mencegah Anda mengalami lemas selama berpuasa.

Sayur Bening Bayam dan Jagung Untuk Menu Sahur Sehat

Bayam dan jagung merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna oleh usus sehingga dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama dan membuat energi tidak cepat berkurang.Bukan hanya itu, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air seperti sayur bening bayam dan jagung juga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang nantinya membantu tubuh terhindar dari dehidrasi yang menyebabkan tubuh lemas selama berpuasa.

4. Sup

Sup menjadi salah satu makanan dengan banyak sayuran di dalamnya. Tidak hanya sayuran, dalam sup terkadang juga ada daging yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Wortel dan kentang di dalam sup juga menjadi dua sayuran yang kaya protein dan karbohidrat. Wortel mengandung berbagai nutrisi lain seperti biotin, vitamin A, vitamin K1, dan vitamin B6. Sedangkan kentang mengandung nutrisi seperti kalium, folat, dan vitamin C. Berkat berbagai nutrisi tersebut, konsumsi sayur sup dengan wortel dan kentang bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap fit dan terhindar dari lemas selama berpuasa.

Menariknya lagi, makanan ini juga dapat menghentikan sel-sel di perut untuk memproduksi hormon yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan pada tubuh. Sebuah studi dari Pennsylvania State University mengungkapkan bahwa wanita yang mengonsumsi sup untuk sarapan akan makan 100 kalori lebih sedikit saat makan siang.

5. Semur daging

Menikmati semur daging dengan nasi panas saat sahur tentu sangat menggugah selera. Bukan hanya lezat, daging juga menjadi sumber protein yang cocok disajikan sebagai menu sahur sehat agar badan tidak lemas.

Dalam tubuh, protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan lebih bertenaga. Nutrisi lain yang terkandung dalam daging seperti zinc, zat besi, fosfor, vitamin B6, dan vitamin B12 juga bisa membantu Anda kuat menjalani puasa seharian

6. Telur

Telur merupakan menu sahur yang praktis, mudah dimasak, dan tentunya dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Kandungan protein dan lemak pada telur dapat membuat Anda tidak merasa lapar dalam jangka waktu yang cukup lama.

Menu Sahur Sehat Dengan Telur

Anda bisa membuat berbagai macam menu telur, mulai dari telur dadar, telur ceplok, omelet telur, dan sebagainya. Namun pastikan untuk terlebih dahulu memasak telur hingga matang sebelum mengonsumsinya agar kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik.

7. Kacang-kacangan

Menu sahur praktis dan sehat lainnya adalah kacang-kacangan. Bahan makanan ini mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat mengenyangkan sehingga baik untuk dikonsumsi ketika sahur.

Kacang-kacangan juga mengandung serat tinggi yang membantu menjaga sistem pencernaan tubuh. Selain itu, protein dalam kacang-kacangan juga penting dalam memperbaiki dan membangun jaringan tubuh.

Salah satu jenis kacang yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur adalah kacang edamame. Protein tinggi dalam edamame akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga dapat membantu mengendalikan nafsu makan saat berpuasa. Anda bisa mencampurkan kacang dengan susu, yoghurt, atau oatmeal untuk menambah energi tubuh.

8. Buah-buahan

Ketika sahur, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti buah semangka, apel, melon, atau buah pir. Buah-buahan tersebut juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin yang membuat tubuh kuat menjalani puasa sepanjang hari.
Anda juga bisa memilih buah pisang yang kaya kandungan mineral seperti magnesium dan potasium. Selain itu, pisang juga merupakan makanan yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama selama berpuasa.

9. Oatmeal

Oatmeal sering dipilih sebagai salah satu menu sarapan sehat dan bisa menjadi alternatif untuk sahur. Anda juga bisa menambahkan oatmeal dengan susu, yogurt, dan buah-buahan segar sebagai topping untuk menambah cita rasa dan kelezatannya. 
Kombinasi buah-buahan, yoghurt, dan oatmeal akan membantu memberikan energi untuk tubuh Anda dan bisa menjadi sumber karbohidrat dan serat yang dapat membuat kenyang lebih lama.

10. Kurma

Kurma adalah buah dengan segudang manfaat dan bisa membantu mencukupi kebutuhan tubuh saat berpuasa. Anda bisa mencampur kurma dengan oatmeal atau mengonsumsinya secara langsung. Tak hanya untuk menu sahur, kurma juga bisa Anda konsumsi ketika berbuka puasa.

Selain beberapa menu sahur sehat di atas, pastikan juga untuk mengonsumsi air mineral dengan cukup saat sahur untuk mencegah dehidrasi yang menyebabkan tubuh terasa lemas dan mudah lelah selama berpuasa. Anda dianjurkan untuk minum 1 gelas air putih saat sahur, setelah sahur, saat berbuka puasa, setelah shalat Maghrib, saat makan malam, setelah shalat Isya, setelah shalat Tarawih, dan sebelum tidur. Sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein ketika sahur, karena kafein dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil sehingga cairan di dalam tubuh akan berkurang dan menyebabkan lemas.

Mengonsumsi menu sahur sehat dapat membuat Anda menjalani puasa lebih bertenaga. Namun, apabila memiliki kondisi medis tertentu seperti diabetes atau darah tinggi, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terkait menu sahur sehat yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Meski Anda telah memilih menu sahur yang tepat dan bergizi, risiko penyakit bisa datang kapan saja. Oleh karena itu penting juga untuk memiliki asuransi kesehatan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda bisa terhindar dari risiko keuangan yang mungkin terjadi akibat risiko penyakit di kemudian hari. Salah satu asuransi yang bisa Anda pilih adalah asuransi kesehatan syariah dari AXA Mandiri.

Dengan mendaftarkan diri Anda dan keluarga ke dalam asuransi kesehatan syariah dari AXA Mandiri, Anda akan mendapatkan perlindungan dari berbagai risiko keuangan akibat risiko penyakit di kemudian hari. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan manfaat tunai yang dapat digunakan untuk menutup biaya pengobatan akibat berbagai penyakit yang di-cover di dalam polis asuransi. 

Untuk mendaftarkan diri Anda dan keluarga ke dalam asuransi kesehatan syariah dari AXA Mandiri, silakan langsung kunjungi website AXA Mandiri atau hubungi Financial Advisor AXA Mandiri dengan mengunjungi Bank Syariah Indonesia terdekat atau menghubungi contact center AXA Mandiri di 1500803.

 

Sumber:

  • https://www.halodoc.com/artikel/ini-5-makanan-sahur-yang-bikin-kenyang-selama-berpuasa
  • https://www.halodoc.com/artikel/6-menu-sehat-dan-praktis-untuk-makan-sahur
  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/menu-sahur-sehat
  • https://www.alodokter.com/5-menu-sahur-sehat-agar-tidak-lemas